Comscore Tracker

5 Strategi Jitu Hadapi Pacar Suka Ingkar Janji, Jangan Kalah!

Membatalkan janji dengan seenaknya saja

Pernah gak sih, kalian kesel banget dengan orang yang suka membatalkan janji ketemuan dengan seenaknya saja? Apalagi bila itu dilakukan oleh orang terdekat kita, pacar sendiri. 

Tentunya kadar kemarahannya jadi dobel kan. Saat kita sudah melakukan persiapan ekstra sekadar bertemu dengan si pujaan hati, berdandan rapi plus hadiah kecil yang istimewa. 

Tetapi semua jadi sia-sia belaka. Doi membatalkan janji ketemuan yang sudah disepakati dengan alasan tidak masuk akal. Rasa marah, kecewa, hingga sedih tentu kamu rasakan. Apalagi jika janji tersebut sudah dibuat dari jauh-jauh hari, namun pasanganmu tetap mengingkarinya.

Sekali dua kali mungkin kamu bisa memakluminya, namun bagaimana jika itu terjadi berulang kali, apakah kamu masih bisa menerimanya? Berkali-kali mengingkari janji tentu membuatmu merasa tidak dihargai dan diabaikan. Mau mencoba menerima alasannya pun terasa berat, terutama jika ia membatalkan janji secara mendadak. 

Pastinya, kondisi ini tak sehat bagi hubungan percintaan kalian berdua. Berikut ini 5 strategi jitu menghadapi pacar yang suka ingkar janji. Dijamin ampuh, Check it out!

1. Berani untuk jujur dan bilang kamu marah dan kecewa padanya setiap ia membatalkan janjinya

5 Strategi Jitu Hadapi Pacar Suka Ingkar Janji, Jangan Kalah!ilustrasi adu argumen (pexels.com/Yan Krukov)

Berusaha untuk selalu jujur bukanlah suatu kesalahan. Apalagi terhadap pasangan sendiri yang tentunya harus bisa saling memahami antara satu dengan lainnya. 

Sampaikan perasaanmu dengan baik agar dia juga bisa mengerti. Jangan diam saja dan selalu menerima saat pasangan suka ingkar janji. Jangan ragu untuk mengatakan dengan jujur perasaanmu, ungkapkan jika memang kamu marah dan kecewa padanya. Dengan begitu ia tahu apa yang kamu rasakan. Selain membuat perasaanmu menjadi lebih lega, berkata jujur juga akan membuat pasanganmu menyadari kesalahannya. Ia harus tahu bahwa kebiasaan ingkar janji adalah perilaku yang tidak bertanggung jawab dan setiap ia melakukannya, itu menyakitimu.

Ingatlah bahwa diam bukanlah solusi. Karena dengan diam saja justru pasanganmu akan berpikir bahwa kamu tidak apa-apa saat ia membatalkan janji, hingga ke depannya ia berpikir bahwa tidak masalah jika mengulanginya lagi. Jadi jangan pernah ragu untuk mengutarakan kesalahan pasangan, karena jika ia menyukaimu maka ia bisa menerima keluhanmu dan akan memperbaiki perilakunya tersebut. Bagaimana responmu, itu memengaruhi perilaku ia selanjutnya.

Baca Juga: Pura Hyang Guru Simbol Toleransi Beragama di Balikpapan

2. Bersikap tegas dan memberikan pelajaran kepadanya

5 Strategi Jitu Hadapi Pacar Suka Ingkar Janji, Jangan Kalah!pexels.com/Yan Krukov

Secinta apa pun kamu padanya, bukan berarti ia bisa bersikap seenaknya kepadamu. Dan kamu juga tidak harus selalu sabar dalam menghadapinya. Ingatlah bahwa sabar ada batasnya, mau sampai kapan kamu terus bersabar pada orang yang bahkan tidak menyadari kesalahannya. Perasaanmu juga penting, jadi bersikap tegaslah kepadanya jika ia kembali ingkar janji. Tunjukkan bahwa kamu benar-benar tidak menyukai perilakunya tersebut.

Jika perlu, kamu juga bisa memberikannya pelajaran. Misalnya seperti tidak langsung memaafkannya saat ia meminta maaf. Hal itu perlu kamu lakukan agar ia tidak mengulanginya kembali. Dan agar ia tahu bahwa saat kamu marah dan kecewa, kamu tidak mudah untuk dirayu. Karena jika kamu langsung memaafkannya, pasanganmu akan berpikir bahwa kamu mudah dibujuk, sehingga ia tidak berhati-hati ke depannya karena kamu mudah memaafkannya. 

3. Berhentilah menghubunginya untuk sementara waktu

5 Strategi Jitu Hadapi Pacar Suka Ingkar Janji, Jangan Kalah!ilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Diva Plavalaguna )

Ada situasi di mana kalian akan saling beradu argumen masing-masing. Pasanganmu akan berusaha menyampaikan sejumlah alasan membela diri yang tujuan sebenarnya hanya sekadar pembenaran saja atas perilaku salah dia. 

Ia akan akan berdalih, bukan kemauannya untuk membatalkan janji, bahwa ada sesuatu yang bersifat urgent sehingga mau tak mau ia harus membatalkan janjinya denganmu. Yang jadi masalah bukanlah alasannya, namun bagaimana ia menggampangkan janjinya dan merasa tidak bersalah saat mengingkarinya, seolah itu adalah hal yang sepele.

Jika kamu sudah menjelaskannya dan ia masih tetap merasa benar, maka sebaiknya kamu berhenti menghubunginya untuk sementara waktu. Tidak merasa salah atas janji yang pernah ia ucapkan, itu menandakan bahwa ia tidak memikirkan perasaanmu. Dengan tidak mau menemuinya, seharusnya membuatnya berpikir atas kesalahan yang telah ia perbuat. 

4. Jika kamu akhirnya memaafkannya, kamu harus memintanya untuk tidak mengulanginya lagi dan itu kesempatan terakhir darimu untuknya

5 Strategi Jitu Hadapi Pacar Suka Ingkar Janji, Jangan Kalah!pexels.com/Budgeron Bach

Jika pada akhirnya kamu memilih untuk memaafkannya kembali dan memberikannya kesempatan, maka mintalah ia untuk tidak mengulanginya lagi. Untuk janji ke depannya, pasanganmu harus bisa menepatinya, tidak lagi ada alasan untuk mengingkarinya. Jika perlu kamu bisa mengatakan bahwa ini adalah kesempatan terakhir yang kamu berikan untuknya.

Jika ternyata ia tidak bisa menepatinya, maka berikan ultimatum bahwa kamu tidak akan memberikan kesempatan lagi untuknya. Maaf yang kamu berikan saat ini adalah untuk yang terakhir kali. Dengan begitu ia akan lebih berhati-hati saat membatalkan janjinya denganmu di kemudian hari, karena ia takut akan peringatan yang kamu berikan sebelumnya. 

5. Jika ia mengingkari lagi janjinya, jangan ragu untuk memberikannya peringatan berpisah

5 Strategi Jitu Hadapi Pacar Suka Ingkar Janji, Jangan Kalah!Ilustrasi patah hati (IDN Times/Mardya Shakti)

Kamu sudah mengatakan bahwa itu terakhirnya kamu menoleransi kesalahannya, namun ia masih juga mengulanginya, maka kamu bisa memberikannya peringatan untuk berpisah. Ia tidak menggubris ultimatum mu sebelumnya, lalu untuk apa kamu masih mempertahankan ia yang tidak bisa memegang janjinya? Sudah jelas bahwa apa yang kamu sampaikan tidak dipedulikan. 

Katakan bahwa kamu sudah lelah dan sudah tidak bisa lagi mempercayai omongannya. Logikanya untuk apa kamu bertahan jika ia sebagai pasanganmu saja tidak bisa menghargaimu sebagai orang terdekatnya, karena seharusnya ia adalah orang pertama yang selalu ada untukmu, bukan selalu menyakitimu. Menjalani hubungan dengan selalu menoleransi kesalahan pasangan sebaiknya tidak kamu lanjutkan jika itu hanya menyakitimu saja, karena kebahagiaan hatimu juga berhak untuk di pertimbangkan.

Jangan selalu mengalah dan memaafkan perilaku pasangan yang suka ingkar janji. Pasangan yang benar-benar mencintaimu tidak akan sering mengecewakanmu, apalagi dengan mudahnya membatalkan janji yang sudah ia buat sendiri. Menyikapi pasangan yang seperti itu bisa kamu lakukan dengan lima cara di atas.

Baca Juga: Nikmatnya Sop Konro BCA atau Warung John di Balikpapan

Shella Rafika Sari Photo Community Writer Shella Rafika Sari

Keajaiban hanya terjadi pada orang yang pantang menyerah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan
  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya