Comscore Tracker

Dry Shampoo, Cuci Rambut Tanpa Air

Bukan untuk menggantikan shampoo biasa

Mencuci rambut dengan air seringkali ribet dan menyita waktu. Belum lagi rambut mesti dikeringkan dan ditata. Buat kamu yang sering nggak punya waktu untuk mencuci rambut, sry shampoo bisa jadi solusi.

Mungkin kamu pernah mendengar dry shampoo, tapi belum paham manfaat dan cara pemakaiannya. Rambut seringkali disebut sebagai mahkota dari penampilan keseluruhan seseorang. Kalau rambut terlihat kusam atau lepek, penampilan kamu pun juga akan terlihat lusuh. Solusi paling cepat menghilangkan rambut lepek dan kusam, terutama di tengah aktivitas adalah menggunakan dry shampoo.

Komposisi dry shampoo terdiri dari ekstrak jagung, beras dan havermut. Kandungan tersebut kaya akan lemak, yang dapat membantu membersihkan dan menyerap minyak rambut, tanpa perlu dibilas dengan air. Dengan penggunaan produk ini, rambut akan kembali terlihat mengembang, harum dan mudah ditata. Penggunaannya pun dapat terbilang praktis, tidak perlu sabun atau air dan kamu hanya membutuhkan waktu singkat. 

Namun, apakah penggunaan dry shampoo aman untuk rambut kamu? Dan apakah dry shampoo dapat menyebabkan masalah kulit kepala atau rambut rontok? Berikut adalah tiga hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan dry shampoo.

1. Bagaimana cara kerja dry shampoo?

Dry Shampoo, Cuci Rambut Tanpa Airmatrix.com

Pada dasarnya, dry shampoo adalah butiran partikel nano yang menyerupai bedak yang bekerja menyerap kelebihan minyak di rambut dan kulit kepala. Selain menyerap minyak, dry shampoo juga dapat membuat rambut mengembang dan memberi volume pada rambut sehingga akan lebih mudah dibentuk. Tidak lebih dari 5 menit, rambut akan terlihat seperti usai keramas!

Baca Juga: 5 Dry Shampoo Terbaik untuk Kamu Pemilik Rambut Kering

2. Dry shampoo tidak dijadikan pengganti ritual keramas

Dry Shampoo, Cuci Rambut Tanpa Airthefurrycouch.com

Walau memiliki fungsi yang cukup sama, dry shampoo tidak dapat digunakan sebagai ritual sehari-hari unutk menggantikan air dan shampo, ya. Shampo dibuat dengan berbagai formula bertujuan membersihkan sisik kulit kepala dan kuman. Nah, formula seperti ini tidak ditemukan dalam dry shampoo, girls

Penggunaannya pun tidak boleh terlalu sering dalam satu hari pemakaian. Hanya pada saat rambut terlihat sangat berminyak dan lepek. Cukup semprotkan pada akar rambut, lalu diusap-usap.

3. Perhatikan kandungan yang terdapat pada produk dry shampoo

Dry Shampoo, Cuci Rambut Tanpa Airchagrinvalleysoapandsalve.com

Girls, saat memilih dry shampoo, jangan lupa untuk memperhatikan kandungan yang ada dalam produk tersebut. Pilihlah dry shampoo yang menggunakan bahan alami. Ternyata, banyak dry shampoo yang dijual di pasar mengandung bedak talkum yang dapat menjadi penyebab penyakit kanker, lho.

Selain itu, perhatikan juga tekstur rambut kamu, karena dry shampoo dapat membuat rambut tampak lebih mengembang, buat kamu yang memiliki rambut kering, keriting, atau bergelombang, harus mengetahui cara pemakaian yang tepat. Pemakaian yang berlebihan akan membuat rambut megar dan justru tidak akan membantu memperindah rambut.

Terlalu banyak menggunakan dry shampoo dapat membuat rambut menjadi kering dan terjadi timbunan di kulit kepala, girls. Hal ini akan memperburuk kondisi rambut kamu jika memiliki masalah ketombe.

Dry shampoo memang aman digunakan beberapa kali di antara waktu keramas, namun kamu harus ingat bahwa dry shampoo bukan untuk membersihkan kulit kepala, ya.

Tetap sempatkan waktu untuk keramas biasa dengan air untuk menjaga rambut dan kulit kepalamu tetap bersih, sehat, dan wangi.

 

Baca Juga: Rambut Sering Lepek? Bikin Dry Shampoo Sendiri Yuk!

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya