Comscore Tracker

5 Pahlawan Perempuan Ini Potretnya Diabadikan di Uang Kertas Rupiah 

Menjadi inspirasi bagi rakyat Indonesia

Jakarta, IDN Times - Pahlawan yang berjasa untuk kemerdekaan Indonesia tak hanya laki-laki saja. Banyak pahlawan perempuan yang juga berjuang baik melalui jalur pendidikan, maupun juga angkat senjata melawan para penjajah.

Nah, untuk mengenang perjuangan para perempuan hebat yang berjasa untuk negara tersebut, pemerintah kemudian mengabadikan potret mereka dalam lembar rupiah. Siapa sajakah mereka? Berikut lima pahlawan perempuan yang pernah diabadikan pada lembaran rupiah.

1. R.A. Kartini

5 Pahlawan Perempuan Ini Potretnya Diabadikan di Uang Kertas Rupiah Instagram/@Uang_kuno_18_rupiah

R.A. Kartini adalah perempuan pertama yang muncul di uang kertas Indonesia pada tahun 1953. Pada saat itu Bank Indonesia mencetak uang Rp5 bergambar R.A. Kartini.

Sosok R.A Kartini kembali muncul pada nominal Rp10.000, portret dirinya muncul di bagian depan, dan bagian belakang adalah gambar wisudawati. Uang ini diedarkan tahun 1985 sebelum ditarik pada 1995.

Baca Juga: Hari Pahlawan Diperingati di Samarinda setelah Empat Tahun Kemerdekaan

2. Cut Nyak Meutia

5 Pahlawan Perempuan Ini Potretnya Diabadikan di Uang Kertas Rupiah Instagram/attjehgallery

Cut Nyak Meutia merupakan pahlawan perempuan asal Aceh yang sempat muncul di uang rupiah. Potret Cut Nyak Meutia pertama kali digunakan pada emisi 1992 pada nominal Rp1.000 dan Rp5.000, dalam bentuk tanda air (watermark). Kedua nominal tersebut ditarik pada 2006.

Potret Cut Nyak Meutia juga terlihat di nominal yang sama pada 2000, 2001 dan 2006. Pada 2006 potret Cut Nyak Meutia dimunculkan sebagai gambar depan pada nominal Rp1.000.

3. Cut Nyak Dien

5 Pahlawan Perempuan Ini Potretnya Diabadikan di Uang Kertas Rupiah Instagram/collector_uang_kuno

Pahlawan perempuan asal Aceh lainnya yakni Cut Nyak Dien juga pernah muncul sekali di gambar depan uang kertas nominal Rp10.000 pada 1998 namun ditarik pada 2008.

Cut Nyak Dien dikenal sebagai pahlawan di masa perang Aceh dan berjuang bersama sang suami yang juga seorang pahlawan, yakni Teuku Umar.

4. Martha Christina Tiahahu

5 Pahlawan Perempuan Ini Potretnya Diabadikan di Uang Kertas Rupiah Wikipedia.org

Pahlawan perempuan yang berasal dari Maluku Martha Christina Tiahahu juga pernah terlukis di mata uang rupiah. Martha berjuang melawan Belanda dalam perang Pattimura tahun 1817. Martha resmi menjadi Pahlawan Nasional pada 20 Mei 1969.

Dirinya pernah muncul di nominal Rp5.000 emisi 1985 dan ditarik dari peredaran pada 1995.

5. Dewi Sartika

5 Pahlawan Perempuan Ini Potretnya Diabadikan di Uang Kertas Rupiah Wikipedia.org

Dewi Sartika merupakan tokoh perempuan Indonesia asal Bandung. Dirinya adalah sosok perintis pendidikan bagi kaum wanita dan diakui sebagai Pahlawan Nasional pada 1966.

Dewi Sartika sempat muncul di uang kertas rupiah dengan nominal Rp5.000 emisi 1982 lalu ditarik dari peredaran pada 1992.

Itulah lima orang pahlawan perempuan yang pernah muncul dalam lembaran mata uang rupiah. Semoga perjuangan mereka bisa menginspirasi kita.

Baca Juga: 10 Potret Samarinda Jadul vs Terkini, Jangan Lupakan Sejarah!

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya