Comscore Tracker

Ketahui 7 Tanda Temanmu Berhati Tulus Vs Cuma Jadi Benalu

Jangan-jangan dia menempel padamu karena ada maunya

Manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan teman untuk berbagi rasa dan berinteraksi dalam kehidupan. Dengan teman kita bisa saling bertukar pikiran, berkeluh kesah dan berbagi kebahagiaan.

Namun, dalam setiap jalinan pertemanan terkadang susah membedakan mana teman baik dan mana yang sifatnya seperti benalu. Agar bisa membedakan mana temanmu yang benar-benar tulus dan bukan kamu perlu melihat tujuh hal ini.

1. Saat kamu susah, teman baik berusaha menolongmu keluar dari masalah. Sebaliknya, kawan yang 'benalu' akan kabur meninggalkanmu

Ketahui 7 Tanda Temanmu Berhati Tulus Vs Cuma Jadi BenaluPixabay.com/AdinaVoicu

Seorang teman baik akan ada untuk membantumu menyelesaikan masalah yang kamu hadapi. Jikalau pun mereka tak ada bersamamu dan mengetahui kamu sedang dalam masalah mereka sebisa mungkin memberikan saran agar dapat segera teratasi.

Beda halnya dengan yang hanya jadi parasit. Mereka mungkin saja meninggalkanmu jika tertimpa masalah. Para benalu seolah bersikap tak tahu apa-apa terhadap kondisi yang sedang dirimu hadapi.

2. Teman baik mau jadi pendengar yang baik untuk setiap keluh kesahmu. Tapi, jangan harapkan hal ini dari mereka yang parasit ya

Ketahui 7 Tanda Temanmu Berhati Tulus Vs Cuma Jadi Benalupixabay/Free-Photos

Teman baik adalah orang mampu menjadi pendengar yang baik bagimu. Mereka rela meluangkan waktu untuk mendengar keluh kesah yang terucap dari bibirmu. Teman baik mendengar tanpa memberikan penilaian baik atau buruk dirimu atas kejadian yang kamu utarakan. Mereka percaya bahwa yang dirimu butuhkan adalah sosok yang mau mendengarkan bukannya malah mencela dan menghakimi.

Baca Juga: 5 Keuntungan Menikahi Pasangan Cemburuan, Setianya Itu Lho!

3. Teman baik juga dapat diandalkan untuk menjaga rahasia. Kebalikan dengan teman racun yang tak ragu mengumbar rahasiamu kepada pihak lain

Ketahui 7 Tanda Temanmu Berhati Tulus Vs Cuma Jadi Benaluunsplash/rawpixel

Selain menjadi pendengar yang setia, sosok teman baik juga akan menjaga rahasia yang sudah dirimu ceritakan padanya. Mereka tak ingin mengumbar hal-hal yang menjadi privasi antara dirimu dan mereka. Hal ini justru berkebalikan dengan teman yang punya sifat layaknya benalu.

Mereka terlihat begitu meyakinkan mendengarkan dan berjanji akan menjaga rahasia dari apa yang dirimu sampaikan. Namun, cerita tentangmu tersebar kemana-mana dan membuatmu merasa malu dan kesal dibuatnya. Hayo ada yang pernah mengalami ini?

4. Sosok teman baik akan tulus membantumu tanpa pamrih. Sedangkan kawan yang seperti ‘benalu’ akan bersikap baik karena ada maksud tersembunyi

Ketahui 7 Tanda Temanmu Berhati Tulus Vs Cuma Jadi Benalupexels/daria-shevtsova

Seorang teman baik akan ada buatmu dalam situasi apa pun. Entah sedang bahagia atau bahkan kesusahan mereka setia ada untukmu. Mereka akan menolongmu tanpa mengharapkan imbalan apapun darimu. Ketulusan hati inilah yang membedakannya dengan teman yang ada karena menginginkan sesuatu darimu.

5. Jika berkonflik, teman baik bukanlah pendendam & mau menyelesaikan. Jauh beda dengan teman parasit yang suka menyimpan dendam bahkan membalasnya

Ketahui 7 Tanda Temanmu Berhati Tulus Vs Cuma Jadi Benalupexels/toa-heftiba-sinca

Seperti hubungan antar manusia lain, sebuah pertemanan juga mengalami situasi pasang surut. Ada saat dimana terjadi konflik yang melibatkan dirimu dan temanmu. Namun, kalian tidak sampai larut dalam emosi dan rasa dendam.

Malah, kalian berusaha mencari jalan keluar dari konflik yang sedang terjadi. Setelah selesai, kalian akan bersikap seperti biasa dan menjalani pertemanan dengan senang hati.

6. Teman baik selalu setia di sisimu dan melindungimu dari pengaruh negatif. Nah, kalau teman yang bersifat parasit yang datang jika ada maunya saja

Ketahui 7 Tanda Temanmu Berhati Tulus Vs Cuma Jadi Benalupexels/sharefaith

Sosok teman baik akan senantiasa senang berada disisimu. Bagi mereka, dirimu adalah sosok yang baik pula dalam kehidupan dan punya kontribusi berguna. Mereka akan selalu menjagamu dari pengaruh buruk dan siap membantumu keluar dari masa sulit.

7. Teman baik bersikap apa adanya di depanmu. Bertolak belakang dengan teman bermuka dua yang memakai topeng kebaikannya untuk memanfaatkanmu

Ketahui 7 Tanda Temanmu Berhati Tulus Vs Cuma Jadi Benalupexels/wildlittlethingsphoto

Teman baik bersikap apa adanya di depanmu. Tak ada yang dibuat-buat hanya demi mendapat atensi dari dirimu.

Sebaliknya, teman yang tak baik untukmu akan berusaha memasang topengnya agar kamu yakin pada mereka. Setelah mereka berhasil mengambil keuntungan darimu mereka akan meninggalkanmu saat situasi tak lagi menguntungkannya.

Jadi, cermatlah menyeleksi dan jangan terperdaya oleh topeng kebohongan ya.

Baca Juga: 5 Tanda Ini Jadi Sinyal Kamu Tipe Orang yang Dramatis lho!

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya