Comscore Tracker

6 Alasan Tetap Bahagia Meski Belum Bertemu Jodoh di Usia 20-an 

Tak perlu galau yang bisa membuatmu salah pilih pasangan

Usia 20-an merupakan masa paling krusial dalam perjalanan hidup seseorang. Pada usia ini orang menentukan prioritas pendidikan, karier, sampai urusan jodoh. Tiga hal ini seringkali menjadi hal yang menunggu giliran untuk dilaksanakan.

Ketika banyak teman sedang bergelut dengan segala pernak-pernik pertunangan dan pernikahan bahkan perjodohan, kamu sekarang malah sibuk dengan pencapaian diri yang lain. Hal ini wajar saja, setiap orang punya pertimbangan sendiri mengenai kapan waktu yang tepat untuk memulai berumah tangga.

Saat banyak teman telah menikah dan memiliki momongan, kamu mungkin mulai gundah karena belum juga berumah tangga. Tapi sebenarnya, kamu gak perlu galau dengan nasibmu apabila kamu punya beberapa tanda seperti ini.

1. Percaya bahwa jodoh akan datang saat kamu siap

6 Alasan Tetap Bahagia Meski Belum Bertemu Jodoh di Usia 20-an pexels/Tuấn

Sesuatu yang kerap kali orang lupakan adalah percaya, percaya bahwa sesuatu yang baik akan datang di waktu yang tepat. Kamu akan tahu dan lebih paham bahwa saat sudah benar-benar siap dan matang secara lahir dan batin, akan ada seseorang yang hadir tanpa kamu rencanakan sebelumnya.

2. Single itu pilihan, kalau sekarang kamu lebih concern buat masa depan yang lebih cerah itu lumrah

6 Alasan Tetap Bahagia Meski Belum Bertemu Jodoh di Usia 20-an Unsplash/Adolfo Félix

Menjadi single adalah pilihan. Kamu tahu ini karena banyak yang berusaha mendekati. Ini tandanya kamu bisa memilih prioritas apa yang ingin kamu capai, termasuk memperjuangkan masa depan yang lebih cerah. Daripada duduk berdiam diri untuk menunggu jodoh, kamu lebih memilih fokus menyelesaikan studi atau membangun karier untuk masa depanmu.

3. Jangan merasa kalah start, jodoh bukan kompetisi

6 Alasan Tetap Bahagia Meski Belum Bertemu Jodoh di Usia 20-an Unsplash/Esther Tuttle

Menemukan jodoh itu butuh waktu dan proses, kalau kebanyakan orang sudah lebih dulu daripada kamu itu gak menunjukkan bahwa kamu lebih buruk dari mereka atau kamu tidak laku. Menikah itu juga bukan sebuah kompetisi yang harus kamu menangkan hanya karena standar sosial kebanyakan orang tentang usia pernikahan.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Menggemaskan Cewek yang Bikin Pasangan Makin Cinta 

4. Perkaya dan tingkatkan kualitas diri dengan pengetahuan dan pengalaman

6 Alasan Tetap Bahagia Meski Belum Bertemu Jodoh di Usia 20-an pexels/Ekaterina Bolovtsova

Meningkatkan kualitas dirimu akan membuatmu lebih percaya diri dan gak merisaukan lagi urusan jodoh meski usiamu tengah menginjak kepala tiga. Kamu tahu bahwa masih banyak cita-cita dan mimpi yang ingin diraih, sehingga rentang waktu usia 20-an akan kamu isi dengan pembelajaran dan pengalaman. Masih banyak hal yang ingin kamu pelajari dan masih banyak tempat yang akan kamu kunjungi, dan itu adalah wajar. 

5. Kamu punya banyak waktu bersama orang-orang terdekat seperti keluarga dan sahabat

6 Alasan Tetap Bahagia Meski Belum Bertemu Jodoh di Usia 20-an Unsplash/Helena Lopes

Satu hal menguntungkan lain saat kamu sedang tidak menjalin hubungan di usia ini adalah kamu punya cukup banyak waktu untuk membagikan kebahagiaan bersama keluarga dan orang terdekat. Perasaan cinta bukan hanya dibagikan saat menjalin hubungan romantis dengan seseorang, tapi juga mereka yang sudah bersamamu sekarang.

6. Lebih bijak menunggu orang yang tepat daripada mempersilahkan seseorang yang belum kamu yakini akan tulus mencintaimu

6 Alasan Tetap Bahagia Meski Belum Bertemu Jodoh di Usia 20-an Unsplash/Kinga Cichewicz

Menemukan jodoh itu bukan seperti permainan layangan yang asal tarik ulur perasaan. Kamu cukup serius dalam hal ini dan gak mau main-main lagi. Penuh pertimbangan dalam urusan memilih jodoh mungkin lebih bijak daripada harus menjalin hubungan dengan seseorang yang kamu ragukan dari awal. 

Itulah sejumlah alasan kamu tak perlu galau masalah jodoh di usia 20-an. Yakinlah bahwa jodoh akan tiba pada waktu yang tepat. Namun, tetap pastikan kamu membuka diri dan memperluas pergaulan agar semakin banyak berjumpa dengan orang yang siapa tahu salah satunya adalah jodohmu.

Baca Juga: Sadari Sebelum Terlambat, Ini 5 Bentuk Selingkuh Nonfisik

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya