Comscore Tracker

Terungkap! Ini Motif Remaja 15 Tahun yang Bunuh Balita di Sawah Besar

NF pernah diperkosa lebih dari sekali, pelakunya tiga orang

Jakarta, IDN Times - Masih ingat dengan NF, remaja 15 tahun yang membunuh balita berusia 5 tahun di Sawah Besar, Jakarta Pusat pada Awal Maret 2020 lalu. Rupanya dari hasil penyelidikan polisi, tersangka merupakan korban kekerasan seksual. Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat AKBP Tahan Marpaung pun membenarkan dan pelaku pemerkosanya adalah orang terdekat.

"Di antaranya paman (inisial R) dan kekasihnya," kata Tahan Marpaung, ketika dikonfirmasi IDN Times di Jakarta, Kamis (14/5).

1. NF pernah diperkosa lebih dari sekali, pelakunya tiga orang. Salah satunya pamannya sendiri

Terungkap! Ini Motif Remaja 15 Tahun yang Bunuh Balita di Sawah BesarTempat Kejadian Perkara remaja bunuh tetangganya di kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat (ANTARA/Livia Kristianti)

Lebih lanjut dia menuturkan, para pelaku melecehkan NF sebelum peristiwa pembunuhan sadis terjadi. Bahkan, aksi bejat keduanya diduga berlangsung lebih dari satu kali. Pelaku pemerkosaan sebenarnya ada tiga orang, selain paman dan pacarnya. Namun, Tahan enggan membeberkannya.

"NF bahkan mendapat ancaman dari pamannya menyebarluaskan video pemerkosaan," katanya.

Atas dasar itu, aksi pembunuhan yang dilakukan NF diduga sebagai bentuk pelampiasan akan peristiwa yang menimpanya. Berkas perkara kasus pemerkosaan dan kasus pembunuhan yang dilakukan NF, juga sudah dinyatakan lengkap.

"Iya sudah P-21. Tinggal dilakukan persidangan," kata dia.

2 . NF hamil 14 minggu dan kini dalam masa rehabilitasi

Terungkap! Ini Motif Remaja 15 Tahun yang Bunuh Balita di Sawah BesarSejumlah karakter fiksi horor yang dibuat oleh tersangka NF (15) dalam gelar perkara di Mapolrestro Jakarta Pusat, Sabtu (7/3/2020). (ANTARA/Andi Firdaus/aa)

Sementara itu, Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial (Kemensos), Harry Hikmat mengatakan, NF sebelumnya menjalani pemeriksaan fisik dan psikologis di Rumah Sakit Polri Jakarta Timur. Saat ini, NF telah dirujuk ke Balai Anak Handayani di Jakarta. Dia mendapatkan layanan rehabilitasi sosial sambil menunggu proses peradilan.

"Terungkap bahwa NF juga menjadi korban kekerasan seksual oleh tiga orang terdekatnya hingga kini hamil 14 minggu," ucap Harry dalam keterangan tertulisnya.

3. Hak NF sebagai anak tetap terpenuhi

Terungkap! Ini Motif Remaja 15 Tahun yang Bunuh Balita di Sawah BesarPapan tulis yang berisi curhatan NF yang bunuh tetangganya berusia di bawah umur di kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Rabu (6/3/2020). (ANTARA/Livia Kristianti)

Menurut Harry, pihaknya terus berupaya memenuhi hak NF sebagai anak, yang membutuhkan perlindungan khusus. Pekerja sosial dan psikolog Handayani, kata Harry, telah melakukan beberapa terapi kepada NF. Saat ini, kondisi NF sudah menunjukkan perubahan ke arah yang lebih baik.

"Secara fisik, psikis, sosial dan spiritual. Kondisi fisiknya tampak sehat dan sudah mampu menjaga kebersihan diri," ujarnya.

"Secara sosial, NF mulai terbuka dengan petugas untuk menceritakan permasalahannya dan merasa nyaman berada di balai. NF bahkan meminta untuk tetap berada di Balai Anak Handayani Jakarta dan ingin mengurus sendiri anaknya setelah lahir," sambung Harry.

4. Penilaian NF sebagai siswa tetap dilakukan sesuai rapor dan portofolio

Terungkap! Ini Motif Remaja 15 Tahun yang Bunuh Balita di Sawah BesarWakapolrestro Jakarta Pusat AKBP Susatyo memperlihatkan coretan gambar yang dibuat oleh tersangka NF (15) dalam gelar perkara di Mapolrestro Jakarta Pusat, Sabtu (7/3/2020). (ANTARA/Andi Firdaus/am)

Sementara, perwakilan dari Dinas Pendidikan memastikan, hak NF sebagai siswa tidak akan disangkal. Penilaian kelulusan yang menggunakan nilai rapor dan portofolio juga diterapkan untuk NF.

Setali tiga uang, Deputi Perlindungan Anak, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), Nahar menyebutkan, hak anak dalam proses peradilan adalah mendapat pendampingan hukum.

"Kami sudah siapkan tim penasihat hukum untuk dampingi NF di peradilan. Harapannya, semua proses terkoordinasi dan penyelesaian perkara dilakukan secara koordinatif," jelas Nahar.

5. NF sempat sembunyikan jasad korban selama satu malam

Terungkap! Ini Motif Remaja 15 Tahun yang Bunuh Balita di Sawah BesarCoretan karakter fiksi horor The Slender Man yang dibuat oleh tersangka NF (15) dalam gelar perkara di Mapolrestro Jakarta Pusat, Sabtu (7/3/2020) (ANTARA/Andi Firdaus/aa)

Sebelumnya, NF menyerahkan diri karena bingung menangani jasad korban yang berada di lemarinya selama satu malam, sejak Kamis (5/3) lalu. Dalam penyelidikan, polisi menemukan beberapa kertas yang telah digambar oleh NF.

Kertas itu bergambar tokoh film horor Slender Man, dan juga beberapa karakter anime perempuan dengan raut wajah yang sedang menangis. Slender Man merupakan karakter fiksi dari meme internet yang muncul kali pertama di Forum Something Awful oleh pengguna Eric Knudsen dengan nama Victor Surge pada 2009.

Slender Man dikisahkan suka menculik atau melukai orang, terutama anak-anak. Setelah lengannya terentang, korbannya lalu dihipnotis, hingga korban tak berdaya.

Atas perbuatannya, NF disangkakan Pasal 338 juncto 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana dengan ancaman pidana penjara paling lama 20 tahun.

Topic:

  • Yuda Almerio Pratama Lebang

Berita Terkini Lainnya