Kementerian Kesehatan Bantah Ada Kasus Virus Corona di Bali 

Turis Tiongkok klaim terkena virus corona sepulang dari Bali

Jakarta, IDN Times - Kementerian Kesehatan membantah ada kasus covid-19 atau virus corona di Provinsi Bali. Sebelumnya ada turis asal Tiongkok yang mengklaim dirinya terpapar virus corona setelah pulang dari Bali.

"Tidak bisa diambil kesimpulan begitu (di Bali ada virus corona)," kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Anung Sugihantono, kepada IDN Times, Kamis (13/2).

Baca Juga: Beberapa Hari Pulang dari Bali, Turis Tiongkok Positif Virus Corona

1. Kementerian Kesehatan akan memberikan keterangan kepada publik

Kementerian Kesehatan Bantah Ada Kasus Virus Corona di Bali Ilustrasi virus Corona (IDN Times/Mia Amalia)

Kendati begitu Anung belum ingin menjelaskan kondisi di Bali, sehingga turis tersebut mengklaim terkena virus corona setelah pulang dari Pulau Dewata.

"Nanti di press conference. Semua orang pingin dijelaskan," ujarnya.

2. Pasien bernama Jin dilaporkan terinfeksi virus corona setelah pulang dari Bali

Kementerian Kesehatan Bantah Ada Kasus Virus Corona di Bali IDN Times/Arief Rahmat

Sebelumnya, seorang turis asal Tiongkok bernama Jin mengklaim terinvesi virus corona sepulang dari Bali pada akhir Januari lalu. Informasi ini dikeluarkan oleh otoritas di Huainan, Provinsi Anhui, Tiongkok. Saat ini pemerintah Indonesia masih berupaya mengonfirmasinya.

Dikutip The Straits Times, Tiongkok mengumumkan hal ini pada 6 Februari lalu melalui media sosial Weibo. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Huaian menyampaikan pada sehari sebelumnya bahwa warga yang hanya diidentifikasi sebagai Jin itu terbang dari Wuhan ke Bali pada 22 Januari. Lalu, ia melakukan penerbangan ke Shanghai pada 28 Januari.

Otoritas kesehatan di Huainan menyebut Jin menjadi pasien pada 5 Februari setelah dikonfirmasi terinfeksi virus corona. Tiongkok pun mengungkap bahwa pasien itu ada dalam penerbangan Lion Air JT2618 saat menuju Bali dan Garuda Indonesia GA858 ketika kembali ke negaranya.

3. Hingga Kamis siang sebanyak 1.365 orang meninggal dunia akibat virus corona

Kementerian Kesehatan Bantah Ada Kasus Virus Corona di Bali Ilustrasi virus Corona. (IDN Times/Mia Amalia)

Wabah virus corona yang terjadi di daratan Tiongkok terus memakan korban. Hingga Kamis (13/2) siang, tercatat ada 1.365 orang meninggal dunia akibat virus tersebut. Dua kasus di antaranya terjadi di Hong Kong dan Filipina sedangkan sisanya sebanyak 1.363 terjadi di Tiongkok.

Baca Juga: [UPDATE] Korban Meninggal Akibat Virus Corona Bertambah Jadi 1.365 Orang

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya