Ibu di Riau Kirim Pesan ke Gubernur : Tolong Pak, Selamatkan Kami!

Akibat kabut asap, balita di Riau derita infeksi pernapasan

Jakarta, IDN Times - "Tolonglah Pak. Dengan kuasa dan wewenang Bapak, lakukan segera hal yang bisa secepatnya selamatkan kami-kami,'' tulis seorang ibu melalui pesan WhatsApp kepada Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution pada Jumat, (13/9) lalu.

Berdasarkan rilis Kementerian Kesehatan pada Kamis (19/9), seorang ibu yang meminta tolong pada gubernur setempat tergolong kurang mampu. Dia terpaksa mengirim pesan tersebut karena anak balitanya, H (13 bulan), warga kelurahan Rejosari, Kota Pekanbaru, sakit karena kabut asap.

1. Balita H bernapas lewat mulut

Ibu di Riau Kirim Pesan ke Gubernur : Tolong Pak, Selamatkan Kami!IDN Times/Prayugo Utomo

Kepala Dinkes Riau Mimi Yuliani Nazir, mengungkapkan ibu tersebut tak mampu membeli AC, air purfier atau tabung oksigen untuk selamatkan anaknya.

Ibu itu mengungkapkan kondisi anak bungsunya yang sudah dua hari ini demam, batuk berdahak, pilek dan matanya merah berair terus akibat terpapar asap. Suaranya parau dan bernapas lewat mulut karena tak bisa lagi lewat hidung yang sudah dipenuhi cairan.

"Mendapat keluhan itu, kita langsung menurunkan tim tenaga kesehatan PSC 119 ke lokasi,'' kata Mimi Yuliani Nazir.

Baca Juga: Riau Siaga Darurat, Ini Perintah Jokowi Atasi Kabut Asap

2. Anak tersebut terjangkit ISPA

Ibu di Riau Kirim Pesan ke Gubernur : Tolong Pak, Selamatkan Kami!ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Tim PSC 119 membawa pasien ke RSUD Arifin Ahmad untuk segera mendapat penanganan. Balita tersebut mendapat pemeriksaan kesehatan, nebulizer dan cek darah di laboratorium.

"Hasil pemeriksaan dokter spesialis anak, pasien menderita ISPA dan dianjurkan menjalani rawat jalan. Setelah mendapat pengobatan, pasien diantar pulang ke rumah dengan selamat," terangnya.

3. Puskesmas siaga 24 jam

Ibu di Riau Kirim Pesan ke Gubernur : Tolong Pak, Selamatkan Kami!IDN Times/istimewa

Gubernur telah menginstruksikan Kepala Daerah 12 kabupaten/kota di Provinsi Riau menyiagakan Puskesmas 24 jam agar dapat melayani masyarakat yang terpapar asap karhutla.

''Posko Kesehatan Dinkes Riau mengoperasikan tiga ambulan yang siap sewaktu-waktu ditelepon nomernya 119 selama 24 jam,'' kata Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution.

Baca Juga: Bantuan Personel Atasi Karhutla Ditolak Riau, Begini Jawaban Anies 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya