Comscore Tracker

5 Cara agar Pasangan Lebih Jujur dan Terbuka Padamu

Bersikap jujur dimulai dari dirimu sendiri

Memiliki pasangan yang selalu jujur dan terbuka pasti jadi impian semua orang. Namun, masalahnya banyak orang salah langkah dalam menuntut kejujuran dari pasangan.

Jadi, daripada keliru dalam bertindak dan gak mendapatkan hasil seperti yang diinginkan, lebih baik terapkan lima hal ini nih jika ingin punya pasangan yang jujur.

1. Mulailah dengan bersikap jujur terlebih dahulu

5 Cara agar Pasangan Lebih Jujur dan Terbuka Padamuunsplash/Charles Deluvio

Ketimbang sibuk menuntut, lebih baik kalau kita menerapkan hal itu terlebih dahulu. Pasangan juga pasti akan menyadari usahamu untuk terus jujur padanya.

Perlahan tapi pasti, dia akan mulai menerapkan kejujuran juga dalam kesehariannya dan setiap berbagi cerita denganmu.

2. Diskusikan dengannya mengenai pentingnya kejujuran dalam hubungan

5 Cara agar Pasangan Lebih Jujur dan Terbuka Padamupexels/Duong Nhan

Gak cuma memberi contoh, kamu juga perlu untuk membicarakan hal ini dengan si dia. Gak semua orang bisa mengerti maksudmu begitu saja. Jadi, penting banget untuk membahasnya secara terbuka dengan pasangan ya. Agar ia memahami bahwa kamu ingin ia bersikap jujur kepadamu.

Baca Juga: Ini 6 Tanda Pria Serius dan Siap Berkomitmen sama Kamu

3. Jika ingin dia jujur, biasakan bertanya dengan baik, bukan memojokkan

5 Cara agar Pasangan Lebih Jujur dan Terbuka Padamuunsplash/Andrik Langfield

Pola komunikasi yang benar masih seringkali salah kita terapkan. Ketika berharap si dia akan terus berkata jujur, maka biasakanlah bertanya jika memang ada yang mengganggu benakmu. Jangan tiba-tiba menyimpulkan sendiri dan kemudian memojokkan sesuka hati. 

4. Gak semua kejujuran itu menyenangkan, jadi kamu harus siap untuk kecewa

5 Cara agar Pasangan Lebih Jujur dan Terbuka Padamuunsplash/Milan Popovic

Berharap untuk terus mendengar perkataan jujur, artinya kamu juga harus siap untuk beberapa kali mengalami kekecewaan. Misal, ketika kamu membeli baju baru, lalu kemudian menanyakan pendapat pasanganmu. Maka jika dia berkata jujur mengenai pendapatnya yang ternyata gak menyukai baju itu, jangan langsung ngambek dan marah. Kebiasaan seperti ini nih yang bikin pasanganmu memilih untuk berkata bohong nanti ke depannya. 

5. Sesekali berikanlah pujian ketika dia jujur

5 Cara agar Pasangan Lebih Jujur dan Terbuka Padamuunsplash/Matheus Ferrero

Sebuah pujian kecil yang terasa sepele bisa begitu bermakna bagi seseorang lho, gak terkecuali pasanganmu. Kamu boleh banget sesekali memuji si dia saat dia mengatakan sesuatu dengan jujur. Ingat, pujiannya harus tulus dari hati yang paling dalam ya. 

Saling jujur dalam suatu hubungan adalah sebuah proses yang butuh penyesuaian. Selalu jujur juga tak mudah dilakukan tetapi ini harus diupayakan untuk kebahagiaan bersama.

Baca Juga: Waspadai, Ini 5 Tanda Teman Suka Memanfaatkan Kebaikanmu 

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Desy Damayanti di IDN Times Community dengan judul Terapkan 5 Langkah Ini agar Pasangan Lebih Gampang untuk Jujur Padamu

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya