3 Cara Bersikap jika Kemampuanmu Diragukan, Beri Aksi dan Bukti!

Tetap tenang dan tunjukkan bahwa anggapan mereka keliru

Pernahkah kamu mengalami suatu momen di mana banyak orang meragukan kemampuanmu? Kamu dipandang sebelah mata hanya karena masih muda, baru saja menyelesaikan studi, atau dianggap kurang berpengalaman. Padahal, kamu telah berusaha sebaik mungkin untuk meraih mimpi, bahkan berjuang lebih keras dari orang lain.

Masa ini sangat sulit dan terasa begitu berat untuk dilewati. Ada kalanya ingin tutup telinga, tetapi tentu ada masa semua omongan yang datang akhirnya masuk ke jiwa. Meski ingin marah, tetapi sebaiknya kamu mencoba untuk tetap tenang dan sikapi keadaan tersebut dengan tips berikut ini.

1. Pertahankan emosi agar tetap stabil

3 Cara Bersikap jika Kemampuanmu Diragukan, Beri Aksi dan Bukti!ilustrasi seorang perempuan yang sedang tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tidak ada orang yang suka dirinya dianggap remeh. Jika sampai direndahkan, tentu perasaan akan menjadi sangat tidak nyaman. Rasanya ingin marah, hingga timbul keinginan untuk balik menyerang orang tersebut agar dia tidak lagi melakukan perbuatan buruk. Namun tindakan yang demikian justru bisa membuat citra dirimu semakin negatif dan orang-orang yang tidak suka denganmu akan bergembira karena percaya bahwa anggapannya benar.

Oleh sebab itu, bilaa kamu mengalami kejadian yang tidak menyenangkan ini, tarik napas panjang. Atur emosimu sedemikian rupa agar tidak bergejolak. Kemampuan pengendalian diri yang baik ini menunjukkan bahwa kamu adalah sosok yang berkelas, bukan pribadi yang bisa diremehkan begitu saja.

Baca Juga: 13 Aktor Mirip Tokoh Sejarah Dunia yang Mereka Perankan di Film

2. Jangan lelah untuk belajar dan mengusahakan yang terbaik

3 Cara Bersikap jika Kemampuanmu Diragukan, Beri Aksi dan Bukti!ilustrasi seseorang yang sedang fokus bekerja (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Ketika kemampuanmu diragukan oleh orang lain, ada baiknya kamu menyikapinya dengan introspeksi diri. Tidak menutup kemungkinan, anggapan mereka ada benarnya. Bisa jadi selama ini kamu terlalu sombong hingga tidak mampu melihat kekurangan diri sendiri.

Mulai sekarang, renungkan segala sesuatu tentang dirimu. Terus asah apa yang menjadi keunggulanmu agar semakin bersinar, serta perbaiki kelemahan diri agar bisa menjadi lebih baik. Jangan pernah lelah untuk belajar dan mengusahakan segala hal yang terbaik. Suatu saat nanti, kamu akan menuai hasil yang membanggakan dari jerih payah selama ini. Di masa itulah kamu bisa menjawab bahwa keraguan yang ditujukan kepadamu sama sekali tidak terbukti.

3. Hindari bersikap sombong meski kamu telah sukses

3 Cara Bersikap jika Kemampuanmu Diragukan, Beri Aksi dan Bukti!ilustrasi menyapa seseorang (pexels.com/Amina Filkins)

Mendapat perlakuan yang kurang baik dari orang lain bisa membuatmu merasa sedih dan kecewa. Namun, emosi negatif tersebut terkadang bisa dikonversikan menjadi suatu energi positif untuk memulai babak baru yang lebih baik. Berawal dari keraguan orang lain terhadap kemampuanmu, kamu jadi bersemangat untuk terus berkarya.

Setiap usaha yang dilakukan dengan sepenuh hati dan diiringi doa yang tidak pernah terputus akan menghasilkan sesuatu yang sangat bernilai. Hal ini dapat membawamu menuju kesuksesan yang bahkan melebihi dugaan. Keadaan ini tentu akan membuat hatimu bahagia karena telah mampu menjawab berbagai tantangan.

Namun demikian, jangan sampai kesuksesan yang ada dalam genggaman itu menjadikanmu sosok yang sombong. Tetaplah menjadi pribadi yang rendah hati meski berilmu tinggi. Dengan begini, kamu akan lebih terhormat dan orang lain jadi ragu untuk merendahkanmu.

Tidak mudah untuk menerima keadaan bahwa orang lain meragukan kemampuanmu pada saat kamu yakin bahwa dirimu tidak seburuk itu. Namun, kamu tidak perlu terlalu mengambil hati atas kejadian tersebut. Sebaliknya, jadikan momen ini sebagai pelecut semangat agar kamu mampu untuk menjadi sosok yang semakin berkualits. Lambat laun, orang-orang itu akan diam dengan sendirinya karena tidak ada lagi yang bisa mereka katakan untuk menjatuhkanmu.

Baca Juga: Kaloci, Makanan Khas Pontianak yang Kerap Dijadikan Oleh-oleh

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Community Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Sometimes a Vet, sometimes a writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya