Comscore Tracker

Hore, 900 Lansia Telantar dan Penyandang Disabilitas Bisa Makan Gratis

Menu makanan menyesuaikan kondisi penerima program‎

Bantul, IDN Times - Sebanyak 900 orang lansia terlantar dan penderita disabilitas berat di Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta mendapatkan bantuan program boga sehat dari Dinas Sosial. Setiap lansia terlantar dan penderita disabilitas berat akan mendapatkan asupan makanan bergizi sebanyak dua kali dalam sehari dengan anggaran per jiwa mencapai Rp22 ribu dipotong pajak.

1. Program boga sehat 900 jiwa dan melibatkan ahli gizi‎

Hore, 900 Lansia Telantar dan Penyandang Disabilitas Bisa Makan GratisIDN Times/Daruwaskita

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, Ernawati Suharsono mengatakan program bosa sehat diinisiasi oleh Dinas Sosial namun dalam pelaksanaan di lapangan dilakukan oleh tim penggerak PKK tingkat desa.

"Jadi nanti ada pendamping disetiap desa yang melibatkan ahli gizi dari Dinas Kesehatan dan pendamping lain untuk mengantisipasi hal-hal lain yang tidak diinginkan,"katanya, Senin (18/2).‎

Erna mengatakan program boga sehat ini baru menyasar sekitar 900 jiwa lansia terlantar dan disabilitas berat dengan anggaran Rp6 miliar untuk 10 bulan.

"Jadi program boga sehat ini akan dimulai pada bulan Maret hingga Desember 2019 yang akan datang," ucapnya.

Baca Juga: 5 Sisi Positif Jika Kamu Berani Akrab dengan Para Lansia

2. Berdayakan warung makan setempat‎

Hore, 900 Lansia Telantar dan Penyandang Disabilitas Bisa Makan GratisIDN Times/Daruwaskita

Istri dari Bupati Bantul, Suharsono ini menyatakan untuk pihak yang menyediakan boga sehat atau makanan yang sehat bagi lansia terlantar dan disabilitas berat bisa melibatkan warung makan terdekat dari penerima program boga sehat.

"Nanti pihak PKK desa yang akan menentukan warung makan mana yang akan menyediakan makanan sehat bagi penerima program boga sehat. Tentunya makanan yang disediakan harus bergizi," tuturnya.

3. Program boga sehat sasar lansia dan disabilitas berat yang tak produktif‎

Hore, 900 Lansia Telantar dan Penyandang Disabilitas Bisa Makan GratisIDN Times/Daruwaskita

Lebih jauh Ernawati Suharsono mengatakan program boga sehat ini sengaja menyasar lansia yang tidak lagi produktif serta disabilitas berat yang hidupnya tergantung pada orang lain.

"Ukuran kemiskinan BPS itu kan konsumsi makanan di bawah 2100 kalori nah kita mencoba mengentaskan konsumsi makanan di atas 2100 kalori," tuturnya.

4. Pada 2021 diharapkan program boga sehat sasar seluruh kecamatan dan desa‎

Hore, 900 Lansia Telantar dan Penyandang Disabilitas Bisa Makan GratisIDN Times/Daruwaskita

Wakil Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih mengatakan pada pada 2019 ini program boga sehat dari Dinas Sosial baru menyasar 900 jiwa lansia terlantar dan disabilitas berat dari 53 desa dan 13 kecamatan dan diharapkan pada 2021 seluruh lansia terlantar dan disabilitas berat di 17 kecamatan dan 75 desa bisa mendapatkan program boga sehat.

"Program boga sehat ini salah satu cara untuk mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Bantul dan diharapkan program boga sehat ini juga tepat sasaran karena yang usul penerima program juga dari tingkat bawah atau desa," ujarnya.‎

Baca Juga: [CEK FAKTA] Soal Kesetaraan, Jokowi Singgung Bonus Atlet Disabilitas

Topic:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya