Sedih! Istri Mantan Pengawal Presiden Sukarno Sakit di Rumah Kontrakan

Oma Elisabeth Koesno terancam diusir dari kontrakan

Jakarta, IDN Times - Kabar menyedihkan datang dari istri mantan pengawal Presiden Sukarno, Oma Elisabeth Koesno. Saat ini dia terbaring sakit di kontrakannya di Cisalak, Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Mirisnya, masa sewa rumah kontrakan tersebut akan habis pada 2 Juni mendatang.

Keterbatasan ekonomi membuat Oma kebingungan, jangankan untuk memperpanjang masa sewa kontrakan, rekening listrik pun menunggak sampai Rp1,3 juta.

Foto Oma yang terbaring lemah viral di media sosial. Kabar ini dibenarkan oleh pemerhati sejarah, Beny Rusnawan.

Baca Juga: Kisah Nitri, Ajudan Sukarno dari Bali yang Menyiapkan Sarapan Favorit

1. Raden Koesno pengawal Presiden Soekarno

Sedih! Istri Mantan Pengawal Presiden Sukarno Sakit di Rumah KontrakanBeberapa foto Koesno zaman dulu dan zaman sekarang serta bukti bahwa Koesno adalah Corps Polisi Militer. (dok. Keluarga Koesno, facebook.com/Benny Rusmawan)

Dalam akun Facebooknya, Beny menerangkan, suami Oma Elizabeth Koesno adalah anggota pertama Corps Polisi Militer. Sedangkan pembentuk dan panglima CPM pertama adalah Jenderal Gatot Soebroto.

Ketika bertugas menjadi pengawal Presiden Sukarno, Raden Koesno waktu itu pangkatnya hanya sampai Serma ketika pensiun.

2. Tak bisa bayar kontrakan padahal masa sewa habis 2 Juni

Sedih! Istri Mantan Pengawal Presiden Sukarno Sakit di Rumah KontrakanKoesno Bermain Bersama Megawati dan Guruh Soekarno Putra (dok. Keluarga Koesno, facebook.com/Benny Rusmawan

Raden Koesno merupakan pemuda asli Blitar, Jawa Timur, dan dia meninggal pada 1992. Raden Koesno memiliki satu anak perempuan dan cucu tiga orang.

Hingga sekarang keluarganya tak memiliki rumah sendiri dan hidup di rumah kontrakan, berpindah-pindah sesuai kemampuan yang ada. Itupun rumah sangat sederhana. Saat ini keluarga kesulitan untuk memperpanjang masa kontrakan.

"Tgl 2 Juni besok beliau harus keluar dari rumah kontrakannya dan belum ada jalan keluar...," tulis Benny.

Baca Juga: Mengenang Perempuan Ajudan Soekarno dari Bali, Wafat di Usia 72 Tahun

3. Warganet berharap pemerintah perhatikan keluarga pejuang

Sedih! Istri Mantan Pengawal Presiden Sukarno Sakit di Rumah KontrakanKoesno bersama Guntur Sukarno Putra. (dok. Keluarga Koesno, facebook.com/Benny Rusmawan)

Dalam beragam foto lawas yang diunggah Benny, tampak Koesno bermain dengan putra putri Presiden Sukarno seperti Guntur dan Megawati di halaman Istana Merdeka.

Salah satu foto yang cukup menyita perhatian yakni saat Koesno menggendong anak Presiden Sukarno di pundaknya.

Sebagian besar netizen mendoakan kesembuhan Oma dan meminta pemerintah memperhatikan keluarga pejuang veteran.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya