Comscore Tracker

Catat! Selama Libur Lebaran 3 Bank BUMN Ini Memilih Tetap Beroperasi 

Selamat Idulfitri 1441 Hijriah ya!

Jakarta, IDN Times - Lazimnya jelang libur Lebaran atau Idulfitri 1441 Hijriah sebagian kantor menutup layanan, namun sejumlah bank BUMN memilih tetap beroperasi layani masyarakat. Lembaga jasa keuangan ini pun telah mempersiapkan jadwal pelayanan atau jam operasional.

Meski demikian, jadwal pelayanan perbankan tentu dibatasi. Untuk membantu kamu, IDN Times telah merangkum beberapa jadwal operasional perbankan BUMN. Yuk simak!

1. Bank BNI

Catat! Selama Libur Lebaran 3 Bank BUMN Ini Memilih Tetap Beroperasi Ilustrasi pelayanan di BNI selama pandemi (IDN Times / Istimewa)

PT Bank Negara Indonesia Tbk atau Bank BNI hanya membuka sebanyak 23 outlet selama masa libur Lebaran pada 22, 22, 23, dan 25 Mei 2020. Direktur Layanan dan Jaringan BNI Adi Sulistyowati mengatakan 23 outlet tersebut akan menyediakan layanan penerimaan Online Payment Banking System (OPBS) Pertamina pada empat hari tersebut, dengan jam operasi mulai pukul 10.00-12.00 waktu setempat.

"Dengan demikian, selama masa libur tanggal 21, 22, 23, dan 25, seluruh outlet BNI libur, kecuali di 23 outlet. Namun, khusus pada hari pertama Idul Fitri 1441 H, tanggal 24 Mei 2020, seluruh outlet kami tutup. Mulai tanggal 26 Mei 2020, operasional berjalan seperti biasa," katanya beberapa waktu lalu

Susi melanjutkan, layanan perbankan tetap dapat diberikan melalui channel-channel elektronik BNI setiap harinya selama 25 jam, baik via ATM, internet banking, SMS banking, mobile banking, Agen46, maupun Call Center BNI.

"Kami juga mengoptimalkan layanan digital dalam pembukaan rekening atau BNI Sonic di 126 lokasi," kata Susi.

Adapun sebanyak 18.669 ATM atau CRM BNI juga siap digunakan untuk transaksi dan tersebar di lokasi strategis. Nasabah juga dapat memanfaatkan fasilitas transfer online hingga Rp 400 juta melalui BNI Mobile Banking.

2. Bank Mandiri

Catat! Selama Libur Lebaran 3 Bank BUMN Ini Memilih Tetap Beroperasi IDN Times/ Dhana Kencana

Selama Lebaran Idulfitri 1441 Hijriah pada  21-25 Mei, sebanyak 121 kantor cabang Bank Mandiri tetap beroperasi namun terbatas. Mandiri akan memberikan layanan sejak pukul 09.00-14.00. Meski demikian, khusus pada 24 Mei 2020 yang bertepatan dengan perayaan Idulfitri, seluruh kantor Bank Mandiri tidak beroperasi.

Direktur Operasi Bank Mandiri Panji Irawan mengatakan, layanan perbankan yang diberikan pada periode tersebut meliputi cek saldo, setor dan tarik tunai, pemindahbukuan, penggantian kartu, pembukaan blokir, serta pembayaran delivery order SPBU ke Pertamina.

“Tahun ini, jumlah cabang yang beroperasi memang lebih sedikit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya karena mengikuti pemberlakuan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah wilayah di Indonesia untuk memutus rantai penyebaran COVID-19,” kata Panji melalui keterangannya.

Adapun informasi lengkap tentang cabang-cabang yang operasional pada periode libur tersebut dapat diakses melalui link bmri.id/operasionalcabang serta layanan Mandiri Call 14000.

Sementara itu, untuk transaksi tarik tunai, transfer antar cabang dan pembayaran bulanan, Panji menambahkan, nasabah dapat melakukan melalui jaringan elektronik Bank Mandiri yang meliputi 18.291 unit Mandiri ATM, yang terhubung ke jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus, lebih dari 250 ribu unit mesin EDC yang tersebar di seluruh Indonesia, serta layanan Mandiri Online, Mandiri e-money, dan Mandiri cash management.

Di samping layanan elektronik, Bank Mandiri juga memiliki lebih dari 58.000 mandiri agen yang tersebar di berbagai pelosok Indonesia. Mandiri agen ini menjadi kepanjangan tangan Bank Mandiri dalam membantu nasabah melakukan transaksi keuangan seperti tarik dan setor tunai, transfer antar rekening Mandiri dan bank lain, pembayaran PLN, BPJS, serta pembelian pulsa.

3. Bank BRI

Catat! Selama Libur Lebaran 3 Bank BUMN Ini Memilih Tetap Beroperasi IDN Times/Bank BRI

Bank pelat merah yang satu ini memastikan kesiapan jaringan kantor dan e-channel. Sebanyak 236 Kantor BRI di seluruh Indonesia telah disiagakan untuk memberikan layanan terbatas bagi masyarakat serta penebusan setoran BBM atau non BBM dari Pertamina dan Bulog.

"Selain itu, 17 Kantor BRI melayani pick-up services ASDP dan 62 Kantor BRI melayani pick up services Garuda Indonesia,” imbuh Direktur Jaringan dan Layanan BRI, A Solichin Lutfiyanto, melalui keterangannya.

Khusus untuk e-channel, BRI telah menyiapkan 18.667 mesin ATM dan 3.809 mesin CRM yang tersebar di seluruh Indonesia.

Topic:

  • Yuda Almerio Pratama Lebang

Berita Terkini Lainnya