Bertambah Lagi, Satgas Umumkan 46 Kasus Baru Positif COVID-19 di PPU

108 pasien di Penajam Paser Utara masih berstatus positif

Penajam, IDN Times – Kasus positif COVID-19 di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, bertambah lagi. Dalam dua hari terakhir, ada 46 pasien baru terkonfirmasi positif corona.

“Hari ini ada tambahan 35 pasien terkonfirmasi positif COVID-19 dan Kamis (14/1/2021) kemarin terdapat tambahan 11 pasien positif," ujar Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 PPU, dr. Jansje Grace Makisurat kepada IDN Times, Jumat (15/1/2021) di Penajam.

1. Pasien baru terkonfirmasi positif didominasi warga Kecamatan Penajam

Bertambah Lagi, Satgas Umumkan 46 Kasus Baru Positif COVID-19 di PPUIlustrasi seorang pasien COVID-19. ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica

Dijelaskan Grace, pada hari ini pasien baru terkonfirmasi positif didominasi oleh warga Kecamatan Penajam dengan jumlah 29 orang. Kemudian warga asal Kecamatan Babulu dua orang, Kecamatan Sepaku tiga orang, dan terakhir Kecamatan Waru sebanyak satu pasien.

“Sedangkan pada hari Kamis kemarin terbanyak masih dari kecamatan Penajam sejumlah delapan orang. Satu di antarannya meninggal dunia dengan kode PPU 454 jenis kelamin perempuan usia 39 warga Kelurahan Penajam. Pasien dimakamkan dengan protokol COVID-19 di pemakaman terpadu,” Grace menerangkan.

2. Satu pasien positif meninggal hari ini berkode PPU 428 tinggal di Kecamatan Babulu

Bertambah Lagi, Satgas Umumkan 46 Kasus Baru Positif COVID-19 di PPUIlustrasi Mobil jenazah (IDN Times/Lia Hutasoit)

Selain PPU 454 yang meninggal dunia, tambah Grace, hari ini juga ada satu pasien terkonfirmasi positif yang mengembuskan napas terakhir dengan kode PPU 428, seorang perempuan usia 59 tahun. Korban berasal dari Desa Labangka Barat, Kecamatan Babulu. Dia sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Aji Putri Botung (RAPB) PPU.

Selain pasien baru positif COVID-19 dan pasien meninggal dunia, kata Grace, dalam dua hari ini juga terdapat 20 orang pasien yang selesai isolasi atau sembuh. Rinciannya, pada Kamis sebanyak 13 pasien dan Jumat hari ini ada tujuh pasien sembuh.

“Para pasien sembuh tersebut ada yang menjalani perawatan di rumah sakit dan juga lakukan isolasi mandiri di lokasi karantina mandiri Rusunawa Penajam,” kata Grace.

3. Jumlah akumulatif pasien terkonfirmasi positif di PPU sebanyak 489 kasus

Bertambah Lagi, Satgas Umumkan 46 Kasus Baru Positif COVID-19 di PPUInfografis COVID-19 PPU (Dok Satgas COVID-19 PPU)

Per hari Jumat (15/1/2021), jumlah kumulatif pasien terkonfirmasi COVID-19 di PPU telah mencapai 489 kasus. Rinciannya yaitu, 108 pasien masih berstatus positif, 22 di antaranya sedang menjalani perawatan di rumah sakit, 86 pasien isolasi mandiri. Lalu 19 pasien meninggal dunia dan 362 selesai isolasi atau sembuh.

“Untuk pasien terkonfirmasi positif COVID-19 yang dirawat di Wismas PKK terdapat 36 orang dari total 68  pasien penghuni  wismas tersebut, sedangkan yang dikarantina di Rusunawa Penajam sejumlah 33 orang terdiri dari tujuh pasien positif dan 26 pasien berstatus suspek,” urai Grace.

Baca Juga: Satu Pasien Positif COVID-19 Asal Kecamatan Sepaku PPU Meninggal Dunia

4. Hasil swab pasien meninggal hari ini positif COVID-19

Bertambah Lagi, Satgas Umumkan 46 Kasus Baru Positif COVID-19 di PPURSUD RAPB PPU hingga kini menjadi lokasi perawatan pasien COVID-19 (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Terpisah, Direktur RSUD RAPB PPU, dr. Lukasiawan Eddy Saputro membeberkan pasien meninggal hari ini dengan kode PPU 428, diketahui positif dari uji sampel swab pertama dan kedua. Begitu pula dengan pasien meninggal kemarin yakni PPU 454.

“Hasil uji sampel swab pertama dan kedua milik PPU 428 dan PPU 454 menunjukkan hasil positif dan keduanya telah meninggal dan dimakamkan dengan protokol COVID-19. Namun untuk pasien meninggal dengan kode PPU 390 perempuan (36) warga Penajam untuk uji sampel swab ketiga hasil negatif, meskipun swab pertama dan kedua positif,” pungkas Grace.          

Baca Juga: Tambah 7 Kasus Positif COVID-19 di PPU, 2 Diantaranya Nakes RSUD PPU

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya