Comscore Tracker

Pilih CD Biasa atau Boxer, Ternyata Bisa Pengaruhi Jumlah Spermamu

Celana dalam jenis apa yang sering kamu pakai?

Pria memilih menggunakan celana boxer atau celana dalam (briefs) bisa jadi hanya sekadar masalah kenyamanan. Meskipun demikian, masih banyak juga yang memilih menggunakan celana dalam (lebih ketat),  karena lebih banyak beredar di pasaran dan harganya lebih terjangkau.

Perlu diketahui bahwa menggunakan celana dalam yang cenderung lebih ketat ternyata berpengaruh, loh terhadap jumlah spermamu. Berikut penjelasannya!

1. Pria yang memakai boxer memiliki jumlah sperma yang lebih banyak daripada yang memakai celana dalam

Pilih CD Biasa atau Boxer, Ternyata Bisa Pengaruhi Jumlah Spermamuamazon.com

Studi yang dilakukan kepada 600 pria menunjukkan bahwa pria yang menggunakan boxer memiliki jumlah sperma yang lebih banyak dari celana dalam atau joki. Temuan menunjukkan bahwa pakaian ketat merusak produksi sperma. Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Human Reproduction pada 8 Agustus 2018.

2. Meski begitu penelitian tidak mencakup apakah pria yang memakai celana dalam ketat memiliki kesempatan "menghasilkan" anak lebih rendah ketimbang yang memakai boxer

Pilih CD Biasa atau Boxer, Ternyata Bisa Pengaruhi Jumlah Spermamustandard.co.uk

Meski begitu, penelitian ini gak melihat efek dari pergantian celana dalam atau memeriksa apakah mengenakan celana ketat berpeluang lebih rendah untuk memiliki keturunan. Namun, hal tersebut masuk akal mengingat jumlah sperma yang rendah gak selalu berarti kesuburan rendah, terlebih karena jumlah sperma bervariasi.

3. Pada kenyataannya, meneliti kesuburan pria lebih mudah dengan cara mengetahui jumlah sperma daripada tingkat kehamilan

Pilih CD Biasa atau Boxer, Ternyata Bisa Pengaruhi Jumlah Spermamuaskmen.com

Menurut Dr. Sarah Vij, seorang urologi dari Cleveland Clinic, jumlah sperma pria dapat sangat bervariasi dari minggu ke minggu. Menurutnya, banyak studi tentang kesuburan pria namun meneliti jumlah sperma lebih mudah daripada tingkat kehamilan. 

Baca Juga: 5 Cara Cepat Membentuk Otot Tubuh yang Sering Terlewatkan Menurut Ahli

4. Suhu testis yang tinggi berdampak negatif pada kualitas sperma

Pilih CD Biasa atau Boxer, Ternyata Bisa Pengaruhi Jumlah Spermamuiamthegreatunwashed.com

Pakaian lebih ketat, seperti celana dalam berpotensi menyebabkan suhu testis lebih tinggi karena mendekatkan testis dekat dengan tubuh. Sementara jika kamu menggunakan boxer yang memiliki bentuk seperti celana pendek, akan memberikan ruang untuk testismu lebih lega.

5. Pria yang menggunakan boxer punya konsentrasi sperma 25 persen lebih tinggi dan 33 persen lebih banyak berenang dalam satu ejakulasi

Pilih CD Biasa atau Boxer, Ternyata Bisa Pengaruhi Jumlah Spermamuchaivf.com

Sebuah studi di Rumah Sakit Umum Massachusetts melibatkan 656 pria umur 30-an yang ingin melakukan perawatan infertilitas dengan pasangan mereka. Mereka diminta memberikan sampel air mani dan darah serta diminta memberitahu jenis pakaian dalam yang biasa dipakai.

Sebanyak 53 persen mengatakan mereka biasanya memakai boxer. Meski begitu, rata-rata mereka memiliki konsentrasi sperma normal, sekitar 15 juta sperma per mililiter air mani.

Namun, pria yang memakai boxer memiliki jumlah sperma 25 persen lebih banyak. Selain itu, sperma yang berenang dalam satu ejakulasi pun lebih banyak 33 persen. Temuan tersebut pun mempertimbangkan kesehatan sperma, seperti tingkat kegemukan, aktivitas fisik, kebiasaan mandi air panas, dan rokok.

6. Pria yang memakai celana dalam ketat memiliki tingkat hormon yang lebih tinggi

Pilih CD Biasa atau Boxer, Ternyata Bisa Pengaruhi Jumlah Spermamuhiveminer.com

Ternyata, pria yang memakai celana dalam ketat memiliki tingkat hormon yang lebih tinggi atau disebut follicle stimulating hormone (FSH) yang berfungsi merangsang produksi sperma. Itu berarti produksi sperma yang menurun mengirimkan sinyal otak untuk meningkatkan kadar FSH yang bertujuan mengimbangi produksi sperma.

7. Jadi, apakah perlu ganti celana dalam?

Pilih CD Biasa atau Boxer, Ternyata Bisa Pengaruhi Jumlah Spermamuthesuperfundco.com.au

Menurut Dr. Michael Eisenberg, direktur pengobatan reproduksi dan bedah Fakultas Kedokteran Universitas Stanford mengatakan bahwa sebaiknya pria memilih jenis pakaian dalam dan nyaman. Perlu penelitian lebih lanjut tentang penggunaan celana dalam ini. Meski begitu, sepertinya mulai sekarang kamu juga perlu memerhatikan tingkat keketatan dan suhu organ vitalmu.

Jadi mana yang jadi pilihanmu, celana dalam biasa atau boxer? Kalau selama ini kamu sudah terlanjur terbiasa pakai celana dalam ketat, cobalah pilih yang lebih nyaman dan tak terlalu ketat agar tak mempengaruhi kualitas sperma yang berhubungan dengan kemampuan repoduksimu. 

Baca Juga: Minum Air Putih di Pagi Hari Itu Penting Banget Lho! Ini Alasannya

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya