Comscore Tracker

Ini 3 Alasan Ilmiah Mengapa Kita Sering Percaya pada Ramalan Zodiak!

Sering penasaran dengan apa kata zodiakmu?

Siapa nih yang suka membaca ramalan bintang atau zodiak? Bisa jadi hanya karena penasaran, tapi ada pula yang benar-benar mempercayai ramalan nasib dan peruntungan melalui zodiak.

Sebenarnya apa sih yang bikin orang jadi mudah percaya dengan ramalan bintang? Ternyata hal ini bisa dijelaskan secara ilmiah.

1. Efek Barnum menjadi penyebab mengapa kita percaya ramalan bintang. Apa itu efek Barnum? 

Ini 3 Alasan Ilmiah Mengapa Kita Sering Percaya pada Ramalan Zodiak!plus.google.com

Selama beberapa dekade, para psikolog telah menyelidiki efek Barnum (atau kadang dikenal sebagai efek Forer). Fenomena ini terjadi ketika seseorang menerima umpan balik tentang diri mereka sendiri, yang diduga berasal dari prosedur penilaian kepribadian. Dengan kata lain, manusia menjadi 'korban' ilusi dari validasi pribadinya.

Lebih dari 60 tahun yang lalu, seorang psikolog bernama Stagner memberi tes pada sekelompok manajer. Bukannya memberikan jawaban yang sebenarnya tentang hasil kepribadiannya, Stagner malah memberi pancingan berupa jawaban palsu.

Di luar dugaan, separuh dari para manager ini merasa jawaban palsu tersebut adalah gambaran yang akurat. Hal ini kemudian dijelaskan secara rinci oleh seorang psikolog bernama Forer.

Baca Juga: Efek "Bergosip" Diteliti Para Ilmuwan. Ternyata Ada Manfaatnya Buat Kesehatan!

2. Manusia cuma mau menerima apa yang ingin mereka dengarkan.

Ini 3 Alasan Ilmiah Mengapa Kita Sering Percaya pada Ramalan Zodiak!coronetdiamonds.com

Forer menjelaskan, efek Barnum sebenarnya menunjukkan bahwa manusia mudah tertipu dan menipu dirinya sendiri. Manusia cenderung untuk menerima hal yang ingin mereka dengarkan sebagai hal yang positif dan menolak hal-hal negatif yang tak ingin mereka dengarkan.

Selain hal di atas, faktor siapa yang menyampaikan juga turut mempengaruhi kepercayaan seseorang terhadap ramalan bintang lho. Jika disampaikan oleh orang-orang atau pihak yang punya status atau ilmu astrologi lebih tinggi, kita tentu akan lebih mudah percaya ketimbang jika diramal oleh teman kita sendiri.

3. Pengaruh ramalan bintang: Dari ragu-ragu, akhirnya bisa jadi percaya karena sisi "membaca kepribadian".

Ini 3 Alasan Ilmiah Mengapa Kita Sering Percaya pada Ramalan Zodiak!giphy.com

Menurut penelitian yang dimuat di Psychology Today, orang-orang yang awalnya gak percaya terhadap ramalan bintang dan astrologi, akan punya kemungkinan menjadi tertarik jika mereka dipancing dari sisi 'membaca kepribadian' ketimbang 'diramal nasibnya', apalagi jika hasilnya positif.

Jadi. 3 hal itulah ternyata yang secara ilmiah menyebabkan sebagian besar dari kita percaya dengan ramalan bintang, terutama yang bagus-bagus, ya. Sementara jika buruk, bisa menjadi masukan atau bahan evaluasi diri. Tapi jangan sampai bikin mood-mu jadi jelek. Kamu sendiri, termasuk yang percaya atau gak percaya dengan ramalan zodiak?

 

Baca Juga: Secara Ilmiah, Merajut Bisa Bikin Kita Lebih Bahagia dan Pintar. Mau Coba?

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya