Jokowi Kirim Bunga ke Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Untuk Apa?

Kemenlu membenarkan pengiriman bunga 4 warna itu

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo diberitakan mengirim karangan bunga kepada pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un.

Dikutip dari Pyongyang Times, Kamis (24/9/20202), karangan bunga tersebut dikirim sebagai ucapan hari jadi ke-72 Korea Utara.

Baca Juga: Kim Jong-Un Larang Warga Korut Tiru Gaya Drakor, Penjara Menanti

1. Kemenlu benarkan pengiriman bunga dari Jokowi ke Kim Jong Un

Jokowi Kirim Bunga ke Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Untuk Apa?Karangan Bunga yang dikirimkan Presiden Jokowi kepada KIm Jong Un (Pyongyang Times)

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah membenarkan pengiriman bunga tersebut. Ia juga mengonfirmasi tujuan dari pengiriman buket bunga dengan nuansa merah, putih, kuning, dan ungu tersebut.

"Presiden RI dalam rangka HUT ke-72 The Founding Day of the DPRK (Republik Rakyat Demokratik Korea) telah menyampaikan surat ucapan selamat dan telah juga disampaikan bingkisan bunga," kata Faizasyah kepada IDN Times melalui pesan singkat.

2. Sekretariat Presiden mengaku tidak memonitor pengiriman karangan bunga tersebut

Jokowi Kirim Bunga ke Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Untuk Apa?Presiden Joko Widodo dalam Acara Pengucapan Sumpah Anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan pada Rabu (23/9/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Sementara saat dikonfirmasi ke Sekretariat Presiden, mereka mengaku tidak memonitor pengiriman karangan bunga kepada orang nomor satu di Korea Utara tersebut.

"Saya tidak monitor itu, tidak ada dari Sekretariat Presiden," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono saat dikonfirmasi oleh IDN Times

3. Indonesia memiliki kedutaan di Pyongyang, Korea Utara

Jokowi Kirim Bunga ke Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, Untuk Apa?Kim Jong-Un berjalan dengan Presiden Korsel, Moon Jae-In (ANTARA FOTO/Korea Summit Press Pool/Pool via REUTERS)

Dari sedikit negara di dunia, Indonesia salah satu dari negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Korea Utara.

Untuk menopang hubungan tersebut, Indonesia juga memiliki kedutaan di Pyongyang. Bukan hanya Indonesia, tetapi Korea Utara juga memiliki Kedutaan Besar di DKI Jakarta.

Baca Juga: Korut Akhirnya Terpapar COVID-19, Kim Jong-Un Lockdown Kota Kaesong

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya