Kubu Prabowo: Ujian Nasional Sekadar Formalitas 

Sandiaga berencana hapus UN jika menang Pilpres 2019

Jakarta, IDN Times - Calon wakil presiden Sandiaga Uno berencana menghapus ujian nasional (UN) bagi anak sekolah. Terkait hal ini, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga menjelaskan lebih lanjut alasan penghapusan UN.

"Kita akan menghapus ujian nasional, kita ganti dengan penelusuran minat dan bakat. Jadi kita ingin memastikan bahwa pendidikan kita itu menjadi sarana yang menggembirakan, pendidikan yang menggembirakan. Pendidikan yang mencerahkan, kemudian dia memajukan," ujar Koordinator Juru Bicara BPN Dahnil Anzar Simanjuntak di Media Center BPN, Jalan Sriwijaya, Jakarta Pusat, Senin (18/3).

Baca Juga: Disindir Sandiaga dengan E-KTP, Ini Jawaban Ma'ruf Amin

1. UN hanya formalitas belaka

Kubu Prabowo: Ujian Nasional Sekadar Formalitas IDN Times/Irfan fathurohman

Dahnil mengatakan, UN selama ini sekadar menjadi program formalitas belaka. Selain itu, pelaksanaan UN dinilai dapat merusak moral bangsa karena kerap ditemukan sontekan saat pelaksanaan ujian.

"UAN (ujian akhir nasional) itu selama ini tidak menggembirakan anak-anak didik, murid di SD, SMP, SMA itu tidak menemukan kegembiraan di UAN. Ditambah lagi, UAN selama ini berubah sekadar menjadi formalitas, belum lagi ada pemborosan di pelaksanaan UAN. Belum lagi ada permasalahan moral terkait dengan pelaksanaan UAN, terutama mengenai tradisi nyontek dan sebagainya yang kemudian harus kita ubah," katanya.

2. BPN juga jelaskan soal wacana meliburkan sekolah selama bulan Ramadan

Kubu Prabowo: Ujian Nasional Sekadar Formalitas IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Dahnil juga menjelaskan alasan Sandiaga yang ingin meliburkan sekolah saat bulan Ramadan. Menurut Dahnil, libur satu bulan itu bisa dimanfaatkan peserta didik untuk meningkatkan pemahaman toleransi sesama umat manusia.

"Kenapa libur satu bulan full (Ramadan) itu penting? Karena kita ingin mendorong konsentrasi pendidikan itu di salah satu momentum pendidikan di luar sekolah selama di bulan Ramadan. Mereka masing-masing di masjid, di pesantren, kemudian di gereja, dan semuanya fokus pada pengajaran agama, pengajaran makna toleransi, makanya di bulan Ramadan itu bulan toleransi," jelasnya.

"Jadi simbol bulan toleransi dan Ramadan itu, debat kita bukan warung buka atau tidak. Tapi sudah bicara bagaimana fokus belajar agama dalam satu bulan tersebut. Termasuk agama-agama yang lain, itu pendidikan lain," lanjutnya.

3. Alasan Sandiaga ingin hapus UN

Kubu Prabowo: Ujian Nasional Sekadar Formalitas ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Sebelumnya dalam debat Pilpres putaran ketiga, Minggu (17/3) malam, Sandiaga mengungkapkan rencananya untuk menghapus ujian nasional. Sandiaga menyebut, ujian nasional sebagai salah satu sumber biaya tertinggi dalam sistem pendidikan nasional.

"Kami juga akan menghapus ujian nasional. Ini adalah salah satu sumber biaya yang tinggi bagi sistem pendidikan kita," kata Sandiaga di Hotel Sultan, Jakarta Pusat.

4. UN akan diganti dengan penelusuran minat dan bakat

Kubu Prabowo: Ujian Nasional Sekadar Formalitas IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Jika terpilih sebagai wapres, Sandiaga akan mengganti ujian nasional dengan penelusuran minat dan bakat. Menurut dia, penelusuran minat dan bakat lebih aplikatif bagi peserta didik.

"Sangatlah aplikatif kepada peserta didik, mereka akan mampu diarahkan ke mana mereka, ekonomi kreatif atau apa pun sesuai kemampuannya," ujarnya.

5. Sandiaga akan mendorong siswa untuk berkarakter dan bersikap baik

Kubu Prabowo: Ujian Nasional Sekadar Formalitas ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Sandiaga mengatakan, fokus pemerintah nantinya akan membangun kurikulum yang baik. Selain itu, dia mendorong para peserta didik yang tidak hanya pintar, tetapi juga memiliki karakter dan sikap yang baik.

"Di bawah Prabowo-Sandi, kita pastikan kurikulum kita fokus pada hal esensi dan akan membangun karakter, budi pekerti, dan membangun peserta didik yang memiliki akhlakul karimah," ujarnya.

Baca Juga: Sandiaga Pakai Gadget Saat Debat, BPN: Anak Zaman Now

Topik:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya