Comscore Tracker

5 Tips Agar Tetap Bahagia saat Tinggal Bersama Pasangan Usai Menikah

Jangan ribut mulu ya...

Berada dalam sebuah hubungan pernikahan, bukanlah perihal yang mudah untuk dijalani. Apalagi saat sudah mulai tinggal bersama dan mengetahui kebiasaan buruk masing-masing pasangan.

Akibatnya, ada saja pasang surut yang terjadi dalam hubungan. Tak jarang, beberapa orang justru merasa stres pasca menikah. Agar kamu dan pasangan tetap merasa bahagia setelah menikah dan tinggal bersama, yuk ikuti beberapa tips yang di bawah ini!

1. Bagi tugas secara merata

5 Tips Agar Tetap Bahagia saat Tinggal Bersama Pasangan Usai Menikahpexels.com/Ketut Subiyanto

Ketika menikah dan tinggal bersama, yang harus kamu ketahui adalah tak seorang pun pasangan bersedia melakukan semua pekerjaan rumah sekaligus. Menurut readunwritten.com, ada baiknya kamu dan pasangan membagi pekerjaan rumah secara rata.

Bagilah tugas berdasarkan hal yang lebih kalian sukai agar tidak ada merasa terbebani satu sama lain! Selain itu, jika kamu menyadari bahwa pasanganmu tidak melakukan tugasnya, jangan takut untuk mengingatkannya kembali akan hal yang harus ia kerjakan.

2. Bangun komunikasi yang lebih terbuka dan jujur

5 Tips Agar Tetap Bahagia saat Tinggal Bersama Pasangan Usai Menikahpexels.com/ketut subiyanto

Dilansir Lifehack.org, sebuah penelitian menunjukkan bahwa gaya komunikasi dalam hubungan, ternyata lebih penting untuk memprediksi pasangan mana yang akan tetap bahagia. Artinya, pasangan yang sehat tak akan menghindari konflik yang terjadi dalam hubungan.

Sebaliknya, mereka tahu bagaimana menjaga jalur komunikasi tetap terbuka sehingga percakapan antara pasangan tetap terjadi dan membuat satu sama lain merasa bahagia. Oleh karena itu, komunikasi yang berjalan baik dan efektif dengan pasangan, dapat memperkuat hubungan betapa pun sulitnya hidup berdampingan.

3. Jangan lupa ucapkan "tolong" dan "terima kasih" untuk hal-hal kecil yang pasangan lakukan

5 Tips Agar Tetap Bahagia saat Tinggal Bersama Pasangan Usai Menikahpexels.com/Ketut Subiyanto

Meski terdengar sepele, mengucapkan "tolong" dan "terima kasih" pada pasangan, sangat penting. Dilansir Lifehack.org, hal ini berguna untuk meningkatkan rasa hormat pada pasangan sehingga memelihara sopan santun dan budaya baik dalam keluarga.

Menurut Huffpost.com, mengucap "tolong" dan "terima kasih" merupakan apresiasi positif guna menunjukkan penghargaan terhadap apa yang pasangan kita lakukan. Jadi, jangan lupa selalu mengatakan dua hal tersebut, bahkan ketika pasangan melakukan hal kecil.

Baca Juga: 5 Hal Romantis Ini Bisa Bikin Cepat Bosan di Tahun Pertama Pernikahan

4. Jaga penampilan serta keintiman hubungan

5 Tips Agar Tetap Bahagia saat Tinggal Bersama Pasangan Usai Menikahpexels.com/Andrea Piacquadio

Menjaga penampilan di depan pasangan agar tetap fresh dan menarik setelah menikah, juga sangat penting untuk dilakukan. Pasalnya, hal ini dapat membuat hubungan kalian berjalan lebih harmonis setiap harinya.

Menurut Huffpost.com, meningkatkan serta menjaga keintiman antar pasangan berguna untuk memperkuat ikatan pernikahan. Keintiman di sini bukan hanya seks saja, melainkan berbagai bentuk hubungan intim yang intens, seperti percakapan mendalam, pelukan, dan empati.

5. Bersikap toleran terhadap perubahan fisik pasangan

5 Tips Agar Tetap Bahagia saat Tinggal Bersama Pasangan Usai Menikahpexels.com/Polina Zimmerman

Tak hanya tinggal bersama, menikah menandakan bahwa kamu sudah siap tumbuh dewasa dan menua bersama pasangan. Dalam hal ini, menurut Lifehack.org, sebaiknya kamu tak mengungkit kekurangan fisik yang timbul di usia tua sebagai masalah.

Cobalah untuk lebih toleransi terhadap perubahan yang terjadi pada pasangan ketika menginjak usia yang lebih dewasa! Seberapa tua dan keriput kalian berdua, rasa cinta kamu dan dirinya akan terus menguat serta terasa makin istimewa.

Nah, sudah tahu kan bagaimana caranya untuk tetap bahagia saat tinggal bersama pasangan setelah menikah? Jadi, jangan lupa untuk selalu membuat hubungan asmara kalian berjalan romantis dan menyenangkan, ya!

Baca Juga: 6 Hadis tentang Pernikahan, Wajib Dilakukan Jika Telah Mampu!

Topic:

  • Anjas Pratama

Berita Terkini Lainnya