Comscore Tracker

Kata Pengacara, Abu Bakar Ba'asyir Bakal Bebas Januari 2021

Kondisi kesehatan Abu Bakar Ba'asyir saat ini tengah menurun

Samarinda, IDN Times - Pengacara terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba'asyir, yakni Achmad Michdan memprediksikan kliennya bakal bebas Januari 2021. Namun dia belum tahu apakah pembebasan kliennya bisa dipercepat atau tidak.

Kondisi Ba'asyir sendiri memang terus menurun. Beberapa kali dia harus dilarikan ke rumah sakit lantaran merasakan beberapa keluhan.

"Kalau berdasarkan hitungannya Januari 2021 ya sebentar lagi, [terkait waktu pembebasan yang dupercepat] saya belum koordinasikan dengan lapas, coba nanti saya koordinasikan," ujar dia saat dihubungi IDN Times, Jumat (27/11/2020).

1. Achmad baru mendapat kabar Abu Bakar Ba'asyir sakit

Kata Pengacara, Abu Bakar Ba'asyir Bakal Bebas Januari 2021ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Terkait kondisi kesehatan Abu Bakar Ba'asyir saat ini, Achmad mengaku belum mengetahui secara pasti. Dia mengatakan, baru mendapat kabar jika Abu Bakar Ba'asyir dilarikan rumah sakit pada 26 November 2020.

Dia mengaku, terakhir bertemu dengan Abu Bakar Ba'asyir dua pekan lalu.

"Terakhir saya bertemu dua minggu lalu. Alhamdulillah kondisi beliau sehat. Malah ini saya baru dapat kabar itu kemarin sore, sampai saat ini belum tahu sakitnya apa," kata dia.

2. Abu Bakar Ba'asyir saat ini tengah menjalani perawatan di RSCM

Kata Pengacara, Abu Bakar Ba'asyir Bakal Bebas Januari 2021RSUP Nasional Cipto Mangunkusumo (RSCM) (Instagram.com/rscm.official)

Abu Bakar Ba'asyir diketahui tengah menjalani perawatan di RSCM lantaran kondisi kesehatannya yang kembali menurun. Selama menjalani perawatan, Ba'asyir juga mendapat pengawalan dari Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri.

"Abu Bakar Ba'asyir melakukan perawatan di RSCM Jakarta Pusat dengan pengawalan Densus 88, Brimob Polda Jabar dan Petugas Lapas Khusus Gunung Sindur," ujar Kabag Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM, Rika Aprianti saat dikonfirmasi.

3. Bukan pertama kalinya Ba'asyir menjalani perawatan di rumah sakit

Kata Pengacara, Abu Bakar Ba'asyir Bakal Bebas Januari 2021ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Ini bukanlah kali pertama Ba'asyir dirawat, Rika menyebutkan sudah sering Ba'asyir memiliki sejumlah keluhan. Alhasil, dia acap kali keluar masuk RS untuk melakukan perawatan. 

Maklum, Ba'asyir saat ini sudah cukup sepuh, karena berusia 82 tahun.

"Masih dalam perawatan dokter, keluhan sakit kepala dan mual," ujar Rika. 

4. Abu Bakar Ba'asyir divonis 15 tahun penjara

Kata Pengacara, Abu Bakar Ba'asyir Bakal Bebas Januari 2021(Opsi hukum pembebasan Abu Bakar Ba'asyir) IDN Times/Sukma Shakti

Ba'asyir yang hampir bebas bersyarat merupakan pimpinan dan pengasuh Pondok Pesantren Al-Mukmin Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah. Ia divonis 15 tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 2011 lalu, sehingga harus menjalani hukuman di Lapas Gunung Sindur, Jawa Barat. 

Ia merupakan terpidana kasus terorisme yang dianggap terlibat dalam beberapa peristiwa pengeboman, termasuk kasus bom Bali dan bom Hotel JW Marriot pada 2004. 

Baca Juga: Profil Edhy Prabowo, Tangan Kanan Prabowo yang Ditangkap KPK

Topic:

  • Anjas Pratama

Berita Terkini Lainnya