Menteri Susi Geram, Laut Indonesia Jadi Omongan Dunia Gara-gara Ini

Negara asing dengan gampang buang limbah ke laut kita loh!

Jakarta, IDN Times - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudji Astuti, membeberkan ternyata laut Indonesia dan Filipina sering dijadikan tempat pembuangan limbah oleh negara asing. Hal ini lah, ternyata yang menjadi salah satu penyebab laut Indonesia terancam.

"Sebetulnya laut Indonesia terancam sudah lama, karena banyak praktik-praktik di bidang oil di laut kita. Jadi Indonesia dan Filipina ini dikenal oleh kalangan pembuang limbah sebagai tempat pembuangan minyak kotoran," katanya, di Jakarta, Kamis (1/8).

1. Sudah bukan hal lumrah yang terdengar

Menteri Susi Geram, Laut Indonesia Jadi Omongan Dunia Gara-gara IniDok. IDN Times/Istimewa

Susi pun mengatakan, mudahnya membuang limbah di laut Indonesia bahkan sudah menjadi perbincangan negara-negara lain.

"Ini sudah menjadi omongan dunia, laut kita paling gampang dibuang sampah, termasuk limbah plastik," tambahnya.

Baca Juga: Menteri Susi: Pembuang Sampah ke Laut Harus Kita Tenggelamkan

2. Disampaikan Susi saat merespons oil spill Pertamina

Menteri Susi Geram, Laut Indonesia Jadi Omongan Dunia Gara-gara IniIDN Times/Nindias Khalika

Susi menyampaikan hal itu ketika ia merespons tumpahan minyak (oil spill) dan gelembung gas dari Sumur YYA-1 milik PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) di Pantai Utara Jawa, Karawang, Jawa Barat yang baru saja terjadi.

Ia menilai, pembuangan limbah yang dilakukan oleh negara asing lebih mengkhawatirkan daripada kasus tumpahan minyak milik PT Pertamina (persero).

"Yang terjadi di Karawang ini, saya tidak terlalu khawatir, ada bu Nicke, ada bu Rini kolega, dan perusahaan negara juga yang pasti akan meng-handle dengan baik dan tentunya stakeholder-stakeholder juga akan mendapat recovery dan kompensasi," ucapnya.

3. Tumpahan minyak hanya musibah

Menteri Susi Geram, Laut Indonesia Jadi Omongan Dunia Gara-gara IniANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang

Selanjutnya, ia mengatakan, tumpahan minyak yang terjadi di Karawang merupakan musibah yang tak bisa dihindari. Meski begitu, ia menekankan agar hal itu menjadi perhatian serius.

"Laut Indonesia dengan segala potensinya, kita punya segala potensi, masalah kesehatan laut menjadi hal yang sangat penting, produktivitas perikanan kita," kata dia.

Baca Juga: Menteri Susi Minta Pertamina Perbanyak Oil Boom di Karawang

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya