Comscore Tracker

Ini 5 Program Prioritas I Gusti Ayu di Kementerian PPPA 

Kementerian PPPA akan koordinasi dengan kementerian lainnya

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmavati dilantik oleh Presiden Joko 'Jokowi' Widodo di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (23/10). Setelahnya, Gusti memaparkan ada lima program prioritas yang akan diemban oleh Kementerian PPPA.

1. Meningkatkan pemberdayaan perempuan di bidang wirausaha

Ini 5 Program Prioritas I Gusti Ayu di Kementerian PPPA IDN Times/Lia Hutasoit

Dia menjelaskan KPPPA lebih banyak melakukan sinkronisasi kebijakan pemerintah dan kementerian lainnya seperti Kementerian Desa.

"Di sini kalau kemarin terkait dengan arahan Bapak Presiden kepada kami yang menjadi tupoksi daripada Kementerian di PPPA ini yang pertama terkait dengan pemberdayaan perempuan di bidang kewirausahaan," ujar I Gusti Ayu Bintang di Kementerian PPPA, Jakarta Pusat, Kamis (24/10).

2. Sinkronisasi dengan kementerian lain

Ini 5 Program Prioritas I Gusti Ayu di Kementerian PPPA IDN Times/Lia Hutasoit

Gusti melanjutkan, prioritas pemberdayaan di bidang usaha tersebut KPPPA telah membicarakannya dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDT-T) dan lainnya.

Menurutnya, KPPA harus bersinergi untuk dapat mempercepat hal-hal yang diarahkan Presiden.

Baca Juga: Gusti Ayu Bintang Darmavati, Istri Mantan Menteri Jadi Menteri PPPA

3. Koordinasi dengan Kemendes PDT-T agar disisihkan dana

Ini 5 Program Prioritas I Gusti Ayu di Kementerian PPPA Twitter/@KSPgoid

Selain dengan Kemendes PDT-T, KPPPA melihat adanya potensi besar dari Kementerian Dalam Negeri terkait Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga.

"Di sana (Kemendagri) ada gerakan sampai tingkat bawah yang tadi kami sudah bicarakan dengan Kementerian Desa, minimal di dalam RPJMDes-nya itu sudah melibatkan, sudah ada yang disisihkan dana untuk terkait dengan pemberdayaan perempuan," katanya.

4. Prioritaskan kasus kekerasan, pekerja anak, dan pernikahan dini

Ini 5 Program Prioritas I Gusti Ayu di Kementerian PPPA IDN Times/Lia Hutasoit

Lalu yang kedua adalah terkait dengan peran ibu dalam pendidikan anak-anak. Gusti mengatakan, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan menteri terkait perihal hal ini.

"Kemudian yang ketiga tentang kekerasan, pekerja anak dan pernikahan dini," terang dia.

I Gusti Ayu Bintang Darmavati juga menyampaikan bahwa KPPA yang sebelumnya telah meninggalkan pondasi yang kuat, ia akan menindaklanjuti tugas-tugas yang telah dilakukan sebelumnya.

Baca Juga: Lindungi Pekerja Perempuan, KPPPA Luncurkan Rumah Perlindungan

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya