Mensos Tersangka Dugaan Korupsi Bansos, Bintang Emon: KPK Ganas!

Warganet geram bansos COVID-19 dikorupsi pejabat

Jakarta, IDN Times - Lini masa media sosial Twitter memanas pagi ini, setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengumumkan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara turut menjadi tersangka dalam kasus dugaan korupsi program bantuan sosial (bansos) COVID-19. Ketua KPK Firli Bahuri bahkan sempat meminta Juliari untuk kooperatif, baru akhirnya menteri yang juga kader PDI Perjuangan itu menyerahkan diri ke kantor komisi antirasuah pada Minggu (6/12/2020) dini hari, pukul 02.50 WIB.

Komika Bintang Emon menjadi salah satu warganet yang memuji langkah KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Mensos Juliari dan para pejabat Kemensos ini.

"Kpk ganas!!!  Terima kasih bapak-bapak," cuit pemilik nama asli Gusti Muhammad Abdurrahman Bintang Mahaputra itu.

1. Warganet geram bansos COVID-19 dikorupsi

Mensos Tersangka Dugaan Korupsi Bansos, Bintang Emon: KPK Ganas!Ilustrasi Bantuan Sosial (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Cuitan Bintang Emon ini langsung ditanggapi oleh warganet lainnya. Mereka turut mengecam kasus dugaan korupsi bansos di tengah pandemik COVID-19 ini.

"Ini hukumannya harusnya berat ini soalnya korupsi uang bantuan bencana, bisa hukuman mati," cuit salah satu warganet.

"bisa bisanya uang bencana di embat juga," cuit warganet lainnya.

Baca Juga: Mensos Trending Topic, Warganet: Merasa Dosa Gak Sama Pasien COVID-19?

2. Mensos jadi trending topic di Twitter

Mensos Tersangka Dugaan Korupsi Bansos, Bintang Emon: KPK Ganas!IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Menteri Sosial Juliari Peter Batubara menjadi trending topic di Twitter, usai ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)  atas dugaan korupsi bantuan sosial (bansos) COVID-19.

Berdasarkan pantauan IDN Times pukul 07.05 WIB, sudah ada 8.199 cuitan dengan tag ‘Mensos’ di media sosial (medsos) tersebut. Seruan itu lantas menjadikan Mensos Juliari sebagai trending topic nomor satu.

Akun @BernandoXXX juga mengkritisi sikap Mensos Juliari yang dinilai tidak peka di tengah pandemik COVID-19. Mensos yang harusnya punya jiwa sosial, malah jadi tersangka korupsi bansos.

“Dapat info Kemensos ditangkap KPK karena Korupsi, Seorang Mensos yang harusnya Jiwa Sosialnya tinggi, Melakukan Hal-Hal Biadap seperti itu, Negara harus Menghukum mati koruptor,” tulis akun tersebut.

3. Mensos Juliari menyerahkan diri ke KPK Minggu dini hari

Mensos Tersangka Dugaan Korupsi Bansos, Bintang Emon: KPK Ganas!Menteri Sosial Juliari P Batubara tiba di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Minggu (6/12/2020). Juliari P Batubara ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK atas dugaan menerima suap terkait pengadaan bantuan sosial penanganan COVID-19 di Kementerian Sosial. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/pras.

Sebelumnya diberitakan, KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di lingkungan Kementerian Sosial (Kemensos) pada Sabtu (5/12/2020) pukul 02.00 WIB. OTT ini terkait program bansos COVID-19.

Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan, pihaknya menetapkan lima tersangka dari enam orang yang sempat diamankan.

"Sebagai penerima JPB (Juliari Peter Batubara), MJS (Matheus Joko Santoso) dan AW (Adi Wahyono). Sebagai pemberi AIM (Ardian I M) dan HS (Harry Sidabuke)," katanya dalam konferensi pers yang disiarkan akun YouTube KPK, Minggu (6/12/2020) dini hari.

Sementara, Mensos Juliari menyerahkan diri ke KPK dini hari tadi sekitar pukul 02.50 WIB.

Usai ditetapkan sebagai tersangka, Mensos Juliari langsung menyerahkan diri ke KPK dengan didampingi sejumlah orang.

“Tersangka JPB (Juliari Peter Batubara) menyerahkan diri ke KPK hari Minggu tanggal 6 Desember 2020, sekitar jam 02.50 WIB dini hari,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri saat dihubungi IDN Times, pagi ini.

Baca Juga: Diduga Korupsi Bansos COVID-19, Mensos Juliari Batubara Jadi Tersangka

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya