Comscore Tracker

Turis Tiongkok Positif Corona Setelah dari Bali, Ini Kata Kemenkes

Kemenkes akan mengadakan jumpa pers terkait kondisi Bali

Jakarta, IDN Times - Isu turis Tiongkok yang terinfeksi virus corona setelah pelesiran ke Denpasar Bali menyebar cepat, Kementerian Kesehatan pun membantah adanya kabar tersebut. Maklum saja, endemik asal Wuhan, Tiongkok tersebut memang menjadi momok menakutkan di seluruh dunia.

"Tidak bisa diambil kesimpulan begitu (di Bali ada virus corona)," kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Anung Sugihantono, kepada IDN Times, Kamis (13/2).

Baca Juga: Beberapa Hari Pulang dari Bali, Turis Tiongkok Positif Virus Corona

1. Kementerian Kesehatan bakal mengadakan jumpa pers terkait kondisi di Pulau Dewata

Turis Tiongkok Positif Corona Setelah dari Bali, Ini Kata KemenkesIlustrasi virus Corona (IDN Times/Mia Amalia)

Namun demikian, Anung enggan buru-buru memberi penjelasan detail mengenai turis yang mengklaim terkena virus corona setelah pulang dari Pulau Dewata, termasuk kondisi sebenarnya di Bali saat ini.

"Nanti di press conference. Semua orang pengin dijelaskan," pintanya.

2. Turis asal Tiongkok bernama Jin mengklaim terinfeksi virus corona sepulang dari Bali

Turis Tiongkok Positif Corona Setelah dari Bali, Ini Kata KemenkesIDN Times/Arief Rahmat

Sebelumnya, seorang turis asal Tiongkok bernama Jin mengklaim terinfeksi virus corona sepulang dari Bali pada akhir Januari lalu. Informasi ini dikeluarkan oleh otoritas di Huainan, Provinsi Anhui, Tiongkok. Saat ini pemerintah Indonesia masih berupaya mengonfirmasinya.

Dikutip The Straits Times, Tiongkok mengumumkan hal ini pada 6 Februari lalu melalui media sosial Weibo. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Huaian menyampaikan pada sehari sebelumnya bahwa warga yang hanya diidentifikasi sebagai Jin itu terbang dari Wuhan ke Bali pada 22 Januari. Lalu, ia melakukan penerbangan ke Shanghai pada 28 Januari.

Otoritas kesehatan di Huainan menyebut Jin menjadi pasien pada 5 Februari setelah dikonfirmasi terinfeksi virus corona. Tiongkok pun mengungkap bahwa pasien itu ada dalam penerbangan Lion Air JT2618 saat menuju Bali dan Garuda Indonesia GA858 ketika kembali ke negaranya.

3. Hingga Kamis siang sebanyak 1.365 orang meninggal dunia akibat virus corona

Turis Tiongkok Positif Corona Setelah dari Bali, Ini Kata KemenkesIlustrasi virus Corona. (IDN Times/Mia Amalia)

Wabah virus corona yang terjadi di daratan Tiongkok tak bisa dibendung dan terus memakan korban. Hingga Kamis (13/2) siang, tercatat ada 1.365 orang meninggal dunia akibat virus tersebut. Dua kasus di antaranya terjadi di Hong Kong dan Filipina sedangkan sisanya sebanyak 1.363 terjadi di Tiongkok.

Baca Juga: [UPDATE] Korban Meninggal Akibat Virus Corona Bertambah Jadi 1.365 Orang

Topic:

  • Yuda Almerio

Berita Terkini Lainnya