Comscore Tracker

8 Tanda Si Dia adalah Cinta Sejatimu, Apa Saja? 

#IDNTimesLifeYuk dicek tanda-tanda ini pada diri pasanganmu

Setiap orang memiliki pasangan jiwa, namun tak semua bisa segera menemukan cinta sejatinya itu. Menemukan jodoh memang masih menjadi misteri di dunia ini. Mungkin kamu sendiri sedang bertanya-tanya kapan kamu akan menemukan dirinya?

Berikut telah IDN Times rangkum beberapa tanda cinta sejati. Coba baca artikelnya dan renungkan tanda-tanda tersebut. Apakah dia cinta sejatimu yang sesungguhnya?

1. Saling berempati, mengetahui batasan, dan memahami kondisi masing-masing

8 Tanda Si Dia adalah Cinta Sejatimu, Apa Saja? IDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Dilansir Psychology Today, Steve Taylor Ph.D., Pengajar Psikologi di Leeds Beckett University, UK, menyebut bahwa empati adalah salah satu kualitas tertinggi manusia. Empati adalah akar dari sebagian besar perilaku yang kita kaitkan dengan kebaikan.

Dalam membina hubungan asmara sendiri, gak melulu tentang hal manis saja. Terkadang, kita juga harus menghadapi konflik bersama pasangan. Nah, salah satu tanda cinta sejati yang harus kamu perhatikan adalah bagaimana kalian bisa berempati satu sama lainnya.

Apakah kamu bisa memahami kondisinya sepenuhnya? Begitu pula sebaliknya. Besarnya rasa peduli dan keinginan untuk berkompromi juga jadi salah satu hal penting untuk dilakukan.

2. Tulus dan saling bisa mengandalkan satu sama lain

8 Tanda Si Dia adalah Cinta Sejatimu, Apa Saja? IDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Ketulusan adalah hal utama. Ketika bertemu cinta sejati, kamu akan paham betul apa yang dimaksud dengan keinginan untuk mendukung seseorang sepenuh hati.

Kamu selalu menginginkan hal baik terjadi padanya. Bentuk dukungan itu pun tanpa ragu kamu ungkapkan melalui tindakan. Kamu rela berkorban dengan penuh ketulusan. Hal yang sama juga berlaku untuknya.

3. Saling menyayangi tanpa syarat

8 Tanda Si Dia adalah Cinta Sejatimu, Apa Saja? IDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Cinta sejati adalah cinta yang tanpa syarat. Itulah tanda ketiga yang perlu kamu ketahui.

Ketika menjalani hubungan percintaan, kamu harus tahu apakah perasaan tersebut murni hadir dari dalam jiwamu. Atau, kamu hanya tertarik pada sesuatu yang melekat padanya. Seperti penampilan atau keberhasilannya semata.

Ketika kamu menemukan orang yang tepat, kamu akan tulus mencintainya tanpa syarat. Kamu akan menyayanginya tanpa melihat apa yang ia miliki dan tak dimilikinya.

4. Senantiasa merasa rindu dan perasaan sayangnya gak terkikis seiring waktu berjalan

8 Tanda Si Dia adalah Cinta Sejatimu, Apa Saja? IDN Times/Rizka Yulita

Perasaan mungkin saja memang berganti seiring dengan berjalannya waktu atau perubahan kondisi. Daya tarik seseorang pun mungkin saja memudar. Tapi, hal tersebut gak terjadi ketika kamu bertemu cinta sejati.

Kamu akan senantiasa merasa rindu dan bahagia saat bersamanya. Atau, ketika terpisah jarak dengannya sekalipun. Bahkan ketika kalian menghabiskan waktu bersama tanpa kegiatan apa pun, kamu tetap merasa senang dan gak bosan berdekatan dengan dirinya.

Baca Juga: Tak Perlu Ragu, 5 Tanda Bahwa Pasangan Tulus Berkomitmen denganmu

5. Mengungkapkan rasa sayang melalui tindakan

8 Tanda Si Dia adalah Cinta Sejatimu, Apa Saja? Pixabay/Mircealancu

Tanda yang keempat ini gak boleh terlewat. Mengucapkan kalimat sayang itu relatif lebih mudah daripada menunjukkannya lewat tindakan.

Ketika kamu dan dirinya sama-sama mampu melakukannya, itu berarti kalian sudah berkomitmen. Kalian harus bisa menunjukkannya lewat perilaku. Salah satunya dengan menepati janji yang pernah kalian buat. Jadi, bukan sekadar ngomong "I love you"!

6. Bisa membangun rasa percaya yang kuat satu sama lain

8 Tanda Si Dia adalah Cinta Sejatimu, Apa Saja? pexels.com/@olly

Kepercayaan adalah salah satu pondasi utama di setiap hubungan manusia. Ketika kamu memercayai pasanganmu, kamu gak akan merasa terlalu rentan atau insecure dengan keberlangsungan hubungan kalian.

Ketika kamu merasa hubunganmu ini belum berlangsung kuat dan aman, seringnya ada sikap 'posesif' yang dilakukan. Kamu jadi banyak menuntut karena terlalu khawatir.

Rasa percaya yang kuat di antara kalian adalah salah satu tanda dari cinta sejati. Kalian akan saling menghargai satu sama lain. Hal itu ditunjukkan dari kuatnya kejujuran, keterbukaan, serta rasa percaya masing-masing.

7. Menjalin bentuk komunikasi yang sehat

8 Tanda Si Dia adalah Cinta Sejatimu, Apa Saja? IDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Untuk bisa menjalin hubungan yang harmonis, tentunya dibutuhkan komunikasi yang sehat. Seperti apa sih komunikasi yang sehat itu?

Itu adalah saat kamu bisa menceritakan seluruh hal kepada pasanganmu. Mulai dari hal yang besar atau pun kecil sampai persoalan yang menyenangkan atau menyedihkan.

Saat bercakap-cakap, kalian pun bisa memberikan reaksi yang baik. Kalian menjadi pendengar yang baik, memberikan solusi yang konstruktif, dan gak menghakimi cerita pasangan.

8. Saling melengkapi dan bahagia saat bersama

8 Tanda Si Dia adalah Cinta Sejatimu, Apa Saja? pexels.com/Снежана

Tanda yang terakhir ini mungkin gak kelihatan secara kasat mata. Tapi, yang jelas kamu akan tahu bahwa dia adalah orang yang kamu cari selama ini. Kamu dan dia saling melengkapi satu sama lain

Tindakan dan kehadirannya begitu berarti buatmu. Kamu mungkin akan merasa gak utuh ketika membayangkan perpisahan dengannya. Sedangkan ketika membayangkan masa depan, kamu merasa bahagia bersamanya.

Selain itu, perasaan ini haruslah terjadi di antara kedua belah pihak. Jika hanya kamu atau dia saja yang mengalami, mungkin ada sesuatu yang ganjil saat itu.

Itu dia beberapa tanda cinta sejati yang bisa menunjukkan si dia adalah orang yang tepat bagimu. Ada berapa tanda yang kamu temukan di diri pasanganmu?

Baca Juga: Ladies, Ini 7 Tanda Pacarmu Layak Jadi Suami Idaman

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya