Di PPU, Tambah Satu Positif COVID-19 dan Satu Pasien Sembuh

Tambah 10, kasus suspek capai 1.234

Penajam, IDN Times – Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), dr. Arnold Wayong mengatakan, terdapat satu tambahan kasus konfirmasi positif COVID-19 dan satu pasien positif dinyatakan sembuh.

“Pada Jumat (23/10/2020) kita mendapat informasi dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kaltim, yang menyatakan ada satu pasien positif PPU yang dinyatakan sembuh, lalu pada Minggu kemarin (25/10/2020) kita juga mendapatkan kabar ada penambahan satu pasien positif COVID-19,” ujar Arnold kepada IDN Times, Senin (26/10/2020) di Penajam.

1. Pasien PPU 120 dinyatakan sembuh ber KTP Maros, Sulsel

Di PPU, Tambah Satu Positif COVID-19 dan Satu Pasien SembuhTempat isolasi pasien COVID-19 di Tapanuli Tengah (Hendra Simanjuntak/IDNTimes)

Adapun pasien sembuh tersebut, bebernya, berkode PPU 120 laki-laki usia 60 tahun sudah tinggal lama di Gunung Seteleng, Kecamatan Penajam namun ber KTP Desa Padaelo, Kecamatan Mallawa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Pasien ini dinyatakan positif pada Rabu (7/10/2020) lalu, karena terdapat gejala maka pasien ini harus menjalani isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Aji Putri Botung (RAPB) PPU. Dari hasil uji sampel swab terakhirnya negatif sehingga dinyatakan sembuh,” sebutnya.

Baca Juga: 5 Fakta Jembatan Pulau Balang, Ditarget Kelar Februari 2021

2. Pasien konfirmasi positif diberi kode PPU 132 tinggal di Kelurahan Sungai Parit diisolasi di Samarinda

Di PPU, Tambah Satu Positif COVID-19 dan Satu Pasien SembuhIlustrasi Ruang Isolasi (IDN Times/Sunariyah)

Kemudian, tambahnya, untuk pasien yang dinyatakan terkonfirmasi positif diberi kode PPU 132, berjenis kelamin perempuan berumur 40 tahun tinggal di Perum Korpri, Kelurahan Sungai Parit, Kecamatan Penajam.

“Pasien harus menjalani isolasi di rumah sakit di Kota Samarinda, karena yang bersangkutan bergejala dan melakukan swab di rumah sakit tersebut,” terangnya.

Sementara itu, ungkap Arnold, pada hari ini pihaknya tidak mendapatkan informasi dari Dinkes Kaltim sehubungan dengan penambahan pasien konfirmasi positif atau pasien terkonfirmasi COVID-19 yang dinyatakan sembuh.

3. Tidak ada penambahan, kasus pasien terkonfirmasi positif COVID-19 tetap 132 kasus

Di PPU, Tambah Satu Positif COVID-19 dan Satu Pasien SembuhInfografis COVID-19 PPU Update 26 Oktober 2020 (Dok.Satgas COVID-19 PPU)

“Karena tidak ada penambahan, maka update kasus pasien terkonfirmasi positif COVID-19 per hari ini Senin (26/10/2020) jumlahnya tetap yaitu total sebanyak 132 kasus dimana 113 diantaranya telah sembuh, enam meninggal dunia dan 13 masih pasien masih positif dengan perincian empat dirawat di rumah sakit, sembilan melakukan isolasi mandiri,” kata Arnold.

Ia membeberkan, meksipun hari ini tidak ada penambahan pasien positif maupun sembuh, namun terdapat penambahan 10 pasien dengan kasus suspek di PPU. Sehingga hingga kini jumlah keseluruhan kasus suspek mencapai 1.234 dimana 13 diantaranya menjalani perawatan di rumah sakit, 18 isolasi mandiri dan delapan meninggal swab negatif serta satu pasien meninggal swab belum diketahui hasilnya.

Terkait dengan klaster-klaster di PPU, jelasnya, untuk klaster pondok pesantren (Ponpes) semua telah dinyatakan sembuh. Dimana terdapat satu klaster saja yakni Ponpes Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari Penajam, PPU.

“Di PPU terdapat selain klaster Ponpes juga terdapat klaster Gowa, klaster ABK Amertha, klaster Rumah Sakit, klaster guru atau sekolah, klaster tambang dan keluarga. Namun saat ini pasien positif masih dari klaster keluarga atau pasien non klaster atau mandiri,” pungkasnya.

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times

Baca Juga: 6 Makanan Khas Penajam Paser Utara, Ada Gula Jengkol & Jenderal Mabok

Topik:

  • Anjas Pratama

Berita Terkini Lainnya