Comscore Tracker

Cinta Perlu Logika, Ini 5 Tanda Pengorbananmu Terlalu Berlebihan

Kelewat bucin bakal merugikanmu, lho

Dalam hubungan asmara tak hanya berbagi rasa cinta satu sama lain, tetapi juga memerlukan pengorbanan. Hal ini kadang perlu dilakukan untuk menyenangkan pasangan dan hubungan berjalan sesuai dengan keinginan. Tetapi, ada juga pengorbanan yang terlalu berlebihan sampai membuat dirimu tersakiti.

Nah, untuk itu baiknya kamu simak lima tanda pengorbanan yang kamu lakukan sebenarnya sudah melewati batas wajar dan baiknya jangan diteruskan. Berikut ulasannya!

1. Jadi menyakiti diri sendiri

Cinta Perlu Logika, Ini 5 Tanda Pengorbananmu Terlalu BerlebihanUnsplash.com/samuel hull

Berkorban untuk hubungan memang tak masalah dilakukan, selama dalam porsi dan batasan yang wajar. Namun, jika pengorbanan yang kamu lakukan terlalu berlebihan sampai sering menyakiti atau melukai dirimu sendiri, maka pengorbanan yang kamu lakukan sudah kelewatan batas dan cenderung tidak sehat. Coba pikirkan kembali hubunganmu dengan pasangan

2. Mengabaikan dan lalai pada prioritas serta hal penting lainnya

Cinta Perlu Logika, Ini 5 Tanda Pengorbananmu Terlalu BerlebihanUnsplash.com/Kumpan Electric

Jangan sampai karena mengorbankan banyak hal untuk pasangan, membuatmu mengabaikan prioritas atau hal yang penting lainnya. Berkorban juga harus tahu batasan dan tahu seberapa besar kapasitas yang kamu miliki.

Jangan hanya karena ingin menyenangkan hati pasangan, menjadikanmu lalai dalam menentukan dan melakukan hal yang sebenarnya jauh lebih utama serta paling penting untuk dilakukan.

3. Menjauhkanmu dari teman dan sahabat

Cinta Perlu Logika, Ini 5 Tanda Pengorbananmu Terlalu BerlebihanUnsplash.com/Kirill Vasilev

Meksipun kamu menjalin percintaan dengan seseorang, bukan berarti kamu melupakan hubungan pertemananmu. Jika berkorban untuk pasangan membuatmu jauh dari teman atau sahabat, hal tersebut sudah menjadi tanda jika pengorbananmu sudah melewati batas kewajaran.

Baca Juga: Kenali 6 Sifat Cewek dari Bentuk Wajahnya

4. Selalu menuruti keinginan pasangan meskipun kamu tahu yang dimintanya tak baik untukmu

Cinta Perlu Logika, Ini 5 Tanda Pengorbananmu Terlalu BerlebihanUnsplash.com/samuel hull

Membuat pasangan bahagia serta memanjakannya tidaklah sepenuhnya salah. Namun, apabila kamu selalu berkorban demi menuruti keinginan pasangan, maka hal tersebut harus kamu batasi mulai sekarang.

Coba pikirkan kembali dan lihatlah lebih jelas, belum tentu semua keinginan pasanganmu positif untuk kamu lakukan dan bisa merugikanmu

5. Pasanganmu tak melakukan usaha yang sepadan seperti kamu

Cinta Perlu Logika, Ini 5 Tanda Pengorbananmu Terlalu BerlebihanUnsplash.com/Thài An

Selama ini hanya kamu saja pihak yang berusaha keras untuk mengorbankan banyak hal. Tetapi, pasangan tidak melakukan hal yang sama sepertimu, bahkan cenderung tidak peduli.

Maka, sudah seharusnya kamu menyadari jika hal tersebut tidaklah sehat untuk hubungan. Sesungguhnya, jika pasangan saling mencintai, pasti keduanya akan selalu bersama-sama berusaha membuat satu sama lain merasa nyaman dan dicintai.

Nah, itulah lima tanda jika pengorbanmu dalam hubungan sudah melewati batas wajar. Berkorban boleh saja namun tetap gunakan logika dan lakukan sewajarnya. Jangan sampai timbul penyesalan di kemudian hari.

Baca Juga: 6 Tanda Hubungan Cinta Bakal Langgeng dan Kompak di Masa Depan

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Moon Girl di IDN Times Community dengan judul Kelewat Bucin, 5 Tanda Pengorbananmu dalam Hubungan Lewati Batas Wajar

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya