Buzzer Tidak Akan Punah karena Dipelihara Elite Politik

Kerja buzzer akan berhenti jika mereka dikecewakan elite

Jakarta, IDN Times - Kegiatan cyber troops (pasukan siber) atau yang lebih dikenal dengan istilah buzzer di ranah propaganda politik, ternyata bukan isapan jempol semata.

Baru-baru ini sebuah penelitian dari Universitas Oxford dan Institut Internet Oxford, Inggris membuktikan bahwa Indonesia adalah salah satu dari 70 negara yang terdeteksi memiliki buzzer.

1. Buzzer tidak akan berhenti karena dijadikan pekerjaan utama

Buzzer Tidak Akan Punah karena Dipelihara Elite PolitikDoc. IDN Times

Menanggapi hal tersebut, Pengamat Politik Ujang Komaruddin menilai aktivitas para buzzer tersebut tidak akan pernah berhenti walaupun Pemilihan Presiden (Pilpres) telah berakhir.

“Pertama masalah priuk nasi, masalah pendapatan. Buzzer kan butuh hidup juga. Setelah Pilpres pendapatan mereka gak tentu, mereka butuh makan karena pekerjaan (utama) mereka ya itu buzzer,” kata Ujang saat dihubungi IDN Times, Minggu (6/10).

2. Buzzer akan terus dipelihara oleh elite

Buzzer Tidak Akan Punah karena Dipelihara Elite PolitikIDN Times/Panji Galih Aksoro

Kedua, sambung Ujang, para buzzer tersebut juga akan terus dipelihara oleh para elite politik untuk melawan serangan dari buzzer lawan di media sosial jika dibutuhkan.

“Justru kalau dibubarkan akan kecolongan diserang buzzer yang lain. Jadi buzzer itu bukan hanya setelah Pilpres dibuang, tapi dipelihara. Itu yang saya kira kenapa masih ada,” jelasnya.

Baca Juga: Penelitian Oxford Ungkap 4 Fakta Buzzer di Indonesia

3. Kerja buzzer akan berhenti jika mereka dikecewakan elite

Buzzer Tidak Akan Punah karena Dipelihara Elite Politik(Ilustrasi) pexels.com/@andri

Lebih jauh ia menjelaskan, kerja para buzzer akan terhenti jika mereka telah merasa dikecewakan lantaran janji-janji politik paska Pilpres tidak dipenuhi oleh elite Partai Politik.

“Misalkan si A buzzer, pasti dijanjikan oleh capres-cawapres ‘nanti kamu (buzzer) kalau saya jadi (menang pemilu) masuk Istana atau nanti jadi Komisaris atau Duta Besar’. Nah kalau janjinya tidak ditepati maka akan kecewa dan dia berhenti atau berpindah kepada buzzer lawan,” ungkapnya.

4. Penelitian Universitas Oxford sebut bayaran buzzer mencapai Rp50 juta

Buzzer Tidak Akan Punah karena Dipelihara Elite Politik"The Global Disinformation Order 2019 Global Inventory of Organised Social Media Manipulation- Universitas Oxford

Sebelumnya, Universitas Oxford dan Institut Internet Oxford, Inggris melakukan penelitian terbaru yang berjudul "The Global Disinformation Order 2019 Global Inventory of Organised Social Media Manipulation".

Penelitian tersebut mengungkap sebuah aktivitas buzzer sebagai penggerak isu politik yang merupakan propaganda dari pihak politikus tertentu, di media sosial Twitter, WhatsApp, Instagram dan Facebook. Di balik perang tagar, ada peran buzzer politik untuk menaikkan isu menjadi sebuah trending topic.

Laporan penelitian yang ditulis oleh Samantha Bradshaw Philip N Howard dari Oxford mengungkap bayaran yang diterima buzzer berkisar antara Rp1 juta hingga Rp50 juta.

Baca Juga: Dapat Bayaran Hingga Rp50 Juta, Begini Fakta-Fakta Soal Buzzer Politik

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya