Begini Keunikan Komodo Bagi Wanita yang Sedang Haid

Tapi komodo tidak mengincar luka yang berdarah 

Labuan Bajo, IDN Times - Baru-baru ini foto komodo berhadapan dengan truk yang diduga kendaraan proyek pembangunan objek wisata baru Jurassic Park di Taman Nasional Komodo (TNK), Nusa Tenggara Timur, ramai di media sosial hingga viral. Belakangan ini, sejumlah kalangan juga menolak proyek tersebut karena dianggap mengancam habitat satwa langka itu. 

Bicara komodo, ternyata punya karakter unik. Bagi perempuan yang sedang mengalami 'datang bulan' atau haid konon jadi incaran satwa purba ini. Karena itu, perempuan yang sedang haid dianjurkan untuk melapor pada ranger yang sedang bertugas, jika berkunjung ke TNK.

"Kalau lagi 'berhalangan' terus terang kepada ranger biar bisa diutamakan pengamanannya saat ketemu komodo," ujar seorang ranger bernama Abdurrahman saat ditemui IDN Times, pada 9 Oktober 2019. Kenapa begitu ya? 

Baca Juga: Bintang Emon Sindir Pembangunan Pulau Komodo: Ambil Aja Bos Semuanya!

1. Komodo akan mengincar perempuan yang sedang haid

Begini Keunikan Komodo Bagi Wanita yang Sedang HaidIlustrasi Komodo (IDN Times/Aryodamar)

Menurut Rahman, penciuman komodo pada perempuan yang sedang haid akan lebih besar ketimbang yang lainnya karena mudah mencium bau darah, sehingga perlu penjagaan ekstra dari ranger.

Ia pun meminta wisatawan agar tak malu menceritakan kondisinya pada ranger yang bertugas.

"Kita apresiasi yang jujur karena memudahkan ranger bertugas," tutur dia. 

2. Komodo tidak mengincar luka yang berdarah

Begini Keunikan Komodo Bagi Wanita yang Sedang HaidIlustrasi Komodo (IDN Times/Aryodamar)

Berbeda dengan wanita haid, pria yang sudah belasan tahun menjadi ranger itu memastikan, orang-orang yang punya luka di kulitnya tak berpengaruh pada komodo, meski sama-sama mengeluarkan darah seperti haid.

"(Luka-luka) gak apa-apa, aman," kata dia.

3. Proyek Jurassic Park di TNK mendadak viral karena foto komodo vs truk proyek

Begini Keunikan Komodo Bagi Wanita yang Sedang Haid(Twitter)

Media sosial sedang diramaikan dengan sebuah unggahan foto komodo di media sosial. Komodo tersebut tengah berhadapan dengan truk yang diduga sebagai salah satu kendaraan proyek pembangunan proyek Jurassic Park di TNK, Pulau Rinca, Manggarai Barat, NTT. Bahkan, foto tersebut trending di Twitter dengan #savekomodo, sejak Minggu (25/10/2020) hingga hari ini.

Melalui akun resmi Instagram @kementerianLHK, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengklarifikasi bahwa foto itu memang berasal dari aktivitas pembangunan penataan kawasan Taman Nasional Komodo (TNK).

"Terkait dengan foto yang tersebar di media sosial akhir-akhir ini, dapat dijelaskan bahwa kegiatan aktivitas pengangkutan material pembangunan yang menggunakan alat berat dilakukan, karena tidak dimungkinkan menggunakan tenaga manusia," tulis @kementerianLHK dikutip IDN Times, Senin (26/10/2020).

KLHK menjelaskan salah satu penataan TNK yaitu berada di Lembah Loh Buaya, Pulau Rinca. Populasi komodo di lokasi tersebut yaitu 5 persen dari total 1.300 ekor komodo di TNK atau sekitar 66 ekor.

"Setidaknya ada 15 ekor komodo yang berkeliaran di area pembangunan sarana dan prasarana di Lembah Loh Buaya," sebut KLHK.

Untuk memastikan keamanan satwa langkah tersebut, KLHK menegaskan, selama proses pembangunan sarana prasarana, komodo diawasi lima hingga 10 petugas lapangan. "Penggunaan alat-alat berat telah dilakukan dengan prinsip kehati-hatian," tulis KLHK.

KLHK juga menyebutkan pengembangan wisata di TNK akan diarahkan menjadi destinasi wisata super prioritas berdasarkan amanat Presiden Joko "Jokowi" Widodo. "Sehingga dilaksanakan pembangunan sarana prasarana penunjang pariwisata di wilayah tersebut," jelas KLHK.

Baca Juga: [FOTO] Melihat Wujud Komodo dari Dekat, Ternyata Menggemaskan!

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya