Comscore Tracker

6 Tips Hadapi Pacar yang Suka Mengeluh

Lama-lama bikin kesal juga

Punya pacar yang suka mengeluh memang tidak menyenangkan. Apalagi kita tidak paham mengenai apa yang dikeluhkan dan penyebabnya. Selain itu, sebagai seorang kekasih, kita juga dituntut untuk menghadapi hal tersebut dengan cara yang terbaik. Nah, berikut ini beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menghadapi keluhannya tanpa menyakiti perasaannya.

1. Berikan waktu dan pahami apa yang dia inginkan

6 Tips Hadapi Pacar yang Suka Mengeluhunsplash/@freestocks

Meskipun kamu ingin tetap berada di dekatnya saat dia mengeluh atau patah semangat, tetapi jika dia menginginkan kesendirian, sebaiknya kamu turuti saja. Jangan takut dia tidak mencintaimu lagi. Sebab, saat dia menginginkan kesendirian, bukan berarti dia tidak ingin membagikan perasaannya denganmu. Hanya saja dia memang sedang ingin punya waktu lebih untuk berpikir sendirian dengan dirinya sendiri. 

Keluhan yang sering terucap juga biasanya hanya terjadi secara singkat dan muncul sesekali. Namun, jika pacar kamu mengeluh sepanjang waktu bahkan untuk kesalahan kecil sekalipun, bisa saja ada alasan di balik itu. Pahami segera momen tersebut dan tanyakan langsung kepadanya dengan hati-hati tanpa menyinggung perasannya.

2. Jangan marah, jadilah pendengar yang baik

6 Tips Hadapi Pacar yang Suka Mengeluhunsplash/@iyolanda

Tidak langsung marah ketika dia mengeluh merupakan hal yang sangat penting. Jadilah pendengar yang baik, dengan mendengarkan masalah yang sedang pacarmu hadapi. Semua hal yang diceritakannya tidak harus dibalas dengan solusi atau nasihat-nasihat kok. Sebab, terkadang dia hanya ingin didengarkan.

3. Hindari perdebatan dengan mengungkapkan perasaanmu

6 Tips Hadapi Pacar yang Suka Mengeluhunsplash/@jonathanborba

Mungkin kamu pernah memendam emosi saat dia sedang mengeluh karena malas memicu keributan. Sayangnya, cara itu justru bisa memunculkan konflik lain akibat menumpuknya permasalahan yang tidak tersampaikan.

Oleh karena itu, sebaiknya ungkapkan saja perasaan yang kamu pendam untuk memberikan dampak yang baik bagi hubungan kalian ke depannya. Untuk menyampaikannya, pilihlah waktu yang tepat dan jangan lupa untuk menanyakan pendapatnya mengenai perasaannya terhadapmu. Diskusikan dengannya sehingga menjadi momen titik balik untuk merekatkan kembali hubungan kalian.

Baca Juga: 5 Dampak Negatif Kalau Kamu Suka Ngambek ke Pacar

4. Tunjukkan bukti bahwa masih banyak hal yang patut disyukuri dan lebih indah jika tidak mengeluh

6 Tips Hadapi Pacar yang Suka Mengeluhunsplash.com/@timstief

Salah satu alasan mengapa orang sering mengeluh adalah lupa bersyukur atas semua yang sudah terjadi di dalam hidupnya. Nah, bisa jadi ini penyebab pacar kamu sering mengeluh. Jadi, cobalah ajak pasanganmu untuk bersyukur atas semua yang terjadi pada hidupnya.

Ceritakan mengenai orang-orang yang masih hidup di dalam kekurangan dan mengalami kesulitan. Mereka tidak mengeluh, tetapi justru berusaha untuk keluar dari masalah yang dihadapi. Rutin bersyukur sangat ampuh untuk menghindari perasaan mengeluh.

5. Saat keadaannya mulai tenang, berikan semangat bukan nasihat

6 Tips Hadapi Pacar yang Suka Mengeluhunsplash/@vidarnm

Ketika pacar kamu sudah tenang dari segala hal yang dikeluhkannya, cobalah berikan dia semangat untuk kembali menjalani harinya dengan ceria. Katakan bahwa banyak orang yang percaya terhadapnya, serta jelaskan juga perasaan kamu yang sangat mencintainya. Namun dalam menyampaikannya, jangan sampai seolah kamu sedang memberikan nasihat ya. 

6. Ajak dia berdiskusi untuk menemukan solusi dari permasalahan yang dihadapi

6 Tips Hadapi Pacar yang Suka Mengeluhunsplash/@johanmouchet

Pasangan yang suka mengeluh mungkin sebenarnya hanya sedang mencari perhatian, pengertian, dan solusi dari berbagai masalah yang sedang dihadapi. Nah, saat itu terjadi, peran kamu adalah mendampinginya dengan penuh pengertian dan mendampinginya untuk keluar dari permasalahan tersebut. Ajak dia diskusi yang efektif tanpa menyalahkannya atau menyerang orang lain.

Meskipun suka mengeluh, tetapi pasti ada sisi baik dari dirinya yang membuatmu jatuh cinta. Jika disikapi dengan baik, segala permasalahan yang terjadi di dalam hubungan akan membuat cinta semakin dalam dan erat.

Baca Juga: 5 Tanda Bahwa Pacar Kamu Ingin Menjalin Hubungan Hingga ke Pelaminan

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya