Comscore Tracker

Makna Tersembunyi di Balik 7 Simbol Valentine

Kalau sudah tahu, jangan asal kasih mawar merah ya!

Happy Valentine's Day! Biasanya saat Hari Kasih Sayang kamu akan mudah menemui  simbol Valentine seperti logo hati, bunga mawar, cokelat dan masih banyak lagi. Lantas apa hubungannya simbol-simbol itu dengan Valentine's Day. Penasaran 'kan? Yuk disimak bersama!

1. Cinta datangnya dari hati

Makna Tersembunyi di Balik 7 Simbol Valentinepexels/Kaboompics

Dilansir theholidayspot.com dan stvalentinesday.org, simbol hati adalah merupakan penanda Valentine paling umum. Dalam bahasa inggris, hati (heart) bermakna jantung. Terdapat keyakinan kuno bahwa semua emosi dan perasaan manusia berasal dari jantung. Oleh karena itu, banyak orang percaya bahwa perasaan cinta juga berasal dari jantung, padahal sebenarnya tidak demikian.

2. Mawar merah tanda cinta

Makna Tersembunyi di Balik 7 Simbol Valentinepexels/irina

Saat Valentine tiba, selain kado berbentuk hati, maka paling banyak dijadikan sebagai gift, adalah mawar merah. Banyak orang memberi mawar merah untuk orang dicintai. Mawar merah memang dipercayai sebagai simbol cinta. Makanya, ketika seseorang memberimu bunga mawar merah ketika Valentine, secara tidak langsung ia sedang menyatakan perasaannya padamu.

3. Efek magis dari cokelat yang manis

Makna Tersembunyi di Balik 7 Simbol Valentinepexels/Lisa

Selain bunga, saat Hari Kasih Sayang, banyak orang juga saling bertukar cokelat pada hari Valentine. Cokelat dipercaya memberi efek magis yang dapat membuat seseorang bahagia. Selain itu cokelat umumnya terasa manis. Dari makna ini, pasangan diharapkan bisa saling berbagi kebahagiaan dan cinta yang manis.

4. Disatukan oleh panah asmara dewa Cupid

Makna Tersembunyi di Balik 7 Simbol Valentinepexels/Skitterphoto

Dalam mitologi Romawi kuno, Cupid adalah dewa asmara. Ketika ada  pasangan yang saling jatuh cinta, banyak orang percaya bahwa pasangan tersebut disatukan oleh panah Cupid. Oleh karena itu, sang dewa asmara ini juga menjadi simbol Valentine.

Baca Juga: 6 Destinasi Wisata di Dunia yang Cocok Dikunjungi di Hari Valentine

5. Cinta itu harus tulus seperti merpati

Makna Tersembunyi di Balik 7 Simbol Valentinepexels/pixabay

Merpati merupakan lambang kesetiaan, kemurnian dan ketulusan. Tentunya hal itu menjadi harapan sejoli yang menjalin hubungan asmara. Itu sebabnya, merpati juga menjadi salah satu simbol dalam Valentine, sebagai penanda kesetiaan dan ketulusan.

6. Jemari perempuan dalam balutan feminitas

Makna Tersembunyi di Balik 7 Simbol Valentinepexels/Jasmine

Simbol Valentine yang satu ini jarang diketahui orang, karena tak lazim digunakan. Tangan seorang wanita menjadi lambang 'feminitas' dalam Valentine. Biasanya simbol tangan ini ditambahkan dengan aksesori seperti cincin atau gelang.

7. Simpul cinta

Makna Tersembunyi di Balik 7 Simbol Valentine123rf.com

Simpul berbentuk hati juga merupakan simbol Valentine yang jarang diketahui orang. Simbol ini menerangkan cinta yang berkelanjutan dan tidak akan pernah mati.

Itulah 7 simbol Valentine beserta maknanya, ada yang baru tahu atau lebih dahulu tahu?

Baca Juga: Sesuai Zodiaknya, Ini Hal yang Diinginkan Pasanganmu Saat Valentine

Topic:

  • Yuda Almerio Pratama Lebang

Berita Terkini Lainnya