14 Hari Gak Sadarkan Diri, Perjuangan Budi Karya Sembuh dari COVID-19

Awalnya, Menhub Budi Karya mengira ia hanya kena tifus

Jakarta, IDN Times - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi begitu bersyukur bisa sembuh dari virus corona. Perjuangan dari tim dokter RSPAD Gatot Soebroto, dukungan keluarga serta kerabat Budi Karya, turut membantunya berjuang melawan wabah tersebut. 

"Semua ini kehendak Allah SWT. Kerja keras tim RSPAD, keluarga, tentu juga dari rekan media sekalian," ucap Budi dalam video conference, Senin (27/4). 

1. Budi Karya mengaku sempat tak tahu bila terinfeksi virus corona

14 Hari Gak Sadarkan Diri, Perjuangan Budi Karya Sembuh dari COVID-19Ilustrasi virus corona. (IDN Times/Mia Amalia)

Budi membagikan ceritanya berjuang melawan virus corona. Sebelum dinyatakan positif, Budi tidak tahu bahwa dirinya telah terinfeksi virus corona. Ia mengaku pada saat itu hanya dinyatakan penyakit tifus. 

"Jadi saya gak tahu kalau kena COVID. Pada saat dinyatakan tifoid (tifus) saya masuk RS. Di tengah-tengah itu baru dinyatakan (terinfeksi) COVID-19," ungkap Budi. 

Ia bahkan pada saat itu sempat tidak sadarkan diri.

"Saya gak tahu (terinfeksi). Gak sadarnya 14 hari," sambung dia. 

Baca Juga: Dua Tes Hasilnya Negatif, Menhub Budi Karya Tunggu Pulih Sambil WFH

2. Setelah sadar, Menhub sempat tak pikirkan soal urusan negara

14 Hari Gak Sadarkan Diri, Perjuangan Budi Karya Sembuh dari COVID-19Budi Karya Sumadi dalam Acara Suara Millennials by IDN Times (Dok. IDN Times)

Budi menambahkan, pada saat sadar, ia mengaku tidak fokus pada saat itu. Dirinya mengatakan bahwa prioritas pada saat itu adalah fokus berjuang melawan penyakit yang menyerangnya itu.

"Belum mikir negara dulu. Saya berpikir di mana mesti duduk, mesti pergi ke belakang (kamar mandi), mesti doyan makan. Dibimbing suster dan dokter semua meningkat (kondisi kesehatan saya)," imbuh dia.

Setelah 3-4 hari sadar, Budi mengucapkan terima kasih kepada Wakil Kepala RS Kepresidenan RSPAD Gatot Subroto, Brigjen TNI dr. Albertus Budi Sulistya, Sp. THT-KL., dan tim dokter lainnya yang telah merawatnya.

Budi juga mengaku sempat meminta izin untuk dirawat di rumah dinasnya. Apalagi, di rumah tersebut ada istri dan anaknya yang bisa selalu menemani.

"Akhirnya dikasih tanggal 31 Maret 2020 saya pulang dengan apa yang disetujui dr. Budi dan dr. Nyoto," ujarnya.

3. Menhub Budi telah dinyatakan sembuh

14 Hari Gak Sadarkan Diri, Perjuangan Budi Karya Sembuh dari COVID-19Menhub Budi Karya Sumadi Sidak Bandara Soetta, Kamis (27/2) (IDN Times/Candra Irawan)

Wakil Kepala RSPAD Gatot Subroto Budi Sulistya menyatakan bahwa saat ini Budi Karya telah dinyatakan sembuh. Dari dua kali hasil pemeriksaan, Budi Karya dinyatakan negatif virus corona.

"Beliau pulang rawat 31 Maret 2020 dan sudah sampai saat ini 2 kali pemeriksaan PCR COVID-19. Negatif. Artinya dari kriteria kasus COVID-19, beliau sudah negatif pada saat ini," katanya.

Budi Sulistya menyatakan bahwa saat ini Budi Karya tengah menjalani pemulihan pasca-perawatan. Ia mengatakan Budi Karya sudah diizinkan bekerja dari rumah dengan tetap melalukan pengawasan. 

"Prinsipnya kondisi beliau sudah dalam proses pemulihan dan memungkinkan untuk bekerja dari rumah. Atau WFH. Di samping itu, beliau tetap kontrol dan dalam perawatan tim dokter (RSPAD)," terang dia.

Baca Juga: Sembuh dari Virus Corona, Budi Karya: Ini Mukjizat!

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya