Comscore Tracker

Stop Kencan dengan Orang yang Melontarkan 5 Pernyataan Ini, Red Flag!

Jangan sampai kamu terjebak dalam hubungan yang toxic

Samarinda, IDN Times - Berkencan di zaman modern seperti ini bisa sangat mengerikan dan menyakitkan. Kamu mungkin pernah menyesal karena salah mengambil keputusan untuk pergi berkencan dengan seseorang yang sangat tidak layak untuk menjadi pasangan kamu.

Sering kali, insiden yang tak terhindarkan saat kamu berkencan dengan seseorang meninggalkan bekas luka. Tanpa sadar bekas luka tersebut membuat kamu merasa trauma sehingga ini hanya akan menyakiti dirimu sendiri.

Karenanya, sebelum melangkah ke fase selanjutnya, kamu perlu mengetahui lima alasan mengapa kamu harus menghindari pergi berkencan dengan orang yang melontarkan pernyataan red flag ini.

Biar enggak penasaran lagi, yuk simak selengkapnya di sini.

1. Belum move on

Stop Kencan dengan Orang yang Melontarkan 5 Pernyataan Ini, Red Flag!ilustrasi pacar yang sibuk sendiri (Pxels.com/Budgeron Bach)

Kamu harus menghindari seseorang yang baru saja mengalami putus cinta atau masih belum melupakan mantan. Kamu akan kesulitan berkomitmen dengan seseorang yang belum move on. Dia kemungkinan belum siap secara mental untuk berkomitmen dengan kamu, baik secara fisik maupun emosional. Ini karena dia masih belum pulih dari perpisahan terakhir yang dialaminya, yang membuat dia masih terbayang-bayang dalam hubungan asmara masa lalunya. Jika pasanganmu melontarkan pernyataan seperti:

“Aku lagi mencoba untuk move on.”

“Kamu mau enggak bantu aku ngelupain dia.”

Itu adalah jebakan, red flag! Kamu hanya akan dijadikan sebagai pelarian sementara oleh dia. Lebih baik kamu menyarankan diri untuk menyembuhkan diri terlebih dahulu dan fokus membangun energi untuk hari-hari baru dia agar tidak terbayang-bayang kenangan masa lalu bersama mantannya.

2. Tidak memiliki pendirian

Stop Kencan dengan Orang yang Melontarkan 5 Pernyataan Ini, Red Flag!ilustrasi pasangan yang cuek (Pexels.com/Ketut Subiyanto)

Sebelum kamu melangkah jauh dalam berkencan, sangat penting bagi kamu untuk mengetahui apa yang kamu dan pasanganmu inginkan. Jika kamu sudah memiliki sebuah plan, sedangkan pasanganmu tidak punya plan, kamu mungkin menghadapi situasi yang hanya akan mengorbankan dirimu sendiri. Jika pasanganmu melontarkan pernyataan seperti:

“Aku enggak tahu apa yang aku inginkan.”

“Aku enggak tahu apa yang harus aku lakukan dalam hubungan ini.”

“Baru juga pacaran, ngapain mikir ke depan.”

Oleh karena itu, hindari berkomitmen dengan orang yang tidak memiliki pendirian atau pli-plan dalam berhubungan. Kamu hanya akan terikat dengan orang yang tidak punya pemikiran ke depan. Suatu hubungan bukanlah sekadar basa-basi, dua orang secara emosional menginvestasikan diri ke dalamnya dan jika pasanganmu tidak memiliki plan dalam hubungan ke depannya, patah hati yang hanya akan kamu rasakan.

Kamu tidak menginginkan hal ini kan?

Baca Juga: Yuk Nongki di Goffe Samarinda, Rekomendasi Bubuhan Kota Tepian

3. Mengajak berhubungan seksual

Stop Kencan dengan Orang yang Melontarkan 5 Pernyataan Ini, Red Flag!ilustrasi netflix and chill (Pexels.com/Cottonbro)

Ketika kamu pergi berkencan dengan tipe orang yang mudah horny, kamu hanya akan menempatkan dirimu dalam posisi yang sangat rentan. Kamu perlu berkomitmen dengan dirimu sendiri untuk setuju atau tidak setuju untuk berhubungan seks pada kamu berkencan. Jangan sampai kamu melakukan hal ini hanya karena ingin diterima sebagai orang yang menarik saat berkencan. Jika kamu belum siap untuk berhubungan seks, maka jangan dilakukan. Jika kamu dipaksa oleh pasanganmu dengan pernyataan atau rayuan seperti:

“Seks itu wajar kok kan kita sudah dewasa.”

“Enggak perlu khawatir, aku bawa pengaman.”

Segera pulang dan akhiri hubungan dengan pasanganmu. Mengutip dari situs international student insurance, mengajak berhubungan seks tanpa consent sama halnya seperti melontarkan pelecehan. Jadi, sebaiknya kamu tetap berpegang teguh pada pendirianmu. Jangan sampai kamu termakan rayuan pasanganmu jika kamu belum siap untuk memanjakan diri secara seksual dengan pasanganmu.

4. Sering emosian atau temperamen

Stop Kencan dengan Orang yang Melontarkan 5 Pernyataan Ini, Red Flag!ilustrasi pasangan tempramen (Pexels.com/Timur Weber)

Kamu tidak bisa mengharapkan suatu hubungan berjalan lancar jika pasanganmu adalah orang yang tidak stabil secara emosional. Kamu hanya akan menjadi sasaran amarah pasanganmu yang mentalnya belum stabil. Jika pasanganmu sampai melontarkan pernyataan yang kasar atau bahkan menyakitimu secara verbal seperti:

“Kamu sialan!”

“Pacar enggak berguna!”

Saat pasanganmu emosi tanpa alasan yang jelas, lebih kamu cepat akhiri hubungan toxic ini daripada kamu hanya menjadi pelampiasan amarah pasanganmu. Kamu tidak akan mendapatkan hubungan yang indah di masa depan jika mental pasanganmu belum bisa dikendalikan oleh dirinya sendiri.

5. Tidak mau terikat

Stop Kencan dengan Orang yang Melontarkan 5 Pernyataan Ini, Red Flag!ilustrasi pasangan hts (Pexels.com/Rodnae Productions)

Jika pasanganmu tidak ingin memiliki keterikatan terhadap apa pun dalam hubungan, kehadirannya dalam hidupmu hanya akan memperburuk kisah hubungan asmaramu. Hubungan asmara yang dipertahankan bisa membuat kamu makan hati setiap hari. Dia hanya akan menjadi pasangan yang pasif untuk dirimu. Apalagi jika hubungan yang kamu jalani hanya sekadar hubungan tanpa status.

Hubungan tersebut bisa menjadi toxic bagi kamu karena hanya kamu lah yang memiliki ambisi untuk membangun hubungan dengan pasanganmu. Jika pasanganmu sampai melontarkan pernyataan seperti:

“Aku enggak mau merasa terikat dalam hubungan ini.”

“Kita kan hanya hubungan tanpa status aja.”

Kamu harus akhiri hubungan ini. Kamu hanya akan merasa bergantung pada dirinya, sedangkan pasanganmu hanya menganggapmu hanya sebatas angin lalu. Pada akhirnya kamu lah yang akan kehilangan martabat karena putus asa dan takut ditinggalkan karena tidak bisa mengklaim pasanganmu secara seutuhnya. Jadi, dari pada kamu terlanjur baper, lebih baik kamu akhiri hubungan tanpa status ini.

 

Jangan mengasihani diri sendiri ketika kamu belum bisa pergi berkencan dengan seseorang hingga saat ini. Lebih baik kamu memanfaatkan waktumu untuk menyehatkan pikiran dan jiwa daripada harus berkutat dengan hubungan asmara yang toxic. Jika sudah waktunya, kamu akan mendapatkan orang yang lebih baik dari pasanganmu yang sebelumnya.

Baca Juga: 11 Tempat Penyewaan PS yang Terlengkap di Samarinda

Alfian Nurhidayat Photo Community Writer Alfian Nurhidayat

an anthropologist in the milky way

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya