Dear Millennials, Investasi Penting agar Tidak Tua Sebelum Kaya

Millennials masih takut berinvestasi

Jakarta, IDN Times - Pilihan investasi terus berkembang sehingga masyarakat semakin dimudahkan dalam memilih investasi yang diinginkan. Meski semakin banyak pilihan dan mudah, tidak semua kalangan berani berinvestasi.

Millennials disebut sebagai salah satu golongan generasi yang belum berani berinvestasi. Akademisi Universitas Indonesia, Fithra Faisal Hastiadi mengatakan, ketakutan para millennial lantaran mereka masih ingin meningkatkan pengalaman hidup mereka. 

"Ketakutan temen-temen millennials dalam investasi itu bisa dipahami selama ini bicara millennials, bagaimana meningkatkan leisure activities kegiatan berpengalaman mereka," ujarnya dalam Talkshow Forum Kafe BCA, Jakarta, Kamis (26/9).

1. Sosialisasi dan edukasi para millennial agar tidak kehilangan momen

Dear Millennials, Investasi Penting agar Tidak Tua Sebelum KayaIDN Times/Arief Rahmat

Oleh karena itu, Fithra mendorong kepada semua pihak, khususnya perbankan dan pemerintah untuk terus mengedukasi dan mensosialisasikan pentingnya investasi kepada generasi millennial.

"Nah, oleh karenanya penting sekali bagi investment manager, BCA bersama perbankan lain, pemerintah, itu mengedukasi para millennial. Karena memang kalau kita tidak melakukan itu kita akan kehilangan momentum," tuturnya.

Baca Juga: Mau Investasi? Yuk, Pelajari Tabungan Emas

2. Sisihkan penghasilan sejak dini

Dear Millennials, Investasi Penting agar Tidak Tua Sebelum KayaIDN Times/Hana Adi Perdana

Fithra menyarankan kepada generasi millennial agar segera memulai untuk menyisihkan penghasilan sejak awal. Nantinya, uang itu bisa dimanfaatkan untuk berinvestasi. 

"Nah makanya mumpung sekarang lagi produce maka menyisihkan sedikit lah. Karena banyak investasi. Sekarang bisa beli reksadana, obligasi, beda sama dulu yang memang orang kaya saja yang bisa. Mungkin hari ini puasa Starbucks Rp50 ribu dulu bisa," jelas dia.

3. Investasi penting tidak menjadi tua sebelum kaya

Dear Millennials, Investasi Penting agar Tidak Tua Sebelum KayaIDN Times/Hana Adi Perdana

Fithra menambahkan, investasi penting untuk masa depan. Untuk saat ini, millennial merasa bahwa berinvestasi tidak memberikan dampak signifikan. 

"Kalau kita kehilangan cara dalam mengelola keuangan dengan baik maka kita akan menjadi tua sebelum kaya," ungkapnya.

Baca Juga: Pahami 6 Hal Ini Jika Kamu Ingin Berinvestasi

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya