Comscore Tracker

7 Tips yang Kamu Wajib Tahu Sebelum Memulai Skincare Routine

Biar hasilnya oke di kulitmu

Kulit wajah sehat dan awet muda sudah menjadi kebutuhan semua kalangan. Tak hanya perempuan, laki-laki juga telah mulai memilih memakai skincare agar penampilan lebih maksimal.

Namun bagi pemula, pernah gak sih kamu merasa bingung saat akan mencoba skincare? Banyaknya produk dan tahapan-tahapan seringkali membuatmu takut salah langkah. Oleh karena itu, ada baiknya kamu mengikuti 7 tips berikut.

1. Jangan langsung membeli dan mencoba banyak produk, mulailah dari dasar terlebih dahulu

7 Tips yang Kamu Wajib Tahu Sebelum Memulai Skincare Routinestandard.co.uk

Karena saking ngebetnya kamu untuk menggunakan skincare, akhirnya kamu tidak berpikir panjang dan membeli setiap macam produk skincare yang ada. Padahal untuk pemula, kamu bisa memulainya dari 4 produk dasar terlebih dahulu. Seperti cleanser, toner, moisturizer, dan sunscreen. Semua produk ini memiliki fungsi yang berbeda-beda, namun keempatnya memang dianjurkan bagi kamu yang baru saja masuk di dunia skincare. Jadi jangan serakah ya, lakukanlah secara bertahap.

2. Pilih sesuai kebutuhan

7 Tips yang Kamu Wajib Tahu Sebelum Memulai Skincare Routineprofessionalbeauty.com.au

Jangan pernah sekali-kali kamu tergoda dengan berbagai macam produk yang khasiatnya begitu menggiurkan. Padahal sebenarnya manfaat itu tidak begitu kamu perlukan untuk saat ini. Cobalah fokus untuk memperbaiki masalah kulit kamu terlebih dahulu. Fokuslah pada satu permasalahan, baru setelah itu kamu bisa bereksperimen dengan kebutuhan selanjutnya.

3. Beri jarak waktu

7 Tips yang Kamu Wajib Tahu Sebelum Memulai Skincare Routinebeautyheaven.com.au

Saat kamu mencoba produk skincare, alangkah baiknya jika kamu memberi jarak waktu pada pemakaiannya. Misalnya ketika kamu mencoba satu produk, mulailah memakainya seminggu sekali, lalu meningkatkan frekuensi menjadi dua kali seminggu lalu tiga kali seminggu. Ini bermanfaat memberi kulit kamu waktu untuk beradaptasi pada produk yang kamu gunakan. Sehingga kulitmu tidak terlalu kaget yang akhirnya malah bisa menimbulkan efek samping yang kurang baik.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Coba Skincare dan Makeup Lokal

4. Membeli versi 'share in jar', untuk memastikan bahwa produk tersebut benar-benar cocok dengan kulitmu

7 Tips yang Kamu Wajib Tahu Sebelum Memulai Skincare Routinecfbloggers.org

Beberapa produk skincare tak jarang berharga fantastis. Sebagai pemula, akan menjadi sebuah pemborosan ketika kamu membeli produk mahal, namun produk itu tidak cocok dengan kulit kamu. Oleh karena itu trik yang bisa kamu lakukan adalah dengan membeli produk kemasan ''share in jar'. Biasanya versi ini bisa kamu temukan di online shop.
Nah, baru ketika kamu telah memastikan bahwa itu cocok, kamu bisa melanjutkan untuk membeli produknya dalam kemasan penuh. Begitupun bila ternyata tidak cocok, uang yang kamu keluarkan tidak akan begitu terkuras karena membeli produknya.

5. Pelajari tahap dan panduan sebelum memakainya

7 Tips yang Kamu Wajib Tahu Sebelum Memulai Skincare Routinemedicalnewstoday.com

Sebagai pemula, bisa dikatakan kamu belum begitu terampil dalam pemakaian skincare. Oleh karena itu, mempelajari tahap dan cara penggunaan merupakan hal yang cukup penting untuk memulai penggunaan skincare. Meskipun terdengar sepele dan mudah, tapi kesalahan sedikit bisa saja membuat skincare yang kamu gunakan tidak menimbulkan efek yang maksimal.

6. Pastikan kamu membersihkan wajah dengan double cleansing

7 Tips yang Kamu Wajib Tahu Sebelum Memulai Skincare Routineallure.com

Double cleansing selalu menjadi hal yang paling utama. Kamu harus memastikan bahwa wajah sudah benar-benar bersih dari kotoran sebelum mengaplikasikan produk lain agar skincare yang kamu gunakan bisa bekerja optimal. Jika kamu tidak menerapkan double cleansing ini pada rutinitas skincare awal kamu, bukan tidak mungkin produk yang seharusnya memberikan manfaat kecantikan malah mendatangkan kerugian yang tidak pernah kamu duga sebelumnya.

7. Stop pemakaian jika efek sampingnya cukup parah pada kulit

7 Tips yang Kamu Wajib Tahu Sebelum Memulai Skincare Routineallure.com

Jika produk skincare menimbulkan masalah yang cukup parah pada kulit wajah, seperti bruntusan, jerawat yang parah, atau bahkan iritasi dan kemerahan, segera hentikan pemakaian. Karena itu bisa menjadi tanda bahwa produk tersebut tidak cocok di kulit kamu. Agar tidak terulang, coba kamu lihat kandungannya dan jangan menggunakan kembali produk dengan komposisi yang sama untuk skincare lainnya.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa kamu coba saat memutuskan untuk membeli dan menggunakan skincare. Selamat memilih skincare, girls!

Baca Juga: 7 Tips Beli Skincare Buat Kamu yang Punya Budget Terbatas

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Siti Andini di IDN Times Community dengan judul 7 Tips yang Wajib Kamu Pahami Sebelum Memulai Skincare Routine

Topic:

  • Mela Hapsari

Just For You