Comscore Tracker

Kisah Mistis Penari Berkemban Merah, di Padepokan Jugala Raya Bandung

Banyak makhluk gaib di bangunan terbengkalai ini

Jakarta, IDN Times - Padepokan Jugala Raya di Bandung, Jawa Barat dulu populer sebagai tempat belajar menari jaipongan dan juga melakukan rekaman suara. Sayangnya, kini padepokan tersebut hanya tinggal nama. Bangunan padepokan itu bahkan terbengkalai.

Padepokan Jugala Raya dibangun oleh Gugum Gumbira Tirasondjaja karena resah melihat kondisi kehidupan seni tradisi di Jawa Barat. Secara bertahap, Gugum pun membangun dan melahirkan sebuah bentuk tarian yang kini bernama jaipongan.

Bangunan ini sudah tidak berpenghuni meskipun masih banyak peralatan kesenian yang ada di sana. Padepokan Jugala Raya pun kini diyakini ditempati oleh banyak makhluk gaib. Berbagai macam bentuk makhluk gaib yang menghuni padepokan ini, mulai dari yang menyeramkan hingga yang terlihat santun. Berikut penelusuran tim PM:AM IDN Times, Bayu dan Doel, dalam episode 6 season 3.

1. Sosok raksasa bertanduk dan bertaring menempati ruang studio rekaman

Kisah Mistis Penari Berkemban Merah, di Padepokan Jugala Raya BandungPadepokan Jugala Raya di Bandung (PM:AM IDN Times)

Di dalam padepokan ini terdapat ruang studio rekaman yang sudah lama tidak digunakan. Dulu, studio rekaman ini digunakan oleh Jugala Recording untuk rekaman.

Ketika memasuki ruang studio rekaman ini, Bayu merasakan dan melihat sosok raksasa penjaga ruangan studio. Sosok raksasa ini memiliki tanduk dan mata berwarna merah. Sosok ini juga memiliki gigi taring dan memakai baju hijau lengan pendek. Terlihat kedua tangan dan kakinya berukuran sangat besar, tidak seperti sosok lainnya di Padepokan Jugala.

“Modelnya agak beda dari yang lain, akhirnya kalau yang ini memang menjaga ya jadi beda dari yang lain,” ujar Bayu.

Baca Juga: Menyeramkan! 7 Tempat Wisata Ini Ternyata Punya Sejarah yang Tragis

2. Di gudang di lantai 2 terdapat sosok perempuan berkemban merah dengan wajah sadis

Kisah Mistis Penari Berkemban Merah, di Padepokan Jugala Raya BandungPadepokan Jugala Raya di Bandung (PM:AM IDN Times)

Saat memasuki lantai dua gedung, Bayu mencium bau anyir yang mengikutinya. Di tempat ini, masih tersimpan banyak perangkat alat kesenian, seperi alat musik gamelan, gendang, dan kostum penari.

Saat Bayu dan Doel memasuki gudang, kondisinya becek dan terdapat satu buah kamar mandi di dalam gudang. Samar dan kemudian jelas, Bayu pun melihat sosok perempuan di dekat jendela gudang ini.

Sosok perempuan tersebut mengenakan kemban Jawa berwarna merah, dengan kain berwarna cokelat dan selendang. Rambut sosok perempuan tersebut dibiarkan terurai panjang berwarna hitam.

“Dia berdiri kayak membelakangi jendela, awalnya kayak siluet. Terus semakin jelas, wajahnya kayak sadis gitu loh,” ujar Bayu kepada Doel.

Tidak hanya perempuan berkemban itu, di gudang ini juga banyak sosok penari lainnya yang memiliki aura negatif. Sosok-sosok tersebut diyakini memiliki kisah yang negatif semasa hidupnya.

3. Banyak sosok makhluk wanita penari

Kisah Mistis Penari Berkemban Merah, di Padepokan Jugala Raya BandungPadepokan Jugala Raya di Bandung (PM:AM IDN Times)

Sepanjang penelusuran Bayu dan Doel di Padepokan Jugala Raya, ternyata banyak sekali sosok gaib wanita penari yang menghuni bangunan tua itu.

Bayu menyebut, sosok-sosok wanita penari ini menggunakan kemban dan kain, serta rambut mereka disanggul ke atas layaknya seorang penari.

“Cuma modelnya yang santun-santun gitu. Jadi yang penting kita sopan aja gitu,” ujar Bayu.

https://www.youtube.com/embed/-WAjlFKCSAQ

Baca Juga: Seram, Ini 10 Gunung Angker dan Kisah Mistisnya di Jawa Barat

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya