Padam Listrik di Jakarta, Layanan Perbankan Tetap Normal karena Ini

Transaksi dengan mobile banking tergantung jaringan seluler

Jakarta, IDN Times - Beberapa layanan perbankan kembali normal pasca mati listrik di Jabodetabek dan Jawa Barat. Seluruh jaringan kantor cabang Bank Mandiri memiliki genset untuk mem-back up pasokan listrik.

"Meski demikian, kami memperkirakan beberapa ATM yang berlokasi di luar cabang Bank Mandiri atau di gedung yang tidak memiliki genset, akan mengalami gangguan karena daya tahan baterai (UPS) hanya untuk 1-2 jam," kata Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas di Jakarta, Minggu (4/8).

1. Bank Mandiri masih berkoordinasi terkait pasokan listrik

Padam Listrik di Jakarta, Layanan Perbankan Tetap Normal karena IniANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Bank Mandiri juga terus berkomunikasi dengan berbagai pihak, termasuk pengelola-pengelola gedung untuk memastikan dan memonitoring ketersediaan pasokan listrik untuk ATM dan EDC Bank Mandiri.

Untuk layanan mandiri online, lanjut Rohan, juga dipastikan tetap berjalan normal. Namun, layanan ini dapat terimbas jika jaringan seluler di lokasi nasabah terganggu.

"Kami terus memastikan bahwa layanan perbankan Bank Mandiri tetap berfungsi untuk memenuhi kebutuhan transaksi keuangan masyarakat," ujar Rohan.

Baca Juga: Bukan Cuma Jakarta, Ini Daftar Daerah Terdampak Pemadaman Listrik

2. Layanan Bank BRI juga normal

Padam Listrik di Jakarta, Layanan Perbankan Tetap Normal karena IniANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Bank BRI juga memastikan sebagian besar layanan perbankan BRI masih dapat diakses secara normal, meski pasokan listrik terganggu sejak Minggu siang.

Seluruh jaringan kantor BRI dilengkapi oleh genset sehingga dipastikan seluruh ATM di unit kerja BRI dapat beroperasi secara normal. Namun, di lokasi lainnya, layanan ATM mungkin terganggu karena keterbatasan daya tahan baterai cadangan.

"Nasabah BRI dapat tetap melakukan transaksi perbankan melalui internet banking dan juga mobile banking BRI, jika tidak terdapat gangguan pada jaringan seluler atau HP di lokasi nasabah," kata Corporate Secretary BRI, Bambang Tribaroto.

3. BNI anjurkan nasabah pakai ATM di kantor cabang

Padam Listrik di Jakarta, Layanan Perbankan Tetap Normal karena IniDok.IDN Times

Sementara, operasional sebagian besar mesin ATM BNI di area yang terkena pemadaman listrik oleh PLN tetap berjalan normal. Saat ini masih terdapat lebih dari 15.000 ATM BNI yang bisa melayani transaksi nasabah di seluruh Indonesia.

BNI menganjurkan nasabah dan mitra setianya untuk menggunakan mesin-mesin ATM yang berada di dalam area kantor cabang BNI, karena memiliki cadangan daya yang memadai.

Atau dapat menggunakan ATM BNI di area yang memiliki pasokan listrik gedung yang cukup, misalnya di Mall, Restaurant, Bandara atau area public services yang memiliki pasokan listrik genset.

BNI memastikan operasional ATM-ATM yang berada di luar gedung Kantor Cabangnya (off branch) akan kembali normal setelah pasokan listrik ke gedung pulih. Transaksi juga masih dapat dilakukan melalui BNI Mobile Banking, BNI SMS Banking, dan BNI Internet Banking.

4. Layanan BCA dan BTN juga kembali normal

Padam Listrik di Jakarta, Layanan Perbankan Tetap Normal karena IniIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Untuk layanan BCA, nasabah tetap dapat melakukan transaksi perbankan melalui layanan elektronik BCA antara lain BCA mobile, Internet Banking, Klik BCA, dan Sakuku BCA.

Informasi lebih lanjut, nasabah dapat menghubungi Halo BCA 1500888 atau Twitter @halobca, webchat www.bca.co.id, email halobca@bca.co.id or WA di 08111500998

Sementara, untuk layanan Bank BTN, operasional Bank BTN dipastikan tetap berjalan normal karena dicover dengan genset gedung dan UPS yg tersedia, termasuk layanan online banking yang tetap aktif.

Sejumlah jaringan ATM di Kantor Cabang pun terpantau tetap aktif (online).

"Semoga layanan PLN segera pulih agar seluruh aktivitas nasabah perbankan dapat terlayani maksimal. Kami terus memonitor dan berkomunikasi aktif dengan seluruh unit kerja terkait utk memastikan layanan perbankan Bank BTN tetap berfungsi baik guna memenuhi kebutuhan transaksi nasabahnya," kata Corporate Secretary PT. Bank Tabungan Negara (Perseo) Tbk, Achmad Chaerul.

Baca Juga: Jakarta Mati Lampu, Ini Cara Menyelamatkan Stok ASI di Freezer

Topik:

  • Doni Hermawan
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya