Comscore Tracker

5 Jenazah ABK KM Starindo Disimpan di Freezer Sebelum Tiba ke Daratan

Ditemukan saat polisi periksa manifes kapal

Samarinda, IDN Times - Lima anak buah kapal (ABK) KM Starindo Jaya Maju VI, yang disimpan di freezer atau lemari pendingin kapal, telah meninggal sejak dua pekan lalu, yakni sekitar tanggal 3 atau 4 September 2020.

Hal demikian dikatakan Kabid Humas Polda Metro Jaya Yusri Yunus. 

Kala itu, kapal hendak kembali ke darat setelah selesai menangkap ikan, namun karena butuh waktu dua minggu untuk sampai di darat, akhirnya jasad lima ABK tersebut disimpan di freezer.

"Sehingga inisiatif dari nakhodanya untuk dititipkan di freezer kapal tersebut, karena diduga masih ada jarak dua minggu untuk sampai daratan," kata Yusri pada awak media di Polda Metro Jaya, Jumat (18/9/2020).

1. Pesta miras oplosan sebelum meninggal

5 Jenazah ABK KM Starindo Disimpan di Freezer Sebelum Tiba ke DaratanIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Berdasarkan keterangan awal yang dihimpun polisi, lima ABK itu meninggal setelah pesta minuman keras (miras) oplosan di kapal penangkap ikan tersebut.

"Karena berlayar selama dua bulan, setelah melakukan penangkapan melakukan pesta miras oplos di kapal dan mengakibatkan lima orang itu meninggal dunia,"
ujar Yusri.

Baca Juga: Lawan Tangan Kosong, Remaja SMP di Kaltim Lolos dari Cengkeraman Buaya

2. Lima jenazah ditemukan saat polisi periksa manifes kapal

5 Jenazah ABK KM Starindo Disimpan di Freezer Sebelum Tiba ke DaratanPelabuhan Paotere, Makassar, Sulsel, Jumat (27/4/2012). (ANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang)

Temuan jenazah ini bermula saat Polres Kepulauan Seribu melakukan Operasi Yustisi di sebuah kapal penangkap ikan yang sedang berlayar di sekitar perairan Pulau Pari, Kepulauan Seribu, pada Kamis 17 September 2020 sekitar pukul 14.15 WIB.

Saat manifes atau daftar isi muatan kapal diperiksa ada 43 orang yang tercatat, namun saat dihitung hanya ada 38 orang dalam kapal itu

"Dari hasil pengecekan lima orang lagi ditemukan di dalam freezer kapal tersebut," ujar Yusri.

3. Enam saksi diperiksa termasuk nakhoda dan ABK

5 Jenazah ABK KM Starindo Disimpan di Freezer Sebelum Tiba ke DaratanKapal Vietnam yang masuk ke perairan Natuna, Sabtu (29/8/2020). (Istimewa)

Polisi telah membawa KM Starindo Jaya Maju VI ke Dermaga Marina Ancol, bersama dengan nakhoda dan puluhan ABK lainnya guna pemeriksaan lebih lanjut.

"Sekarang sedang kita lakukan pemeriksaan saksi, sudah ada enam saksi termasuk nakhoda dan beberapa ABK," jelas Yusri.

Lima jenazah ABK tersebut juga sudah dibawa ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati untuk divisum.

"Kita menunggu hasil dari autopsi dan pemeriksaan daripada para penyidik dari Reserse Polres Kepulauan Seribu," ujar dia.

Baca Juga: Putra Mantan Presiden RI Gugat Menkeu Sri Mulyani ke PTUN

Baca Juga: Masuk di Lingkaran Jokowi, Orang-orang Ini Kini Jadi Petinggi BUMN

Topic:

  • Anjas Pratama

Berita Terkini Lainnya