Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Sebaiknya Hindari Mengungkit Masa Lalu Pasangan

Tujuanmu menciptakan masa depan bahagia dengan dia, kan?

Setiap hubungan pasti mengalami pasang surut. Berbagai permasalahan mungkin muncul, namun bisa jadi justru semakin menguatkan cinta. Tetapi ada satu hal yang sebaiknya gak kamu lakukan ketika hubunganmu sedang ada masalah yaitu mengungkit masa lalu pasangan.

Memang pikiran akan sulit terkontrol jika hati sangatlah geram terhadap sesuatu. Namun ingatlah bahwa hal tersebut bukan merupakan jalan terbaik dari terselesaikannya sebuah masalah. 

1. Semua orang pasti pernah berada di masa terburuknya

5 Alasan Kamu Sebaiknya Hindari Mengungkit Masa Lalu Pasanganunplash.com/peiscilla du preez

Kamu tidak dapat menyalahkan masala lalu seseorang karena setiap orang pasti pernah berada di masa terburuk dalam hidupnya. Begitu pula pada pasanganmu, keburukannya di masa lalu itu mungkin hanya sekadar kesalahan yang gak disengaja.

Pintar-pintarlah meredam emosi sampai gak ada bahasan tentang masa lalu yang keluar dari mulutmu. Selesaikan sebuah masalah secara dewasa dan tanpa dibumbui oleh dendam tentang memori lama.

2. Ingatlah bahwa dia telah berusaha berubah menjadi lebih baik untukmu

5 Alasan Kamu Sebaiknya Hindari Mengungkit Masa Lalu Pasanganunsplash.com/priscilla du preez

Ketika seseorang telah menemukan cinta sejatinya, dia pasti akan berusaha berubah menjadi lebih baik serta meninggalkan segala keburukannya. Oleh karena itu, membahas tentang masa lalunya ketika sedang terjadi sebuah masalah bukanlah langkah yang bijak.

Kamu tidak bisa menganggap bahwa pasangan hanya stuck di posisi terburuk sama seperti masa lalunya. Coba tanyakan pada hatimu sekali lagi jika kamu memang ingin membahas hal yang cukup sensitif itu di hadapannya.

3. Bisa membuatnya terluka

5 Alasan Kamu Sebaiknya Hindari Mengungkit Masa Lalu Pasanganunsplash.com/priscilla du preez

Sebelumnya telah disebutkan bahwa setiap orang pasti akan berubah menjadi lebih baik ketika telah menemukan seseorang yang dicintai. Dia pasti akan berusaha semaksimal mungkin agar tak ada hal buruk yang terjadi lagi ketika sedang menjalani bersamamu.

Jangan hanya karena kesalahan sepele saja tiba-tiba kamu langsung menyudutkan dia dengan segala keburukan di masa lalunya. Percayalah bahwa dia pasti akan sakit hati karena merasa perjuangannya selama ini tidak dihargai.

Baca Juga: 5 Sikap yang Baiknya Dihindari Saat Tahu Masa Lalu Pasangan yang Kelam

4. Masalah tidak akan pernah terselesaikan jika hanya berpatokan pada masa lalu

5 Alasan Kamu Sebaiknya Hindari Mengungkit Masa Lalu Pasanganunsplash.com/etienne boulanger

Ketika dalam hubungan asmara sedang ada masalah, kamu pasti akan berpikiran untuk cepat menyelesaikannya. Namun ha tersebut terhalang oleh ego masing-masing pihak tentang kebenaran akan pendapatnya. Ingatlah bahwa semua masalah pasti akan menemukan titik terang jika dihadapi dengan kepala dingin.

Jika kamu hanya menyudutkan dia saja dengan membahas masa lalunya, maka tidak akan ada solusi yang akan muncul. Cobalah untuk membuang segala hal buruk yang lalu karena saat ini kamu dan dia sedang berusaha hidup bersama demi masa depan cerah.

5. Masa lalu tiap orang tidak dapat diubah

5 Alasan Kamu Sebaiknya Hindari Mengungkit Masa Lalu Pasanganunsplash.com/harli marten

Sepintar-pintarnya seseorang, pasti memiliki masa lalu yang kelam dan tidak dapat diperbaiki. Kamu hanya bisa memperbaiki apa yang ada saat ini tanpa mengubah masa lalu. Begitu pula pasanganmu, jangan pernah hakimi dia hanya karena emosimu yang memuncak ketika ada masalah.

Membahas masa lalu hanya akan memperburuk masalahmu. Bisa saja hubunganmu dengannya kandas di tengah jalan akibat sikap egosentris. Oleh karena itu, berpikirlah dengan bijak agar tak ada kesalahpahaman di antara kamu dengannya.

Itulah beberapa alasan sebaiknya kamu gak ungit masa lalu pasanganmu. Tujuan kalian menciptakan masa depan bahagia bersama, kan? Ada baiknya melangkah dengan positif dan optimis agar selalu bahagia dan saling percaya. 

Baca Juga: 6 Alasan Mengapa Kamu Gak Boleh Membenci Masa Lalu Pasangan yang Kelam

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Hamas Nurhan di IDN Times Community dengan judul 5 Alasan Mengapa Gak Semestinya Kamu Mengungkit Masa Lalu Pasangan

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya