Comscore Tracker

Manfaat Rajin Berzikir, Terutama saat Ramadan

#RamadanDiRumah Hati tenang dan bahagia

Zikir dengan mengucapkan kalimat tasbih sembari mengingat kebesaran Allah SWT merupakan amalan yang dianjurkan nabi. Zikir bisa dilakukan dalam kondisi apa pun dan kapan pun. Baik dalam posisi berdiri, duduk, tidur, hingga saat beraktivitas.

Kamu bisa mengucapkannya di dalam hati atau lisan. Adapun keutamaan berzikir yakni mengucapkan kalimat tasbih, tahlil, tahmid, dan takbir sebanyak-banyaknya.

Dalam surat Al-Ahzhab Ayat 41-42, Allah berfirman: "Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah dengan menyebut nama Allah SWT sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang."

Lalu, keistimewaan apa saja sih yang Allah janjikan untuk orang-orang berzikir? Simak ulasannya di bawah ini ya!

1. Selalu merasa bahagia, sekali pun dalam kematian

Manfaat Rajin Berzikir, Terutama saat RamadanTHINKSTOCK

Ketika meninggal, kita akan berpisah dengan segala yang berkaitan dengan dunia, suami, istri, anak, pekerjaan, kekuasaan, dan lainnya. Satu-satunya yang terus melekat pada kita yakni amalan ibadah.

Zikir adalah amalan yang tak pernah putus. Surat Al-Imran Ayat 169-170 menerangkan: "Sesungguhnya dia tidak benar-benar mati, yang juga melenyapkan amalan zikirnya. Ia hanya lenyap dari dunia dan alam syahadah, bukan dari alam malakut."

Baca Juga: 5 Jenis Riba yang Mesti Dihindari Menurut Islam

2. Orang yang rajin berzikir akan diingat oleh Allah SWT

Manfaat Rajin Berzikir, Terutama saat RamadanPexels/rawpixels.com

Allah SWT akan selalu mengingat hamba-hambanya yang mau beribadah kepadanya. Dalam hadis Qudsi dijelaskan: "Aku akan bersama hamba-Ku selama bibir dan hatinya hanya mengingat dan memuji-Ku selalu."

Bisakah kamu membayangkan, betapa bahagianya kita saat diingat oleh seseorang yang memiliki tahta, apalagi Allah SWT. Tidak akan ada penyesalan bagi kamu yang terus mengucapkan kalimat tasbih tanpa merasa kelelahan.

3. Selalu dilimpahkan kebaikan

Manfaat Rajin Berzikir, Terutama saat Ramadanpixabay.com/8499117

Selain itu, jika kamu rajin berzikir hidupmu akan selalu dilimpahkan kebaikan, baik saat di dunia maupun di akhirat.

Dalam riwayat HR. Bukhari, Rasulullah pernah berpesan, "Akan ada suatu kaum yang berzikir kepada Allah SWT, kemudian dikelilingi oleh malaikat. Kehidupannya akan senantiasa diselimuti keberkahan dan rahmat. Bahkan seluruh penghuni langit akan berseru dengan kedatangan orang yang rajin zikir."

Kebayang, kan gimana indahnya kehidupan kita di akhirat kelak kalau rajin berzikir dan terus memuji kebesaran Allah SWT?

Di bulan Ramadan yang penuh berkah ini marilah kita lantunkan selalu zikir memuji nama Allah dan memperbanyak ibadah wajib maupun sunah. Semoga makin berkah hidup kita.

Baca Juga: 7 Ibadah di Bulan Ramadan, Tetap Bisa Dilakukan Ketika Haid

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya