Comscore Tracker

6 Tips Menjaga Kebersihan Miss V Selama Mudik

#RamadanMasaKini Biar aktivitasmu tetap nyaman, nih

Selama mudik dan lebaran aktivitas kita padat dengan perjalanan, acara silaturahmi, kumpul keluarga dan liburan. Untuk wanita, padatnya aktivitas pasti berdampak pada kondisi organ intim. Area sekitar vagina jadi mudah berkeringat dan meningkatkan kelembapan.

Banyak duduk selama perjalanan bikin vagina lembap dan sirkulasi udara kurang baik. Tapi banyak bergerak juga punya ancaman tersendiri, produksi keringat berlebih di sekitar organ intim rentan menjadi sarang kuman dan bakteri.

Untuk menjaga kebersihan vagina selama mudik dan Lebaran, simak enam tips di bawah ini.

1. Hindari keinginan menahan buang air kecil

6 Tips Menjaga Kebersihan Miss V Selama Mudikfreepik/spukkato

Padatnya lalu lintas saat mudik dan Lebaran membuat kita harus siap terjebak kemacetan. Kondisi yang lebih gak mengenakkan lagi adalah ingin buang air kecil saat terjebak macet, atau berada di area yang jauh dari fasilitas toilet umum.

Hindari menahan keinginan buang air kecil untuk menjaga kesehatan organ intim, terutama otot-otot di dalamnya. Begitu terasa ingin buang air kecil, segera cari toilet umum sebelum hasratnya semakin gak tertahan.

2. Pastikan membasuh bersih vagina dan mengelapnya hingga kering

6 Tips Menjaga Kebersihan Miss V Selama Mudikfreepik/jcomp

Pastikan kamu membasuh vagina dengan bersih setelah buang air kecil, lalu lap sampai kering. Ini berlaku di mana saja, baik di toilet umum atau di rumah. area sekitar organ intim yang basah bisa memicu kelembapan berlebih.

Biar lebih bersih, gunakan sabun atau cairan khusus pembersih vagina dua kali dalam sehari. Bisa memilih waktu saat mandi pagi dan sebelum tidur, atau setiap kali kondisi vagina terasa sudah sangat lembap.

Perhatikan juga saat memilih cairan pembersih vagina. Pilih yang memiliki pH rendah sekitar 3,5-4 dan hindari sabun dengan wewangian tambahan.

3. Hindari penggunaan celana dalam ketat

6 Tips Menjaga Kebersihan Miss V Selama Mudikbabiesnature.com

Pemicu kelembapan berlebih di area organ intim adalah penggunaan celana ketat baik di dalam maupun luar. Untuk celana dalam, pilih yang berbahan lembut dan gak memiliki jahitan tebal di bagian tepinya.

Ganti celana dalam setiap beberapa jam sekali jika kamu cukup banyak melakukan aktivitas. Keringat yang terserap di celana dalam bisa menjadi sarang kuman dan bakteri.

Selain itu, usahakan memilih celana luaran yang agak longgar. Jika kamu membutuhkan legging untuk dalaman rok atau gamis, pilih yang bahannya sangat lentur dan elastis sehingga meminimalisir kelembapan berlebih.

Baca Juga: Menstruasi Saat Mudik? Ini 5 Tips Menjaga Vagina Tetap Bersih

4. Gunakan pantyliner dan ganti secara teratur

6 Tips Menjaga Kebersihan Miss V Selama Mudikmedicalnewstoday.com

Menggunakan pantyliner tiap hari dalam waktu lama memang gak baik untuk organ intim. Tapi pantyliner tetap dibutuhkan di saat-saat tertentu untuk menampung cairan berlebih dari dalam vagina maupun di sekitar organ intim.

Saat perjalanan mudik kamu akan lebih banyak menghabiskan waktu dalam posisi duduk. Kondisi ini membuat area sekitar organ intim lebih lembap, dan cairan yang diproduksi dari dalam vagina tertahan di sana. Menggunakan pantyliner akan membantu menyerapnya.

Pantyliner juga membantu kamu yang aktif bergerak selama momen Lebaran. Berpindah-pindah tempat kunjungan pasti membuat area sekitar organ intim berkeringat.

Penting untuk diperhatikan, segera ganti pantyliner dengan yang baru begitu ada kesempatan. Kontak antara kulit organ intim dengan permukaan pantyliner basah dalam waktu lama bisa memicu iritasi.

5. Batasi konsumsi makanan pedas dan berbumbu tajam

6 Tips Menjaga Kebersihan Miss V Selama MudikPexels/Chan Walrus

Hidangan Idulfitri khas Indonesia memang sangat beragam dan lezat. Hampir semuanya memiliki bumbu yang kuat dan beberapa bercita rasa pedas. Disantap ramai-ramai bersama sanak saudara pasti bikin makin lahap.

Tapi perlu diperhatikan nih, makanan dengan rempah kuat dan rasa pedas memicu produksi gas berlebih serta memengaruhi aroma cairan yang keluar dari tubuh. Salah satu dampaknya adalah memunculkan aroma kurang sedap pada vagina.

Bukan berarti gak boleh menikmati kudapan khas Lebaran ya, hanya dibatasi saja jangan sampai berlebihan.

6. Biarkan vagina bernapas di malam hari

6 Tips Menjaga Kebersihan Miss V Selama Mudikcupofjo.com

Malam hari setelah kegiatan silaturahmi dan kumpul keluarga selesai, biarkan vagina bernapas dengan melepas celana dalam saat tidur. Gunakan juga baju tidur nyaman, lebih baik lagi yang berupa daster atau blus terusan.

Sirkulasi udara yang baik di sekitar organ intim membantunya menormalkan kembali kadar pH, kelembapan dan koloni bakteri baik.

Ikuti enam tips di atas supaya vagina tetap bersih dan sehat selama mudik Lebaran, ya. Aktivitasmu dijamin jadi lebih nyaman dan menyenangkan. Selamat merayakan Idulfitri.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Topic:

  • Mela Hapsari

Just For You