Comscore Tracker

Happy Couple, 6 Tips Membuat Batasan Sehat dengan Pasangan

#IDNTimesLife Harus tetap punya 'me time' demi mental sehat

Hubungan asmara membuat sepasang pria dan wanita mabuk kepayang. Apa saja rela dilakukan demi pasangan. Meski begitu, setiap pasangan tetap harus memiliki batasan agar hubungan berlangsung dengan sehat.

Membuat batasan dalam hubungan ternyata merupakan bagian yang penting. Kamu tentu perlu menetapkan batasan itu agar tetap bisa menyeimbangkan antara kebutuhan personal dan bersama.

Batasan bukan berarti menghalangi kelancaran hubunganmu, melainkan cara menikmati me time. Setiap orang memerlukan itu agar tetap bisa menjaga kesehatan mentalnya.

Yuk, simak saran dari Lianne Avila, Terapis Keluarga dan Pernikahan dari California, soal bagaimana membuat batasan yang sehat dalam hubungan asmara!

1. Menghargai satu sama lain dengan cara menghargai diri sendiri terlebih dahulu

Happy Couple, 6 Tips Membuat Batasan Sehat dengan Pasanganunsplash.com/david kokainis

Setiap hubungan tentu harus diawali dengan hal ini. Kamu harus menghargai dirimu sendiri, baru bisa menghargai pasanganmu. Ini akan membantu kalian membuat batasan yang akan membuatmu nyaman satu sama lain.

2. Seimbangkan kekuatan kalian dalam hubungan

Happy Couple, 6 Tips Membuat Batasan Sehat dengan Pasanganunsplash/@sadmax

Ketika satu orang bertanggung jawab untuk membuat keputusan, itu akan menyebabkan ketimpangan dalam hubunganmu. Ada baiknya kamu juga menyampaikan pendapatmu dan pasanganmu mau saling mendengarkan. Cara ini akan membangun kepercayaanmu.

3. Berhentilah mengatakan "ya" saat maksudmu ingin mengucapkan "tidak"

Happy Couple, 6 Tips Membuat Batasan Sehat dengan Pasanganfreepik.com/

Saat kamu berusaha mengatakan "ya" dan kamu tak benar-benar menginginkannya, kamu akan menjadikan dirimu lelah. Tidak selamanya kamu harus mengatakan "ya". Kamu bisa mengatakan "tidak" pada pasanganmu dan menjelaskan alasannya sehingga ia mengerti.

Baca Juga: Coba Hitung Kecocokan Wetonmu dan Pasangan, Penasaran?

4. Tetap luangkan waktu untuk diri sendiri

Happy Couple, 6 Tips Membuat Batasan Sehat dengan Pasanganunsplash.com/@anthonytran

Pastikan dirimu mempunyai waktu untuk sendiri setiap hari. Kamu bisa memulainya selama 10 menit sehari. Waktu me time itu bisa kamu gunakan untuk minum kopi hingga menulis jurnal harian. Pastikan tidak ada gangguan dari pasanganmu.

Sesekali, kamu bisa meluangkan satu hari khusus untuk berwisata sendiri. Hal sederhana seperti ini bisa membawa kesenangan tersendiri untuk kalian masing-masing.

5. Tetaplah meminta pertolongan pada pasangan tanpa melanggar me time masing-masing

Happy Couple, 6 Tips Membuat Batasan Sehat dengan Pasanganunsplash.com/beccatapert

Kamu bukanlah pahlawan super yang bisa melakukan semua sendirian. Kamu harus memastikan untuk bisa meminta bantuan pada pasanganmu dalam hal apa pun.

Misalnya, kamu membutuhkan bantuannya memasak, maka kamu tinggal memintanya. Tapi, kamu harus tetap menghargai waktu me time-nya, ya!

6. Jangan merasa bersalah jika sesekali memprioritaskan dirimu sendiri

Happy Couple, 6 Tips Membuat Batasan Sehat dengan Pasanganpexels.com/cottonbro

Saat membuat batasan, kamu bisa saja merasa bersalah karena menganggap diri sendiri egois serta lebih mengutamakan diri sendiri. Kamu diajarkan untuk mendahulukan orang lain, tetapi dampaknya akan berpengaruh pada kesehatan mentalmu.

Menjaga kesehatan dirimu sama pentingnya dengan menghargai pasanganmu. Jadi, jangan merasa bersalah karena memprioritaskan dirimu sesekali! Kamu pun bisa menciptakan pasangan yang sukses dan yang kamu inginkan dengan cara ini, kok!

Itu dia tips membuat batasan yang sehat dengan pasanganmu. Walaupun kalian telah hidup berpasangan dan melebur menjadi satu, pastikan ada batasan yang membuatmu tetap menjadi dirimu sendiri dan bisa menjaga mental tetap sehat dan bahagia.

Baca Juga: 8 Tanda Si Dia adalah Cinta Sejatimu, Apa Saja? 

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya