Comscore Tracker

Ingin Otot Kaki Terbentuk Lebih Cepat, Lakukan 4 Gerakan Ini

Membentuk otot kaki tak sulit bila rutin latihan

Samarinda, IDN Times - Tidak hanya tubuh bagian atas yang sedap dipandang, tetapi bagian paha hingga betis juga terlihat kukuh dan terpahat otot-otot kaki yang sempurna.

Tidak sulit untuk membentuk otot kaki, sebab setiap aktivitas melibatkan kaki baik untuk berjalan atau berlari. Otot kaki sudah terbentuk dari aktivitas tersebut.

Tetapi, jika ingin lebih membentuk otot tersebut pastinya dengan latihan teratur. Squat menjadi pilihan tepat dan latihan yang cukup efektif dalam membentuk massa otot semakin besar.

1. Gerakan barbell squat

Ingin Otot Kaki Terbentuk Lebih Cepat, Lakukan 4 Gerakan Inifashionbeans.com

Dewanda Putera Utama trainer pusat gym Swissbell Hotel Samarinda menunjukkan beberapa gerakan variasi squat untuk mempercepat prosesnya.

"Yang pasti, setiap melakukan variasi squat, posisi punggung harus tetap tegak. Tidak bungkuk ataupun membusung. Sebab cedera akan terjadi jika salah posisi," terangnya

Gerakan sederhana squat bisa divariasikan dengan mengangkat barbell alias barbell squat. Sambil melebarkan kaki sejajar dengan bahu, tekuk lutut kamu hingga 40 derajat. Pastikan punggung lurus dan bokong membusung. Genggam bar beban dan angkat hingga sejajar dengan dada. Gerakan barbell squat baik untuk melatih otot paha bagian depan.

"Untuk beban yang diangkat pastikan sesuai kemampuan. Kalau latihan setiap hari, besar beban yang diangkat pasti bertambah. Jadi jangan terus di zona aman atau mengangkat yang bukan kapasitasnya. Lakukan gerakan ini dengan pengawasan trainer," jelas Dewa.

Baca Juga: Yuk Jadikan Rutinitas, Ini 6 Manfaat Penting Squat bagi Kesehatan 

2. Melakukan sumo squat

Ingin Otot Kaki Terbentuk Lebih Cepat, Lakukan 4 Gerakan Iniopenfit.com

Lalu gerakan lainnya ada sumo squat. Disebut sumo karena gerakan kaki mendominasi seperti olahraga sumo. Lebarkan kedua kaki dengan jarak sekitar 50 sentimeter (cm), lebih lebar dari barbell squat. Sementara itu, kedua tangan memegang beban yang digenggam di depan perut. Tekuk lutut 40 derajat dan kembali tegak.

"Gerakan ini baik untuk melatih otot gluth atau bokong dan paha. Karena kaki akan bekerja lebih keras saat sumo squat," lanjutnya.

3. Dumbell hamstring curl

Ingin Otot Kaki Terbentuk Lebih Cepat, Lakukan 4 Gerakan Inijefit.com

Kemudian yang ketiga adalah gerakan dumbell hamstring curl. Gerakan ini menggunakan mesin gym untuk membantu postur serta gerakan tepat. Caranya, rebahkan badan kamu secara tengkurap di atas kursi panjang yang tersedia. Lalu tekuk kedua kaki hingga membentuk siku.

"Letakkan dumbell atau beban di daerah kaki. Sementara itu kedua tangan juga mengangkat beban. Gerakan ini mampu membentuk otot paha bagian belakang. Jadi pahatan tubuh semakin sempurna," ucapnya.

4. Tutup gerakan dengan smith machine calf raise

Ingin Otot Kaki Terbentuk Lebih Cepat, Lakukan 4 Gerakan Inibodybuilding.com

Terakhir adalah gerakan smith machine calf raise. Lagi-lagi gerakan ini menggunakan mesin gym. Seperti namanya, gerakan ini bukanlah variasi squat. Namun juga dapat membentuk otot kaki dengan cara berdiri.

Letakkan ujung kaki kamu di atas tapak mesin gym yang sudah tersedia. Ajak kedua tangan menggenggam beban atau tiang mesin dan tungkai kaki seperti menjinjit. Kata Dewa, gerakan ini baik untuk membentuk otot betis.

"Keempat gerakan ini tidak perlu dilakukan secara tersusun, bisa acak. Yang penting rutin dan tidak lupa untuk latihan fisik lainnya agar semua otot terbentuk," tutup dia.

Baca Juga: Yuk Jadikan Rutinitas, Ini 6 Manfaat Penting Squat bagi Kesehatan 

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya