Comscore Tracker

Ini Doa Nabi Muhammad untuk Kebahagiaan dan Kebaikan Hidup

Kebahagiaan hidup bukan dari materi semata

Jakarta, IDN Times - Nabi Muhammad SAW junjungan dan teladan umat Islam di dunia. Berbagai ajaran dan teladan diberikan untuk umat, termasuk untuk mencapai kebahagiaan dalam kehidupan. Hidup tidak akan bahagia bila kamu tidak mensyukuri nikmat yang diberikan Allah SWT, baik bahagia di dunia maupun akhirat. 

Karena sumber kebahagiaan sejati bukanlah harta benda melainkan ketenangan yang bisa dirasakan di dalam hati setiap individu. Kebahagiaan menjadi salah satu anugerah dari sang Ilahi yang tidak ternilai harganya.

Bahagia bukan hanya soal materi, melainkan rasa syukur dan tetap sabar menjalani takdir yang diujikan dari Allah SWT. Hal ini dicontohkan Nabi Muhammad SAW semasa hidupnya yang dipenuhi kebahagiaan, meskipun Allah SWT selalu memberikan cobaan kepadanya.

Nabi Muhammad selalu bersyukur, bersabar, dan juga berdoa untuk tetap bahagia saat menjalaninya setiap hal termasuk saat menjalani ujian kehidupan. Berikut adalah kumpulan doa Nabi Muhammad untuk mencapai kebahagiaan dalam hidup di dunia dan akhirat.  

1. Kebahagiaan dalam hidup

Ini Doa Nabi Muhammad untuk Kebahagiaan dan Kebaikan HidupIlustrasi (Unsplash/Afiq Fatah)

Melalui kisah hidup Nabi Muhammad SAW, kita dapat belajar bahwa kunci dari kebahagiaan ialah rasa bersyukur, kesabaran, dan selalu berdoa kepada Allah SWT. Banyak di sekeliling kita, orang berkelimpahan materi namun tak bahagia, sebaliknya orang miskin justru menikmati hidup yang bahagia.

Berikut adalah doa Nabi Muhammad yang bersyukur untuk kebahagiaan hidupnya.

اللَّهُمَّ أَعِنِّى عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

Allahumma a’inni ‘ala dzikrika wa syukrika wa husni ‘ibadatik

Artinya: Ya Allah, tolonglah aku dalam berzikir, bersyukur, dan beribadah yang baik pada-Mu.

Baca Juga: Asmaul Husna 'Al-Fattaah', Allah Yang Maha Membuka Pintu Kebaikan

2. Kebaikan di dunia dan akhirat

Ini Doa Nabi Muhammad untuk Kebahagiaan dan Kebaikan HidupIlustrasi (IDN Times/Fikriyah Nurshafa)

Kehidupan tidak berhenti ketika kamu meninggal dunia, namun tetap berlanjut pula kehidupan di akhirat kelak. Kehidupan akhirat menjadi kehidupan yang kekal bagi seluruh makhluk hidup di dunia.

Bahkan, Nabi Muhammad SAW yang sudah dijamin Allah SWT akan kebahagiaan dunia dan akhiratnya, pun tetap berdoa memohon kepada sang Ilahi.

Karena manusia adalah makhluk yang tidak luput dari dosa. Sebab itu, manusia tidak boleh lupa untuk berdoa memohon kepada Allah SWT, supaya diberikan kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Berikut adalah doa Nabi Muhammad untuk memohon kebaikan di dunia dan akhirat.

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanā, ātinā fid dunyā hasanah, wa fil ākhirati hasanah, wa qinā ‘adzāban nār

Artinya: Tuhan kami, berikan kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungilah kami dari siksa neraka.

3. Agar doa kita dikabulkan oleh Allah SWT

Ini Doa Nabi Muhammad untuk Kebahagiaan dan Kebaikan HidupIlustrasi berdoa (IDN Times/Sunariyah)

Untuk memperkuat doamu, memohonlah kepada Allah SWT apa yang kamu hajatkan atau inginkan, dengan bahasa sendiri dan dengan kalimat yang baik. Tanamkan keyakinan dalam diri bahwa Allah SWT akan mendengar dan mengabulkan doamu.

Jangan lupa juga adab berdoa, mulailah dengan membaca bismillahirrahmanirrahim dan bersalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Serahkan segala urusan kepada Allah SWT dan memohonlah untuk diberikan yang terbaik.  

Tetapi ingat, jangan cuma berdoa. Lakukanlah ikhtiar atau upaya semaksimal mungkin untuk memudahkanmu mencapai tujuan. 

Kalimat "Hasbiyallāhu wa ni'mal wakīl” (cukuplah Allah menjadi penolong bagiku) cukup terpuji, bila seseorang mengerahkan upaya maksimal sebelum kenyataan tiba.

Adapun seseorang menjadi tercela menurut agama, kalau hanya mengandalkan kalimat tersebut tanpa didahului upaya maksimal atau ikhtiar. Semoga kita mendapatkan kebahagiaan dan kebaikan di dunia dan akhirat, serta apa yang menjadi keinginan dan doa kita dikabulkan oleh Allah SWT.

Baca Juga: Anti Malas, 9 Cara Mudah Bangun Untuk Salat Tahajud

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya