Comscore Tracker

7 Ibadah di Bulan Ramadan, Tetap Bisa Dilakukan Ketika Haid

#RamadanDiRumah Tetap bisa dapat pahala selama masa haid

Semua umat muslim di dunia tengah berlomba untuk mendapatkan pahala pada bulan suci Ramadan ini. Sayangnya, ini menjadi hal yang dikhawatirkan oleh para cewek. Dalam sebulan, setidaknya ada seminggu di mana mereka tidak diperbolehkan berpuasa karena haid.

Meskipun kamu mengalami haid selama bulan puasa, masih ada ibadah lain yang bisa kamu lakukan supaya tetap mendapat berkah dan pahala.

1. Berdoa dan berzikir

7 Ibadah di Bulan Ramadan, Tetap Bisa Dilakukan Ketika HaidPixabay/Endho

Menstruasi bukan berarti berhenti untuk beribadah kepada Allah SWT. Berzikir dan bertasbih sangatlah diperbolehkan untuk dilakukan cewek yang sedang menstruasi.

Berzikir bermanfaat untuk menghilangkan kegelisahan, melapangkan hati, mengurangi rasa sakit di badan serta hati, dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu juga masih diizinkan untuk berdoa sebelum memulai kegiatan, seperti doa tidur, doa keselamatan, hingga doa makan.

2. Tersenyum

7 Ibadah di Bulan Ramadan, Tetap Bisa Dilakukan Ketika Haidunsplash/@aikomo1_

Senyum adalah ibadah yang paling mudah. Ketika tersenyum pada orang lain, mereka akan merasakan kehangatan dan ikut senang. Senyum itu menular, lho! Kamu tidak pernah tahu permasalahan berat apa yang telah dipikul oleh orang yang kamu berikan senyuman.

Senyumanmu bisa saja membangkitkan semangat orang lain. Tersenyumlah daripada memasang wajah marah, yang hanya akan membuat orang lain tersinggung dan tidak nyaman! 

3. Berbagi ilmu yang bermanfaat kepada orang lain

7 Ibadah di Bulan Ramadan, Tetap Bisa Dilakukan Ketika Haidpexels/@julia-m-cameron

Ibadah lainnya yang bisa kamu lakukan adalah berbagi ilmu. Jika pintar memasak, kamu bisa membuat video tutorial untuk masakan berbuka dan sahur. Kamu juga bisa membantu adikmu untuk mengerjakan tugas dari sekolah.

Berbagi ilmu, termasuk mengajar, merupakan salah satu amal jariah. Ini adalah amal yang akan terus mengalir kepadamu, selama ilmu yang diajarkan bermanfaat. Mengajarnya sekali, pahalanya berkali-kali. Jangan pelit berbagi ilmu, ya!

4. Memperdalam ilmu dan pemahaman agamamu

7 Ibadah di Bulan Ramadan, Tetap Bisa Dilakukan Ketika Haidpexels/@thelazyartist

Manfaatkanlah waktu selama menstruasi untuk memperdalam ilmu agama! Kamu bisa membaca kisah para nabi, mengecek kembali pemahamanmu, atau berdiskusi secara virtual dengan ahli agama.

Ketika kamu menuntut ilmu yang baik untuk meningkatkan kualitas diri, maka di situlah pahalamu mengalir. Ketika kamu memiliki pemahaman yang mendalam dan luas akan agama, kamu bisa membaginya pada orang lain. Tak perlu lama, asal rutin dilakukan. 

Baca Juga: 5 Hukum Puasa Ramadan Bagi Ibu Hamil, Bisa Qadha atau Fidyah!

5. Membantu menyiapkan hidangan berbuka puasa

7 Ibadah di Bulan Ramadan, Tetap Bisa Dilakukan Ketika Haidunsplash.com/@jsnbrsc

Kamu yang tak berpuasa, lebih leluasa untuk mencicipi rasa makanan yang dimasak. Maka dari itu, bantulah ibu, suami, atau anggota keluarga lainnya untuk menyiapkan hidangan berbuka!

Ini akan meringankan pekerjaan mereka, terlebih jika mereka berpuasa. Ini termasuk ibadah dan kamu akan mendapatkan pahala, apalagi jika kamu melakukannya dengan penuh keikhlasan. 

6. Donasi atau bersedekah

7 Ibadah di Bulan Ramadan, Tetap Bisa Dilakukan Ketika Haidunsplash/@katyukawa

Sedekah adalah cara untuk menyucikan harta yang kamu dapatkan. Selain itu, sebagian dari harta yang kamu miliki merupakan hak anak yatim piatu atau mereka yang membutuhkan.

Bersedekah itu tidak akan membuat hartamu berkurang! Jangan menggunakan hitungan matematika dunia untuk hal ini!

Tak harus menunggu kaya untuk bersedekah! Kamu boleh bersedekah sesuai kemampuan karena sekecil apa pun, akan tetap bermanfaat asalkan kamu ikhlas. Jika kamu ikhlas bersedekah, maka Allah SWT akan menggantinya berlipat ganda.

7. Mendengarkan kajian atau lantunan ayat-ayat Al-Qur'an

7 Ibadah di Bulan Ramadan, Tetap Bisa Dilakukan Ketika HaidIDN Times/Rizka Yulita

Gunakanlah ponselmu untuk mencari video mengenai kajian agama. Ada banyak sekali video kultum atau ceramah di YouTube. Topiknya pun sangat beragam, sehingga kamu bisa memilih mendengarkan yang mana saja.

Selama menstruasi, kamu juga tidak diperbolehkan untuk mengaji. Sebagai gantinya, kamu boleh mendengarkan orang lain melantunkan ayat-ayat dalam Al-Qur'an. Kamu bisa mendengarkan kakakmu ketika mengaji atau mendengarkannya dari YouTube.

Jadi jangan kecewa ketika sedang haid di bulan puasa. Masih banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan berkah dan pahala selama bulan ramadan ini. 

Baca Juga: Ini Niat, Doa dan Tata Cara Mandi Wajib Selesai Haid

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya