Comscore Tracker

Doni Monardo Sebut Rizieq Shihab Harus Kooperatif dan Berikan Teladan 

Tak ragu menindak tegas pelanggar protokol kesehatan

Jakarta, IDN Times - Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab menolak untuk dilakukan penelusuran kontak terkait COVID-19. Hal ini disesalkan oleh Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo. Menurutnya, penelusuran kontak ini penting mengingat Rizieq pernah melakukan kontak erat dengan pasien COVID-19.

"Kami meminta saudara Rizieq sebagai tokoh masyarakat untuk kooperatif dan memberikan teladan dalam upaya penanggulangan pandemik COVID-19. Pemerintah akan melakukan langkah dan tindakan tegas bagi siapa pun yang melanggar ketentuan yang membahayakan keselamatan dan kesehatan masyarakat," ujar Doni dalam siaran tertulis, Minggu (29/11/2020).

Baca Juga: Dirut RS Ummi Bogor: Rizieq Shihab Memaksa Pulang, Hasil Tes Belum Ada

1. 3T jadi langkah pengendalian COVID-19

Doni Monardo Sebut Rizieq Shihab Harus Kooperatif dan Berikan Teladan Infografik Cara Menggunakan Masker yang Baik. IDN Times/Sukma Shakti

Doni memaparkan, dalam situasi penularan COVID-19 saat ini, setiap warga negara hendaknya menjalankan protokol kesehatan termasuk secara sukarela untuk dites, ditelusuri kontak eratnya, serta bersedia menjalani perawatan atau karantina jika positif tertular virus corona atau COVID-19.

"Testing, Tracing, Treatment (3T) merupakan langkah untuk mengendalikan penularan COVID-19, di samping upaya pencegahan melalui 3M yakni memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir," jelasnya.

Baca Juga: Anggaran Tak Tepat Waktu, Pemprov Kaltim Terancam Sanksi Kemendagri

2. Tindakan kemanusiaan dan nondiskriminatif, sehingga siapa pun wajib mendukungnya.

Doni Monardo Sebut Rizieq Shihab Harus Kooperatif dan Berikan Teladan Ilustrasi uji swab. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Doni menyebutkan, testing, tracing dan treatment merupakan tindakan kemanusiaan dan nondiskriminatif, sehingga siapa pun wajib mendukungnya.

"Satgas meminta sekali lagi kepada masyarakat luas, siapa pun itu untuk kooperatif sehingga upaya penangangan COVID-19 berhasil menekan kasus," ucapnya.

"Empati dan dukungan harus diberikan kepada para tenaga kesehatan maupun relawan, yang berjibaku menjalankan penanganan kesehatan," Doni melanjutkan.

3. Pemerintah Kota Bogor tidak memberikan hak istimewa kepada Rizieq

Doni Monardo Sebut Rizieq Shihab Harus Kooperatif dan Berikan Teladan Dok.IDN Times/Istimewa

Sementara itu, Pemerintah Kota Bogor memastikan tidak akan memberikan hak spesial kepada Rizieq Shihab terkait penanganan virus corona (COVID-19). Hasil tes swab tetap akan diumumkan oleh Rumah Sakit (RS) Ummi, Bogor, tempat Rizieq dirawat sebelumnya.

Wali Kota Bogor Bima Arya menyatakan, sampai saat ini RS Ummi belum menyampaikan hasil tes swab corona pada Satgas COVID-19 Kota Bogor. Hal ini, kata Bima, karena masih dalam koordinasi pihak RS dengan keluarga Rizieq Shihab.

4. Masih menunggu hasil tes swab resmi dari RS Ummi

Doni Monardo Sebut Rizieq Shihab Harus Kooperatif dan Berikan Teladan IDN Times/Margith Juita Damanik

Bima Arya menjelaskan, apa pun nanti hasil tes swab Rizieq Shihab, penanganan akan disesuaikan dengan aturan. Namun, ia masih menunggu hasil tes swab resmi dari RS Ummi.

"Saya kira tidak ingin mendahului apa yang terjadi. Apabila hasil tidak sesuai yang diharapkan, penanganan akan disesuaikan dengan aturan yang berlaku," ujar Bima Arya melalui kanal YouTube pribadinya, pada Minggu (29/11/2020).

Baca Juga: Satgas: 7 Provinsi Alami Penurunan Kasus COVID-19, Termasuk Kaltim

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya