Comscore Tracker

8 Cara Merencanakan Pernikahan tanpa Perlu Cuti Kerja

Kerjaan tetap fokus, rencana pernikahan juga lancar

Kebanyakan pasangan yang akan menikah telah merencanakan momen istimewa ini jauh-jauh hari. Bisa enam bulan atau setahun sebelum hari H. Persiapan harus matang agar pernikahan yang digelar berlangsung sakral dan indah. Namun bagaimana merencanakan pernikahan sambil bekerja? Berikut cara merencanakan pernikahan tanpa perlu cuti kerja. 

1. Gunakan perjalananmu menuju kantor untuk browsing informasi seputar kebutuhan pernikahan. Utamakan ini sebelum survei langsung

8 Cara Merencanakan Pernikahan tanpa Perlu Cuti KerjaPexels/Artem

Kamu berangkat ke kantor dengan kendaraan umum atau tidak menyetir sendiri? Kalau begitu, inilah keuntunganmu! Di saat kamu menunggu kendaraan umum atau duduk di mobil/membonceng motor, kamu bisa membuka-buka internet, buku, atau majalah.

Gunakan waktu menganggur ini untuk cari info seputar gaun pengantin, venue, katering, dan kebutuhan pernikahan lainnya. Daripada hanya menganggur, lebih baik digunakan untuk hal yang positif bukan? Hal ini pun berlaku ketika kamu sedang perjalanan pulang.

2. Di tengah-tengah jam makan siang, kamu sempatkan browsing internet dan melanjutkan surveimu yang terhenti tadi pagi

8 Cara Merencanakan Pernikahan tanpa Perlu Cuti KerjaPexels/Moose Photos

Kami tahu, proses survei segala kebutuhan pernikahan itu membutuhkan waktu yang lama. Karena itu, waktumu tidak akan cukup bila hanya mengandalkan momen berangkat atau pulang kerja.

Solusinya, gunakan waktu di sela-sela jam istirahat makan siang juga ya! 5-10 menit adalah momen berharga untuk sekedar menemukan satu pilihan vendor katering, souvenir, dan lainnya. Jadi, jangan remehkan!

3. Tuliskan rencana survei langsung ke vendor dalam catatan yang sama untuk agenda kerja agar jadwal yang bertabrakan terdeteksi

8 Cara Merencanakan Pernikahan tanpa Perlu Cuti KerjaPexels/hitesh choudhary

Meskipun sudah survei secara online dan melakukan seleksi, tak jarang kamu perlu mendatangi beberapa vendor untuk satu kategori yang sama. Entah itu untuk update dan negoisasi harga, melihat kecocokan karaktermu dengan vendor, dan sebagainya.

Agar jadwalmu berjalan rapi, lancar, dan sesuai rencana, kamu perlu memastikan tidak ada agenda yang bertabrakan. Karena itu, tuliskan rencana pertemuan dengan vendor di buku yang sama dengan jadwal kerja atau kantor. Kalau ada agenda tak terduga, kamu bisa segera reschedule lebih awal.

4. Tapi kalau tiba-tiba ada pencerahan yang terlintas di otak, segera tuliskan di mana saja sebelum ide itu menguap

8 Cara Merencanakan Pernikahan tanpa Perlu Cuti KerjaPexels/bruce mars

Inspirasi bisa datang kapan saja dan di mana saja, tanpa diduga. Tidak ada angin dan hujan pun, ide tiba-tiba mengalir. Namun, pastikan ia tidak menguap begitu saja dengan segera mencatatnya. Jika tidak tersedia buku catatan, kamu masih bisa mencatat di ponsel. Niscaya, distraksi dan aktivitas yang padat tidak akan membuatnya terlupakan.

Baca Juga: Bukan Mertua, Ini Dia 5 Orang yang Akan Mengujimu di Awal Pernikahan

5. Ketika ada waktu luang, gunakan momen tersebut untuk mengunjungi vendor. Hal ini bisa dilakukan pada akhir pekan

8 Cara Merencanakan Pernikahan tanpa Perlu Cuti KerjaPexels/CoWomen

Alangkah baiknya, kunjungan ke vendor dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu. Dengan begitu, pikiranmu bebas dari beban pekerjaan. Terlebih, kamu berencana mengunjunginya dengan pasangan yang sama-sama libur juga kan? 

Kunjungan ke vendor pada akhir pekan, bisa membuatmu lebih santai dan leluasa. Leluasa karena kamu bebas menggunakan waktu sehari penuh, hanya untuk datang ke satu vendor dan vendor lainnya. Kamu pun bebas bertanya dan berkonsultasi tanpa batasan waktu. Menyenangkan, ya?

6. Maksimalkan kunjungan ke wedding exhibition karena ini bisa menjawab semua kebutuhan pernikahan dalam satu tempat dan waktu

8 Cara Merencanakan Pernikahan tanpa Perlu Cuti KerjaPexels/mentatdgt

Ada banyak vendor yang ingin dikunjungi, tapi jaraknya saling berjauhan? Sayang dengan uang transportasinya? Hal ini bisa diatasi dengan menghadiri pagelaran wedding exhibition yang digelar di kotamu. Biasanya, acara semacam ini diadakan di akhir pekan. Jadi, tidak perlu ragu mengunjunginya.

Di saat yang sama, vendor kerap menawarkan diskon atau promo khusus sebagai daya tarik. Kesempatan langka ini, jangan sampai dilewatkan ya!

7. Hal-hal yang kamu lakukan tanpa vendor, misalnya membungkus undangan atau aksesoris, kerjakanlah pada malam hari usai kerja

8 Cara Merencanakan Pernikahan tanpa Perlu Cuti KerjaPexels/Kristina Paukshtite

Katakanlah kamu sudah punya tanggal pernikahannya. Maka, undangan sudah pasti dibuat. Kebanyakan, undangan dari percetakan tidak dibarengi dengan penempelan alamat dan kemasan plastik pelindung. Kamu pun harus mengerjakannya sendiri, berikut dengan bala bantuan dari pasangan atau teman-teman.

Untuk hal seperti ini, maksimalkanlah di malam hari. Tepatnya, setelah kamu pulang bekerja. Walaupun lelah, hal ini akan hilang dengan kehadiran kawan-kawan akrab. Hal ini juga bisa diterapkan untuk pembungkusan souvenir yang kamu konsep secara mandiri.

8. Agar tidak memikirkan pernikahan saat bekerja, sampaikan pada vendor jika kamu hanya bisa dihubungi pada jam-jam tertentu

8 Cara Merencanakan Pernikahan tanpa Perlu Cuti KerjaPexels/Dương Nhân

Ketika kamu sudah cocok dengan beberapa vendor, pasti kalian akan melalui hari dengan banyak diskusi dan pertemuan. Tak jarang, mereka akan menghubungi jika ada suatu hal yang membutuhkan keputusanmu dan pasangan. 

Agar pekerjaanmu tidak terganggu, begitu sepakat bekerja sama dengan mereka, sampaikan jika kamu hanya bisa dihubungi setelah usainya jam kerja. Satu pesan dari vendor saja, bisa membuatmu berpikir soal pernikahan dan tak fokus lagi untuk bekerja. Apalagi kalau beberapa vendor sekaligus yang menghubungi?

Solusinya, sampaikan pada vendor-vendor itu jika kamu bisa dikontak di atas jam enam malam. Jika ingin menghubungi via pesan Whatsapp, itu bisa dilakukan. Namun, baru dibalas ketika urusan pekerjaan berakhir. Lama kelamaan, kamu akan disiplin mengatur waktumu sendiri.

Meskipun melelahkan, itulah sejumlah cara merencanakan pernikahan tanpa cuti kerja. Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: 6 Cara Mendapatkan Gaun Pernikahan yang Lebih Murah, Bisa Diakali!

Topic:

  • Mela Hapsari

Just For You