Comscore Tracker

[BREAKING] Ancaman Virus Corona, Arab Saudi Tutup Pintu Umrah

Sekitar 4.200 jemaah umrah per hari asal Indonesia 

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara gelombang jemaah umrah dari luar negeri, termasuk dari Indonesia. Kebijakan ini diberlakukan pemerintah setempat untuk mencegah penyebaran virus corona ke tanah suci. Selain itu, pemerintah Arab Saudi juga menangguhkan untuk sementara visa turis.

Penutupan sementara pintu umrah ini membuat ribuan jemaah umrah asal Indonesia terpaksa menunda keberangkatan mereka ke tanah suci.

Direktur PT Qadr Jaya Mandiri (Travel Al-Qadri Umrah & Haji), Erri Budisurasa, menyebutkan jemaah umrah asal Indonesia tahun 2019/2020 mencapai 1,26 juta orang. Mereka dilayani oleh 14 maskapai dengan 300 kursi per penerbangan.

"Dengan jumlah sekali penerbangan mencapai 4.200 jemaah per hari, maka kami estimasikan dalam 300 hari semusim umrah atau 1 tahun bisa mencapai 1,26 juta jemaah tahun ini," ujarnya seperti dikutip dari Bareksa.

Sementara itu Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) menghitung, dalam lima tahun terakhir, jumlah jemaah umrah asal Indonesia hampir dua kali lipat atau 68 persen dalam 5 tahun terakhir.

Pada tahun 1435 Hijriyah jumlah jemaah umroh Indonesia 598.077 jemaah, kemudian melonjak jadi 1.005.806 jemaah pada 1439 H atau 2017-2018," demikian data dari situs Bareksa.com.

Pemerintah Arab Saudi belum menginformasikan hingga kapan pintu umrah untuk jemaah dari luar Arab Saudi akan ditutup.

Sementara itu virus corona masih mewabah di berbagai negara di dunia. Data hingga Kamis pukul 07.55 WIB jumlah korban tewas akibat virus ini telah mencapai 2.772 orang.

[BREAKING] Ancaman Virus Corona, Arab Saudi Tutup Pintu UmrahInfografis virus Corona yang telah menyebar ke 13 negara, selain Tiongkok, pada 28 Januari 2020. (IDN Times/Arief Rahmat)

Baca Juga: [BREAKING] Arab Saudi Tutup Sementara Kedatangan Jemaah Umrah

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya