Comscore Tracker

Ini 3 Tips Penting Hindari Kesalahan Saat Pendaftaran CPNS

Perlu hati-hati saat input data pada pendaftaran CPNS

Jakarta, IDN Times - Portal tempat pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 telah dibuka pada Senin (11/11). Pendaftar CPNS dapat mengakses portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara, di https://sscasn.bkn.go.id.

Bagaimana caranya agar proses tidak melakukan kesalahan dalam proses pendaftaran? Sebab jika salah melakukan input data bisa terancam tidak lolos seleksi. Berikut tips dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) agar pelamar sukses mengikuti proses seleksi. 

Baca Juga: Ini Cara Menghindari Situs Down Atau Lemot saat Daftar CPNS

1. Cara menghindari kesalahan saat pendaftaran

Ini 3 Tips Penting Hindari Kesalahan Saat Pendaftaran CPNSDok. BKN

Untuk menghindari kesalahan, BKN meminta pendaftar terlebih dahulu membaca dan memahami segala ketentuan pendaftaran yang ada di Portal SSCASN, https://sscasn.bkn.go.id.

Pelamar juga dapat membuka kanal Frequently Asked Question (FAQ), yang menjelaskan jawaban persoalan umum pelamar seperti penulisan nama yang benar dan masalah NIK (Nomor Induk Kependudukan).

2. Cek formasi masing-masing instansi, karena di-update setiap satu jam sekali

Ini 3 Tips Penting Hindari Kesalahan Saat Pendaftaran CPNSPendaftaran CPNS (sscn.bkn.go.id)

Calon pelamar juga dipersilakan mengakses informasi mengenai formasi masing-masing instansi, yang akan di-update setiap satu jam sekali.

"Sementara untuk pendaftaran daring (online) baru dapat dilakukan mulai pukul 23.11 WIB," kata Pelaksana Tugas Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN, Paryono.

3. Ada waktu sanggah untuk pelamar yang tidak memenuhi syarat administrasi

Ini 3 Tips Penting Hindari Kesalahan Saat Pendaftaran CPNSDok. BKN

Pendaftaran online akan dibuka hingga 24 November 2019, lalu dilanjutkan dengan pengumuman seleksi administrasi pada 16 Desember. Setelah itu, ada masa sanggah hasil seleksi administrasi yang dibuka pada 16-19 Desember, dan dilanjutkan dengan pengumuman masa sanggah 26 Desember.

Masa sanggah merupakan waktu pengajuan sanggah yang diberikan pada pelamar, untuk melakukan sanggahan terkait pengumuman hasil seleksi administrasi.

Paryono menuturkan, "Dalam siaran pers BKN sebelumnya telah disampaikan bahwa pelamar yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) pada Seleksi Administrasi, akan diberikan waktu sanggah maksimal 3 (tiga) hari pasca-pengumuman dan
instansi diberikan waktu maksimal 7 (tujuh) hari untuk menjawab sanggahan tersebut," jelasnya. 

Baca Juga: Cara Daftar CPNS 2019 Online, dari Bikin Akun Hingga Dapat Kartu

Topic:

  • Mela Hapsari

Just For You