Comscore Tracker

Wajib Dipahami, Ini 6 Perbedaan Salat Idulfitri dan Salat Jumat

#RamadanDiRumah Ingat, salat Jumat hukumnya wajib bagi pria!

Islam mengenal salat lima waktu, namun di antara lima ibadah itu ada juga salat Idulfitri dan salat Jumat serta salat-salat lainnya. Baik itu salat Jumat dan Idulfitri sama-sama bertujuan mendekatkan diri kepada Tuhan, walaupun ada beberapa perbedaannya.

Nah, kalian sudah tahu belum mengenai perbedaan kedua salat tersebut? Kira-kira apa ya? IDN Times mengumpulkan sejumlah informasi soal perbedaan Salat Idulfitri dan Salat Jumat. Yuk, disimak poin-poinnya di bawah ini!

1. Salat Jumat dilaksanakan sehari sekali, sementara Salat Idulfitri setahun sekali

Wajib Dipahami, Ini 6 Perbedaan Salat Idulfitri dan Salat Jumatwikipedia.org

Dengan demikian, Salat Jumat dilakukan setiap seminggu sekali. Tepatnya pada Jumat untuk menggantikan Salat Zuhur. Sementara Salat Idulfitri dilakukan setiap hari raya Idulfitri. Persisnya, setelah matahari terbit atau sekitar pukul 06.00.

2. Salat Jumat adalah ibadah berjemaah yang hukumnya fardu ain atau wajib bagi pria, sedangkan salat Idulfitri sunah muakkad

Wajib Dipahami, Ini 6 Perbedaan Salat Idulfitri dan Salat Jumatthecommentator.com

Salat Jumat dilaksanakan secara berjemaah dan wajib bagi laki-laki Muslim. Ini karena sifatnya menggantikan Salat Zuhur, yang termasuk salah satu salat lima waktu.

Lain halnya dengan Salat Idulfitri. Meskipun sama-sama dilakukan berjemaah, hukumnya sudah sunah muakkad. Artinya, salat ini tidak wajib namun sangat penting dan dianjurkan agar tidak ditinggalkan.

3. Salat Jumat diwajibkan bagi pria, sementara Salat Idulfitri dianjurkan untuk untuk pria maupun wanita

Wajib Dipahami, Ini 6 Perbedaan Salat Idulfitri dan Salat Jumatstatxilus.weebly.com

Yang diwajibkan untuk Salat Jumat adalah seorang laki-laki muslim yang sudah balig dan berakal. Di samping itu, mereka adalah orang yang merdeka, bukan musafir, dan tidak ada halangan apa pun.

Yang tidak diwajibkan untuk Salat Jumat adalah golongan budak (hamba sahaya), musafir, perempuan, orang yang sakit, orang yang tidurnya pulas, serta orang dengan kelainan mental/gila. Meski perempuan tidak diwajibkan Salat Jumat, mereka bisa melakukan kewajiban Salat Zuhur seperti biasanya.

Sementara Salat Idulfitri bisa menyertakan laki-laki dan perempuan serta orang dengan segala usia. Bedanya, mereka yang berhalangan menunaikan salatnya, dapat menyaksikannya jalannya salat saja. Hadis riwayat Ibnu Majah dan Al Baihaqi Nabi bersabda, "Bahwasannya Rasulullah Salallahu Alaihi wa Sallam menyuruh istri-istri dan anak-anaknya keluar pada dua hari raya."

Sementara hadis yang diriwayatkan Al Jama'ah, menyebut Nabi tak hanya menyuruh anak dan istrinya ke tanah lapang, melainkan juga mereka yang haid, lanjut usia, remaja, dan anak-anak. Kaum wanita yang suci ikut menunaikan salat, sedangkan yang haid ikut menyaksikan salat, mendengarkan takbir, dan khotbah.

Baca Juga: Muntah saat Puasa, Dianggap Batal atau Tidak? Begini Penjelasannya

4. Niat Salat Jumat dengan Salat Idulfitri juga berbeda

Wajib Dipahami, Ini 6 Perbedaan Salat Idulfitri dan Salat Jumatcellcode.us

Dikutip dari berbagai sumber, niat Salat Jumat adalah sebagai berikut:

اُصَلِّيْ فَرْضَ الجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً مَاْمُوْمًا لِلَّهِ تَعَالَى

Ushollii fardlol jum'ati rak'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an ma-muuman lillaahi ta'aala.

Artinya adalah, "Aku niat melakukan Salat Jumat 2 rakaat sambil menghadap kiblat, saat ini, menjadi mamum, karena Allah ta'ala." Bacaan niat ini dikhususkan untuk mereka yang menjadi makmum. Sementara mereka untuk yang menjadi imam berbeda lagi, yaitu:

اُصَلِّيْ فَرْضَ الجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً اِمَامًا لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli fardlol jum'ati rak'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an imaaman lillaahi ta'aala.

Artinya adalah, "Aku niat melakukan Salat Jumat 2 rakaat sambil menghadap kiblat, saat ini, menjadi imam, karena Allah ta'ala."

 

Itu tadi niat untuk Salat Jumat. Sementara niat Salat Idulfitri bagi makmum adalah

اُصَلِّى سُنَّةً عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مَأْمُوْمًا للهِ تَعَالَى

Usholli sunnatan ‘iidil fithri rak’ataini ma’muuman lillaahi ta’aalaa

Artinya, "Saya niat Salat Sunah Idulfitri dua rakaat sebagai makmum karena Allah ta’ala." Lalu niat untuk imam adalah

اُصَلِّى سُنَّةً عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ إِمَامًا للهِ تَعَالَى

Usholli sunnatan ‘iidil fithri rok’ataini imaaman lillaahi ta’aalaa

Yang artinya, "Saya niat Salat Sunah Idulfitri dua rakaat sebagai imam karena Allah ta’ala."

5. Baik Salat Jumat dan Salat Idulfitri, ada sunah yang dilakukan sebelum menunaikan ibadahnya

Wajib Dipahami, Ini 6 Perbedaan Salat Idulfitri dan Salat Jumatcellcode.us

Sebelum Salat Jumat, laki-laki disunahkan untuk mandi, memotong kuku, mencukur kumis, memakai pakaian yang rapi dan bersih (diutamakan warna putih), memakai wewangian, memasuki masjid dengan melangkahkan kaki kanan terlebih dahulu dan membaca doa masuk masjid.

Dari berbagai sumber menyebutkan juga, dianjurkan salat sunah tahiyatul masjid, itiqaf sambil membaca Al-Quran, zikir, serta selawat. Ketika khatib naik ke mimbar, alangkah baiknya jemaah menghentikan zikir dan bacaan lain, lalu mendengarkan khotbah jumat.

Sementara rukun dan sunah Salat Idulfitri hampir sama saja seperti salat lainnya. Misalnya mandi sebelum berangkat salat, memakai pakaian terbaik, memakai wewangian, mengajak seluruh keluarga dan anak-anak, bertakbir menuju tempat salat, jalan kaki, serta melewati jalan yang berbeda saat pergi dan pulang.

6. Yang pasti, jangan lupakan tata cara salatnya. Ini bedanya tata cara Salat Jumat dan Salat Idulfitri!

Wajib Dipahami, Ini 6 Perbedaan Salat Idulfitri dan Salat Jumatplacepic.ru

Tata cara Salat Jumat yang pertama, tentunya dimulai dengan niat. Kemudian diikuti dengan takbiratul ihram serta doa iftitah. Lanjutkan dengan bacaan surat Al Fatihah dan juga surat dari Alquran, disunahkan Al A’la. Lakukan ruku' dengan tuma'ninah, disambung i’tidal dengan tuma’ninah, sujud, duduk di antara dua sujud, dan sujud kedua.

Lepas dari sujud kedua, berdirilah untuk menunaikan rakaat kedua. Setelah bacaan surat Al Fatihah, baca juga surat dari Alquran, disunahkan Al Ghatsiyah. Kembali lagi ruku', i'tidal, sujud, duduk di antara dua sujud, sujud kedua, tahiyat akhir, dan salam.

Sementara tata cara Salat Idulfitri tidak jauh berbeda dengan salat lainnya. Yang membedakan adalah niat dan takbir zawa-id. Jika diurutkan, pertama-tama lakukan niat dan takbiratul ihram. Lakukan takbir zawa-id sebanyak tujuh kali. Di antara tiap takbirnya, dianjurkan dzikir. Bacaannya antara lain:

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ

Subhanalloh wal hamdulillah wa laa ilaha illalloh wallohu akbar.

Artinya, "Maha suci Allah, segala pujian bagi-Nya, tidak ada ilah kecuali Allah, Allah Maha Besar." Usai dari sini, bacalah surat Al Fatihah dilanjutkan dengan surat lainnya. Ruku', i'tidal, sujud, duduk di antara dua sujud, dan sujud kedua. Bangkitlah dari sujud dan lakukan takbir. Takbir zawa-id lagi sebanyak lima kali. Di antara takbirnya, alangkah baiknya kembali membaca bacaan seperti pada rakaat sebelumnya.

Baca surat Al Fatihah dilanjutkan dengan surat lainnya, ruku' i'tidal, sujud, duduk di antara dua sujud, sujud kedua, dan duduk tasyahud dengan tuma’ninah. Terakhir, jangan lupa ucapkan salam.

Itulah perbedaan Salat Idulfitri dan Salat Jumat. Gimana? Sudah lebih tercerahkan belum? Kalau kamu tahu lebih banyak lagi perbedaannya, yuk bagikan di kolom komentar agar pembaca yang lain turut memahami!

Wajib Dipahami, Ini 6 Perbedaan Salat Idulfitri dan Salat JumatIDN Times/Arief Rahmat
Wajib Dipahami, Ini 6 Perbedaan Salat Idulfitri dan Salat JumatIDN Times/Arief Rahmat

Topic:

  • Yuda Almerio Pratama Lebang

Berita Terkini Lainnya