Comscore Tracker

5 Fakta Pendiri MER-C, Joserizal Jurnalis sang Pejuang Kemanusiaan

Rest in peace Joserizal

Jakarta, IDN Times - Pendiri Medical Emergency Rescue Comittee (MER-C) Joserizal Jurnalis meninggal dunia pada Senin (20/1) pukul 00.38 di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta Barat.

Dokter yang juga sekaligus aktivis sosial kemanusiaan ini meninggal dunia pada usia 56 tahun.

Laman MER-C.org mengumumkan berita duka tersebut. Mendiang Joserizal Jurnalis akan disemayamkan di Pendopo Silaturahim, Jl Kalimanggis Raya No. 90 Cibubur, Bekasi. Jenazah akan disalatkan bada Dzuhur di Masjid Silaturahim dan dimakamkan di TPU Pondok Rangon, Jakarta Timur.

"Mohon dimaafkan segala kesalahan dan kekhilafan beliau. Terima kasih atas segala doa dan perhatian dari kerabat, teman, relasi, saudara-saudara seperjuangan selama beliau sakit hingga akhir hayatnya," tulis keluarga besar Mer-C dalam laman tersebut.

1. Joserizal merupakan seorang dokter spesialis

5 Fakta Pendiri MER-C, Joserizal Jurnalis sang Pejuang Kemanusiaan

Dikutip dari Antara, pria yang lahir di Padang pada 11 Mei 1963 merupakan dokter spesialis bedah orthopedi (bedah tulang) lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) sekaligus juga aktivis yang membantu masyarakat korban perang.

2. Sukarelawan kesehatan yang kerap terjun di lokasi konflik

5 Fakta Pendiri MER-C, Joserizal Jurnalis sang Pejuang KemanusiaanANTARANEWS

Joserizal beberapa kali terlibat sebagai petugas dan sukarelawan kesehatan pada beberapa konflik yang terjadi di Indonesia maupun internasional. Dia terjun langsung di lokasi seperti di Maluku, Poso, Aceh dan juga beberapa wilayah konflik di Timur Tengah seperti Sudan, Afghanistan, Irak dan Gaza, Palestina.

3. Penggagas Rumah Sakit Indonesia di Gaza, Palestina

5 Fakta Pendiri MER-C, Joserizal Jurnalis sang Pejuang KemanusiaanInstagram?@jozerizaljurnalis

Mendiang Joserizal juga merupakan sosok yang menggagas berdirinya Rumah Sakit Indonesia (RSI) di Gaza, Palestina sejak 2008 untuk memberikan bantuan medis bagi korban konflik yang terjadi di sana.

 

4. Pernah menjadi Rektor Universitas Andalas

5 Fakta Pendiri MER-C, Joserizal Jurnalis sang Pejuang KemanusiaanUniversitas Andalas (unand.ac.id)

Selain doker, Joserizal merupakan seorang akademisi lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang pernah menjadi rektor di Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat pada 1984-1993.

5. Joserizal dirawat di RS Harapan Kita sejak akhir tahun

5 Fakta Pendiri MER-C, Joserizal Jurnalis sang Pejuang KemanusiaanANTARANEWS/Laily Rahmawaty

Pada akhir tahun lalu, Joserizal dikabarkan sakit. Dia mendapatkan perawatan di ruang intensif (Intensive Care Unit/ICU) Rumah Sakit Harapan Kita Jakarta. Joserizal tutup usia di rumah sakit ini pada 20 Januari 2020.

 

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya